Food & Travel
·
17 Agustus 2020 18:31

MilkLife Sajikan Susu Segar Bebas Laktosa, Apa Bedanya dengan Susu Sapi Biasa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MilkLife Sajikan Susu Segar Bebas Laktosa, Apa Bedanya dengan Susu Sapi Biasa? (147240)
searchPerbesar
Ilustrasi susu bebas laktosa. Foto: Shutterstock
Laktosa adalah sejenis gula alami yang terkandung dalam susu sapi. Meski memiliki manfaat, sayangnya tidak semua tubuh manusia mampu mencerna jenis enzim satu ini. Ketidakmampuan tubuh dalam mencerna nutrisi tersebut biasa kita kenal dengan istilah intoleransi laktosa.
ADVERTISEMENT
Menurut studi yang diterbitkan Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2015, mengungkapkan intoleransi laktosa biasa terjadi pada anak-anak di Asia yang menginjak usia 3-15 tahun. Penyebabnya adalah kebiasaan minum susu yang mulai berkurang saat seorang anak memasuki usia 2-3 tahun. Biasanya ditandai dengan timbulnya gejala seperti mual, muntah, perut kembung, sering buang angin, hingga diare. Selain itu, faktor genetik juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami intoleransi laktosa.
Mirisnya, menurut data Euro Monitor International and New Nutrition Business, 14 Trends in Dairy Nutrition 2018, 80 persen populasi penduduk di Asia Tenggara, termasuk masyarakat Indonesia, mengalami gangguan kesehatan tersebut.
Meskipun begitu, kamu sebenarnya tak perlu khawatir, lantaran saat ini sudah ada produk susu bebas laktosa yang beredar di pasaran. Jenis susu ini bisa menjadi pilihan minuman sehat bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti intoleransi laktosa, maupun keluarga sehat pada umumnya.
ADVERTISEMENT

Lantas, apa sih perbedaan susu bebas laktosa dengan susu sapi biasa?

MilkLife Sajikan Susu Segar Bebas Laktosa, Apa Bedanya dengan Susu Sapi Biasa? (147241)
searchPerbesar
Ilustrasi intoleransi laktosa setelah minum susu. Foto: Shutterstock
Dilansir Healthline, susu bebas laktosa mengalami proses pengolahan enzimatis atau menambahkan enzim laktase ke dalam susu sapi biasa. Enzim laktase ini diproduksi tubuh untuk memecah laktosa yang ada pada susu menjadi dua gula sederhana; yaitu glukosa dan galaktosa.
Meskipun susu bebas laktosa mengalami proses pengolahan enzimatis, namun jenis susu ini memiliki profil nutrisi, tekstur, dan rasa yang sama nikmatnya dengan susu biasa, lho. Untuk nutrisinya, susu sapi segar bebas laktosa juga mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Susu bebas laktosa ini bisa kamu nikmati dalam sekotak susu sapi segar MilkLife. Menggunakan teknologi khusus dalam mengurai laktosa pada susu sapi segar yang diproduksinya; kemudian diubah menjadi glukosa dan galaktosa sehingga aman dicerna terutama oleh mereka yang intoleransi laktosa.
MilkLife Sajikan Susu Segar Bebas Laktosa, Apa Bedanya dengan Susu Sapi Biasa? (147242)
searchPerbesar
MilkLife varian susu bebas laktosa Foto: Dok.MilkLife
Brand di bawah naungan PT Global Dairi Alami (GDA) ini menjadi perusahaan pionir di Indonesia yang memiliki varian susu bebas laktosa.
ADVERTISEMENT
Hadir dalam kemasan ukuran 200 ml untuk diminum sehari-hari, dan 1.000 ml sebagai kemasan minuman keluarga, MilkLife menjamin rasa susunya tetap nikmat dan segar dengan nutrisi yang juga tetap komplit.
Dengan begitu, masyarakat Indonesia yang mengalami intoleransi laktosa kini tak perlu khawatir atau bingung lagi bila ingin mengonsumsi susu sapi segar yang aman.
Kamu bisa mencampurkan susu bebas laktosa ini dalam bahan masakan maupun sebagai campuran untuk sajian secangkir kopi favoritmu. Bila penasaran, varian produk MilkLife tersebut kini sudah dapat dibeli di Blibli.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan MilkLife.