Food & Travel
·
9 Maret 2019 11:26

Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37763)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Gaya hidup sehat --termasuk pola makan sehat-- kini kian populer. Banyak orang yang tak cuma mencari soal rasa, tapi juga kualitas dari makanan yang disantap, tak terkecuali bahan yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Restoran-restoran yang menawarkan pilihan makanan sehat dan terbuat dari aneka bahan berkualitas pun mulai menjamur. Mereka menawarkan makanan organik, hingga menu vegan yang penuh nutrisi.
Nah, di kawasan Benda, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, ada sebuah tempat yang bisa kamu sambangi tuk menyantap menu makanan sehat sembari menyesap kopi. Bernama Selatan, kafe yang baru buka di bulan Juli 2018 ini bisa dibilang adalah salah satu hidden gem.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37764)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Meski letaknya berada di pinggir jalan, namun ukuran halamannya yang cukup kecil membuat kita harus lebih jeli mencari lokasinya. Dengan halaman yang terlihat teduh, kita akan langsung disambut oleh pintu hijau besar dan pepohonan rindang.
Bahkan, di pojok halaman kafenya, terdapat pot-pot tanaman yang merupakan kebun mini. Siapa sangka, di tengah hiruk pikuk Jakarta Selatan, rupanya masih ada sebuah tempat dengan atmosfir menenangkan.
ADVERTISEMENT
Sebagian besar dekorasinya terbuat dari barang bekas
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37765)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Suasana teduh dan rindang ternyata tak hanya ditemukan di halaman depan kafenya saja, tapi juga di interior ruangannya. Pot-pot tanaman menggantung di setiap sudutnya.
Kesan vintage terasa kental dengan kursi-kursi besi berwarna putih nan klasik, ditambah dengan dekorasi dinding bata di beberapa sisi ruangan. Menariknya, sebagian besar dekorasi yang digunakan terbuat dari bahan bekas atau recycle.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37766)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Salah satu sofanya, misalnya, terbuat dari celana jeans bekas yang disatukan sebagai pengganti kulit. Stoples-stoples besi juga dikreasikan menjadi dekorasi yang unik dan apik, menghiasi dinding wastafel dan dijadikan sebagai lampu duduk.
Menu makanan sehat dan organik
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37767)
(Kiri-kanan) Lemon Madu Jahe, Cream Soda Kembang Telang Foto: Safira Maharani/ kumparan
Menurut keterangan dari salah satu pelayannya, makanan yang disajikan bukanlah full vegan, karena sang pemilik ingin menghadirkan sebuah kafe yang bisa dikunjungi oleh semua orang, vegan maupun non-vegan.
ADVERTISEMENT
Karenanya, pilihan menu pun terdiri dari menu vegan dan masakan Nusantara. Di sini, kamu bisa menikmati mulai dari aneka sup, rawon sapi atau rawon jamur, nasi rames, ketoprak, sandwich, dan aneka camilan seperti cilok, ubi goreng, keripik ubi, hingga molten cake.
Begitu pula minumannya, selain aneka macam kopi, kamu juga bisa memesan racikan minuman rempah seperti kunir susu, pandan susu, jahe sereh pandan, serta aneka jus segar.
Semua bahan-bahan yang digunakan dibeli dari petani lokal, dan beberapa di antaranya hasil panen dari kebun mereka yang ada di halaman depan.
Pilihan kami pun jatuh pada vegan soul soup (Rp 39 ribu) yang berisi ubi, wortel, dan daun pucuk labu dengan kuah spesial. Daging ubinya terasa empuk dan sedikit manis, begitu pun dengan wortelnya. Kuahnya terasa gurih, dan agaknya menggunakan campuran saus kacang di dalamnya. Hangat dan ringan, sangat pas untuk menu pembuka.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37768)
Menu di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Selanjutnya, kami juga mencoba menu cilok rasa mencolok (Rp 44 ribu) sebagai kudapan. Bulatan cilok yang digoreng ditusuk menggunakan sate, lalu disajikan bersama saus salsa pedas dan pangsit goreng.
ADVERTISEMENT
Tekstur ciloknya kenyal, dengan cita rasa yang cenderung hambar. Namun, saat dicocol ke saus, lidah kita akan langsung mencecap rasa pedas, gurih, segar, dan sedikit manis. Sedap!
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37769)
Menu di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Untuk meredam rasa pedas dari cilok, kami pun mencoba dessert chocolate molten cake (Rp 45 ribu). Disajikan di dalam mug, kulit luarnya terlihat renyah.
Begitu disendok, lelehan cokelat nan menggiurkan langsung memenuhi sendok. Bagian dalamnya pun terasa lembut, dengan rasa cokelat yang begitu pekat.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37770)
Menu di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Nah, untuk minumannya, kami memesan jahe lemon madu (Rp 36 ribu) dan cream soda kembang telang (Rp 35 ribu).
Menu cream soda yang kami pesan merupakan racikan yang cukup unik; terbuat dari campuran teh kembang telang, limun soda, dan whipped cream. Tampilannya sangat cantik, dengan gradasi warna ungu di bagian atasnya.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37771)
Menu di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Rasa asam dan segar dari limun sodanya mendominasi, dengan sentuhan rasa manis dari tambahan whipped cream. Cocok untuk melepas dahaga di siang yang terik.
ADVERTISEMENT
Kafe sekaligus community space
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37772)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Ternyata, Selatan tak hanya berfungsi sebagai kafe saja, melainkan juga ruang bagi para komunitas. Berbagai kegiatan seperti screening film, diskusi, pameran seni, hingga kelas dansa dan akting kerap dilakukan di sini.
Selain mengusung konsep eco-friendly dan sustainability, mereka juga menerapkan zero waste dan bekerja sama dengan organisasi Waste4Change. Tak cuma itu, bahan-bahan maupun peralatan yang digunakan pun sebisa mungkin bio-degradable.
Menikmati Makanan Sehat dan Organik di Tengah Teduhnya Kafe Selatan (37773)
Suasana di Selatan Cafe Foto: Safira Maharani/ kumparan
Misalnya, penggunaan sedotan yang terbuat dari bambu dan 70 persen interiornya menggunakan bahan daur ulang.
Tak ada salahnya menyegarkan kembali pikiran yang penat sambil duduk sejenak menikmati ketenangan di kafe Selatan sembari ditemani aneka makanan yang membuat tubuh bahagia.
Selatan Jl. Benda No. 89, Cilandak Timur, Jakarta Selatan Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 24.00 WIB
ADVERTISEMENT