kumparan
15 Agustus 2019 11:35

Mencicipi Makanan Kemerdekaan di Restoran Prancis, Bistro Baron

Bistik sapi Indonesia, Bistro Baron Foto: Adisty Putri Utami/Kumparan
Enggak sedikit restoran western yang mencoba menyajikan menu-menu tradisional. Bistro Baron misalnya. Ya, meski mengusung tema klasik khas Eropa, namun di momen kemerdekaan ini Bistro Baron tampil beda.
ADVERTISEMENT
Bistro yang berlokasi di Plaza Indonesia ini menyuguhkan rangkaian makanan tradisional bertajuk ‘Independence day’. Kamu bisa menemukan berbagai hidangan lezat dan menggiurkan. Mulai dari soto bandung, bistik, hingga lontong cap go meh.
Kumparan pun diberi kesempatan untuk mencicipinya. Hidangan pertama adalah salad huzarensla (Rp 145 ribu ++). Sepiring salad khas Belanda yang memadukan beragam jenis buah dan sayuran; seperti apel, anggur, bit, dan buncis muda.
Menggunakan saus mustard yang asam dan sedikit gurih, membuat hidangan satu ini terasa ringan dan segar. Cocok disantap dalam keadaan dingin.
Salad huzarensla, Bistro Baron Foto: Adisty Putri Utami/Kumparan
Selanjutnya, ada bistik sapi Indonesia (Rp 300 ribu ++). Makanan ala barat ini dimodifikasi agar lebih terasa masakan Indonesia dengan saus manis khas Jawa.
ADVERTISEMENT
Tekstur daging bistik ini empuk, kenyal, dan mudah dikunyah. Untuk memperkaya rasa, Bistro Baron juga menambahkan beberapa bahan pendamping; seperti kentang goreng, jagung manis, serta buncis dan wortel yang sudah dimarinasi sederhana. Mantap!
Selain itu, ada juga oseng lidah cabai hijau (Rp 125 ribu ++). Menurut Head Chef Bistro Baron, Fahmi, proses pemasakan lidah sapi ini dilakukan dengan slow cook semalaman.
“Supaya lidahnya tender dan tidak keras. Ada juga rempah-rempah khas Indonesia yang digunakan agar lidah tidak bau,” ujar Chef Fahmi.
Oseng lidah cabe hijau, Bistro Baron Foto: Adisty Putri Utami/Kumparan
Tak hanya lidah cabe hijau dan nasi panas, kamu juga akan mendapatkan sepotong perkedel kentang gurih dan sambal sebagai pelengkap. Cukup untuk mengisi perut.
Tak ketinggalan, ada juga bakso prapatan (Rp 125 ribu ++). Bakso khas Bistro Baron ini disajikan dengan sejumlah condiment lezat; seperti pangsit goreng, tahu bakso, mi kuning, dan juga tempura udang. Rasanya gurih, sedap, dan juga menyegarkan. Jika kamu suka pedas, disediakan pula sambal cabai rawit untuk menambah rasa.
Bakso Prapatan, Bistro Baron Foto: Adisty Putri Utami/Kumparan
Seluruh makanan khusus Independence Day di Bistro Baron, disajikan dengan piring tanah liat. Menurut PR Bistro Baron, Loretta, penyajian seperti ini sengaja dibuat untuk menambah kesan tradisional.
ADVERTISEMENT
“Khusus untuk menu-menu independence day ini kami gunakan piring dan mangkuk tanah liat. Biar tradisionalnya dapat gitu,” ungkap Loretta.
Nah, untuk menu-menu ini, kamu bisa memesannya hanya saat makan malam mulai tanggal 10 Agustus hingga 7 September 2019. Jangan lupa lakukan reservasi terlebih dahulu, ya. Tertarik?
Bistro Baron & Bar
Plaza Indonesia, Level 1
Jl. MH. Thamrin, No. 28-30, Jakarta Pusat
Jam buka: 07.30 - 24.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan