Food & Travel
·
8 Desember 2020 9:27

Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51162)
Tampak depan Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Setelah sukses mengembangkan coffee roastery di Menteng, Giyanti Coffee berinovasi dan menghadirkan tempat ngopi dengan konsep baru lewat Mikkro Espresso. Kedai kopi yang terletak dekat dengan Senayan City ini menyajikan berbagai pilihan kopi dengan kumpulan kue dan roti, hingga menu makanan ala Nusantara.
ADVERTISEMENT
Terletak di Jalan Hang Tuah Raya, Jakarta Selatan, Mikkro Espresso menempati suatu bangunan dua lantai yang didominasi warna putih dan oranye. Papan nama bertuliskan ‘MIKKRO’ terpampang jelas di atas pintu bangunan itu, memudahkan pengunjung yang baru pertama kali datang.
Saat memasuki kedai kopi ini, kamu akan langsung disuguhkan dengan suasana yang homey, serta aroma kopi nan semerbak. Lemari kaca, di samping kasir, yang berisi jajaran croissant hingga canelé juga langsung menarik perhatian pengunjung saat pertama kali menginjakan kaki di tempat ini. Belum lagi, pengunjung juga disambut bar kopi yang tampak eye catching dengan warna-warna natural dan cerah.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51163)
Suasana bar kopi, Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tentunya, visual-visual ini membuat pengunjung jadi semakin tidak sabar mencicipi makanan dan minuman di kedai kopi yang buka sejak Agustus lalu itu. Begitu pula dengan kumparan yang langsung tertarik dengan suasana kedai ini sekaligus penasaran pengin mencoba menu andalan mereka.
ADVERTISEMENT

Tempat ngopi bergaya modern namun menyuguhkan hidangan khas Nusantara

Meski tampak kekinian, tempat ngopi ini menyajikan menu makanan yang beragam; dari asinan mikkro (asinan betawi), crispy wings bacem, potato chips, hingga makanan utama seperti oxtail fried rice, ayam bumbu roejak, spaghetti oxtail with sambal hijau, serta minuman kopi, non-kopi, dan beragam pastry. Terinspirasi makanan tradisional khas Indonesia, Mikkro menghidangkan menu tersebut dalam bentuk yang lebih modern.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51164)
Ayam bumbu roejak, Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Misalnya, kami mencicipi menu ayam bumbu roejak with rice —salah satu menu bestseller yang dibanderol Rp 78 ribu. Sepiring ayam goreng tepung tanpa tulang dengan siraman bumbu bumbu roejak khas Mikkro, lengkap dengan nasi putih langsung mendarat hangat di meja kami. Porsinya cukup besar, bahkan bisa menjadi menu sharing.
ADVERTISEMENT
Sajian ayam goreng kriuk ini juga dilengkapi potongan jamur, terung, dan sayuran bok choy, yang dimasak dengan bumbu roejak bercita rasa mirip kari —dengan rasa yang sedikit lebih manis dari saus kari pada umumnya.
Tampilan semakin menggugah selera lantaran kamu juga dapat menemukan rempah-rempah yang terlihat jelas menandakan bumbu dalam masakan tersebut tak pelit; seperti potongan serai, daun jeruk, daun kari, dan irisan cabai merah.

Ngopi sambil ngemil croissant renyah, enak juga!

Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51165)
Es pasar antik, Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selain sepiring nasi dan ayam, kami juga memesan beberapa minuman dan pastry yang cocok dinikmati di tempat nongkrong ini. Bagi pencinta kopi susu, kedai kopi ini menyajikan menu kopi susu khas, yaitu es pasar antik (Rp 45 ribu). Dengan 3 level kopi yang bisa dipilih; light, medium, dan strong, es pasar antik dapat menjadi menu es kopi yang aman dengan selera kita.
ADVERTISEMENT
Kami memesan es pasar antik medium. Sesuai level kopinya, rasa pahit, manis, dan creamy susu terasa seimbang. Tak mendominasi satu sama lain. Pas dengan selera saya. Tercecap pula rasa cokelat dan earthy dari kopinya. Kedai kopi ini juga menggunakan biji kopi 100 persen arabika dan berasal dari Indonesia.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51166)
Could mountain ala Mikkro Espresso Jakarta Foto: Natashia Loi/Kumparan
Salah satu menu dari Giyanti yang juga hadir di Mikkro adalah could mountain yang dibanderol dengan harga Rp 52 ribu. Segelas espresso menjadi tak biasa karena ada canelé dan es krim vanila, selalu menjadi juara.
Kue canelé khas Prancis dengan rasa manis dan pahit karamel bak gosong, bercampur es krim vanila nan creamy, dapat membuat kopi dengan sedikit hint masam dan pahit jadi terasa lebih manis.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51167)
Es bandung ala Mikkro Espresso Jakarta Foto: Natashia Loi/Kumparan
Eits, bukan cuma itu, kalau kamu tidak suka minum kopi, ada lho menu minuman non-kopi yang tak kalah unik. Salah satunya es bandung (Rp 45 ribu). Rasa manis khas sirup cocopandan dan susu, membuat kamu merasakan sensasi makan es doger di kafe. Minuman segar ini bisa jadi teman kamu saat mencicipi pastry manis dan asin.
ADVERTISEMENT
Kami juga sempat mencicipi pastry andalan mereka, keju Ferrero croissant. Dibanderol dengan harga Rp 41 ribu, kue asal Prancis ini diisi dengan selai cokelat Ferrero dan taburan keju parut yang pas. Dengan tekstur luar yang kering dan renyah, serta lapisan dalam nan lembut, croissant satu ini telah menjadi penutup yang manis dan sempurna.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51168)
Ferrero croissant ala Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Buka saat pandemi, tempat ngopi baru di Jakarta Selatan ini tergolong ramai bila kamu mengunjunginya saat weekend. Jadi, bila pengin agak sepi kamu bisa datang saat weekdays. Apalagi bila pengin sambil bekerja, kami sarankan datang di hari biasa agar tak terlalu bising.
Mikkro Espresso juga menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah; dari cek suhu, penjagaan jarak di setiap meja, hingga menyediakan hand sanitizer.
Mikkro Espresso, Tempat Ngopi Kekinian yang Nyaman buat Bekerja Sambil Ngemil! (51169)
Suasana lantai 1, Mikkro Espresso Jakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Jika kamu tertarik mencoba makanan dan minumannya, maka dapat datang langsung ke kedai kopi atau memesan lewat aplikasi ojek online dan marketplace.
ADVERTISEMENT
Mikkro Espresso buka setiap hari; Senin sampai Jumat pukul 8.00-20.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 7.30-20.30 WIB. Selamat mencoba dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan, ya!
Reporter: Natashia Loi