kumparan
8 September 2019 9:13

Mencicipi Uniknya 6 Kuliner Bandung Serba Keju

Serabi solo. Foto: Instagram @pesonaSolo
Pergi ke Bandung belum lengkap rasanya bila tak mencicipi aneka hidangan khasnya. Bukan hanya karena kekayaan kulinernya yang tersohor, penjaja kuliner Bandung juga dikenal akan kreativitasnya menciptakan hidangan unik.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan, mereka tak ragu menyulap sajian tradisional menjadi lebih modern dan kekinian untuk menarik pelanggan. Misalnya, dengan menambahkan cita rasa unik melalui parutan keju sebagai topping-nya.
Uniknya lagi, keju tak hanya dikombinasikan dengan sajian manis. Tak jarang pula, kita akan menemukan aneka jenis makanan berat dengan taburan keju di atasnya.
Sedang berlibur di Bandung dan ingin mencari camilan unik?Bertepatan dengan festival kuliner keju yang tengah diadakan di Gasibu, Bandung, pada 7-8 September 2019, kamu bisa menemukan ratusan camilan bandung berpadu keju nan lembut.
Mulai dari cilok, lumpia basah, hingga mi kocok bandung. Ini dia uniknya enam kuliner Bandung yang bertabur keju:
1. Serabi
Festival kuliner KRAFT. Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Serabi khas Bandung biasanya disajikan dengan saus gula dan santan sebagai penambah rasa. Tapi belakangan ini, serabi dengan topping yang lebih modern seperti keju makin mudah ditemukan.
ADVERTISEMENT
Serabi Cisangkuy menyajikan varian serabi dengan parutan keju menggunung, lalu ditambahkan kental manis agar lebih legit.
Benar saja, serabi yang dibanderol Rp 10 ribu per buah ini punya perpaduan rasa yang legit dan gurih kuat. Apalagi proses pembakarannya juga masih tradisional, sehingga aroma wanginya membuat serabi terasa lebih lezat.
2. Lumpia basah
Ilustrasi lumpia basah keju Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Lumpia basah merupakan camilan berat yang sangat populer di Bandung hingga Bogor, Jawa Barat. Biasanya terbuat dari tumisan bengkuang, telur, tahu, taoge, dan suwiran ayam yang dibungkus kulit lumpia.
Tapi Lumpiah Saku mencoba membuat inovasi lumpia basah unik yang dikombinasikan dengan parutan keju. Menariknya, parutan keju tidak merusak rasa lumpia basah, justru membuat teksturnya lebih lembut dan terasa gurih. Harganya pun terjangkau, yakni mulai Rp 13 ribuan saja untuk seporsi lumpia basah keju yang mengenyangkan.
ADVERTISEMENT
3. Cilok goreng
Ilustrasi cilok goreng keju Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Cilok Goreng Setiabudi mencoba berinovasi dengan menambahkan taburan keju. Cilok yang umumnya disajikan dengan saus kacang atau saus sambal, ternyata terasa lebih kaya rasa saat dikombinasikan dengan keju.
Rasa asin yang tipis tidak terlalu merusak cita rasa asli cilok. Apalagi cilok goreng ini, sebelumnya telah disiram dengan saus kacang yang rasanya lebih kuat. Bila tertarik, kamu bisa mencicipi sajian cilok unik ini dengan merogoh kocek Rp 12 ribu saja untuk empat tusuk cilok goreng.
4. Mi kocok bandung
Festival kuliner KRAFT. Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Kata siapa keju hanya cocok dikombinasikan dengan camilan ringan? Mi kocok khas Bandung pun terasa lebih unik saat dikombinasikan dengan parutan keju di atasnya.
Seporsi mi kocok gurih dengan taburan keju seharga Rp 30 ribu ini bisa didapatkan di Mih Kocok Mang Dadeng. Rasa dasar keju yang gurih ternyata cukup menyatu dengan cita rasa kuah mi yang segar, lho. Semakin nikmat karena sajian tradisional Kota Kembang ini ditambah dengan potongan kikil kaki sapi yang lembut.
ADVERTISEMENT
5. Soto geprek
Ilustrasi soto geprek keju Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Selain mi kocok, ada juga soto geprek berlumur saus keju yang tak kalah unik. Sesuai namanya, inovasi menu dari Soto Sedari ini terdiri dari nasi ayam geprek dan soto kuah susu.
Lelehan saus keju di atas ayam geprek menghasilkan cita rasa creamy dan asin yang unik. Sajian ini semakin nikmat karena adanya kuah soto dari susu segar bercita rasa gurih. Di balik tampilannya yang mengenyangkan, soto geprek ini dibanderol tak lebih dari Rp 20 ribu, kok.
6. Sate susu
Ilustrasi sate jando keju Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Sate susu bertabur keju bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang bosan dengan yang itu-itu saja. Tampilan sate legendaris dari Sate Jando ini sekilas mirip dengan sate ayam, lengkap dengan potongan ketupat dan saus kacangnya.
ADVERTISEMENT
Tapi bahan utama sate ini ternyata berasal dari lemak susu sapi yang dibekukan lalu dibakar hingga matang. Saat disantap, tekstur lembut dan lumer langsung terasa di mulut, dan semakin kuat karena adanya taburan keju di atasnya. Cocok untuk disantap di sore hari, sate susu dibanderol seharga Rp 20 ribuan per porsinya.
Di antara makanan serba keju tersebut, mana yang bikin kamu penasaran?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan