Memenuhi Asupan Serat Tiap Hari, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

23 Oktober 2023 18:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi asupan serat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi asupan serat. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Serat menjadi nutrisi penting yang perlu dipenuhi tiap hari. Bukan tanpa alasan, salah satu jenis karbohidrat ini bisa memberikan manfaat untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian yang dilansir US National Library of Medicine, asupan serat berhubungan dengan kesehatan metabolisme secara keseluruhan. Saat serat yang masuk cukup, ia dapat mendukung kesehatan kardiovaskular, mengatur nafsu makan, dan memperlancar fungsi usus.
Pada penelitian lain disebutkan pula bahwa serat bisa menurunkan berat badan jika dibarengi dengan pengontrolan makanan. Data yang dikumpulkan menunjukkan, kelompok yang menjalani diet dan mencukupi kebutuhan serat mengalami penurunan berat badan sebesar 1,4 kg dan lingkar pinggang menyusut 2,5 cm.
Kebutuhan serat laki-laki dan perempuan tentu berbeda. Dilansir Mayo Clinic, laki-laki setidaknya perlu mengonsumsi 30-38 gram serat per hari. Sementara perempuan minimal 21-25 gram serat per hari.
Ilustrasi mengonsumsi minuman serat. Foto: Shutterstock
Sebenarnya, serat bisa didapat dari kacang-kacangan, sayur, maupun buah. Namun sayang, rutinitas padat membuat banyak orang sulit memenuhi asupan serat harian.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dibuktikan dengan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menemukan bahwa 95 persen masyarakat Indonesia belum memenuhi asupan serat harian. Bila dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
Mulai dari menurunnya daya tahan tubuh, tidak terkontrolnya gula darah dan kolesterol jahat, dan meningkatnya berat badan. Selain itu, kekurangan asupan serat juga dapat menimbulkan masalah terhadap saluran cerna seperti sembelit serta memperparah risiko terkena penyakit kronis.

Life Buddy Fybermore, Bantu Penuhi Asupan Serat Setiap Hari

Melihat pentingnya serat untuk kesehatan tubuh, Life Buddy Fybermore hadir dengan kemasan praktis yang dapat membantu memenuhi asupan serat. Sebagai minuman serbuk tinggi serat, Life Buddy Fybermore mengandung multivitamin B complex dan C, probiotik, psyllium husk, dan enzyme blends (Lipase dan Protease).
Life Buddy Fybermore mengandung multivitamin B complex dan C, probiotik, psyllium husk, dan enzyme blends (Lipase dan Protease). Foto: dok. Life Buddy
Dilansir Very Well Health, enzim Lipase berfungsi untuk memecah lemak dalam tubuh. Sementara Protease bertanggung jawab untuk memecah protein dalam pankreas.
ADVERTISEMENT
Keduanya bekerja sama dalam memecah makanan menjadi molekul yang lebih kecil bernama asam amino. Di dalam tubuh, asam amino dapat membantu meningkatkan imunitas, menjaga suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung, serta mendorong produksi kolagen.
Tak hanya itu, ekstrak buah dan sayur alami tinggi serat seperti red beet, lemon, plum, green tea, ginger, dan peach juga terkandung dalam Life Buddy Fybermore.
Menariknya lagi, produk ini telah diformulasikan khusus di Australia dan aman dikonsumsi untuk penderita GERD maupun maag. Life Buddy Fybermore juga sudah mendapat sertifikasi BPOM, halal, 0% sugar, 100% vegan, gluten free, no cholesterol, ISO, HACCP, dan GMP Quality.
Dengan begitu, Life Buddy Fybermore bukan sekadar merawat kesehatan usus saja, melainkan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yuk, penuhi asupan serat agar kamu #MakinFitAntiMelilit!
ADVERTISEMENT