Food & Travel
·
3 Februari 2021 13:04

Musim Alpukat! Yuk, Cari Tahu Cara Tepat Memilih Buah yang Sudah Matang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Musim Alpukat! Yuk, Cari Tahu Cara Tepat Memilih Buah yang Sudah Matang (447699)
searchPerbesar
com-Alpukat Foto: Shutterstock
Alpukat tidak hanya cocok menjadi campuran dalam resep makanan, tetapi memakan buah hijau ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat kesehatannya yang melimpah membuat buah gurih asal Meksiko ini sangat ideal untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Namun, alpukat bukanlah buah yang paling murah, apalagi bila sedang tak musim. Maka dari itu, penting rasanya untuk mengetahui puncak kematangan sebelum membeli buah —agar tidak cepat busuk dan rasanya pas. Jangan sampai alpukat menjadi busuk atau belum matang saat ingin dikonsumsi.
Mengutip Eat This, Claudia Sidoti, kepala koki di HelloFresh, akan memberi beberapa tips dan trik untuk menentukan alpukat mana yang matang dan siap untuk disantap —baik saat sedang berbelanja ataupun sebagai stok buah di dapur! Menurut Sidoti, ada dua metode menentukan alpukat matang atau belum saat berbelanja ke supermarket.
Musim Alpukat! Yuk, Cari Tahu Cara Tepat Memilih Buah yang Sudah Matang (447700)
searchPerbesar
ilustrasi alpukat Foto: Shutterstock
“Periksa kulit luarnya dan jika ada yang lebih gelap dari yang lain, kemungkinannya lebih matang daripada kulit yang lebih terang," katanya. "Atau letakkan alpukat di telapak tangan kamu, tekan tanpa gunakan ujung jari, dan jika agak empuk tetapi tidak lembek, berarti siap untuk dimakan."
ADVERTISEMENT
Jika kamu sudah menemukan alpukat di rumah dan ingin memeriksa tingkat kematangannya, maka Sidoti menyarankan kamu untuk menyentuh dan bila terasa masih keras, itu artinya belum matang —jadi tunggu empat atau lima hari lagi.
Kamu juga bisa menentukan kematangan alpukat dengan melihat warnanya. "Jika sudah matang dan siap untuk dimakan, alpukat akan menghasilkan tekanan yang kuat tapi lembut dan memiliki warna kulit yang lebih gelap," kata Sidoti, sambil menambahkan bahwa menilai dari sentuhan secara keseluruhan adalah metode yang lebih baik daripada melihat warna.
Beberapa orang bisa cenderung tidak sabar dan langsung memotong alpukat di rumah —untuk melihat kematangannya. Namun, ketika biji alpukat sulit dikeluarkan dan dagingnya masih keras, kemungkinan besar buah tersebut masih mentah. Kamu perlu menyimpan satu atau dua hari lagi untuk menunggunya matang.
Musim Alpukat! Yuk, Cari Tahu Cara Tepat Memilih Buah yang Sudah Matang (447701)
searchPerbesar
puree alpukat Foto: Shutter Stock
“Alpukat yang sudah dipotong secara alami akan mulai teroksidasi (menjadi cokelat) bila dibiarkan tanpa pengawasan," katanya. "Tambahkan bantuan asam seperti jus lemon atau jus jeruk nipis, serta batasi paparan udara. Tutup rapat dengan bungkus plastik atau tempatkan di wadah kedap udara."
ADVERTISEMENT
Sedangkan, untuk menunggu alpukat utuh matang, kamu bisa meletakkannya di meja dapur. Sidoti juga merekomendasikan untuk menyimpan buah alpukat matang di lemari es saat kamu berencana memakannya dalam satu atau dua hari ke depan —agar tidak terlalu matang.
Setelah berhasil menentukan kematangan buah ini, kamu bisa menikmatinya utuh atau sebagai campuran dalam hidangan lain; seperti telur, keripik tortilla, daging, roti, dan banyak lagi. Jadi, bersabar dan ingatlah seberapa nikmat alpukat saat matang sebelum buru-buru memotongnya!
Reporter: Natashia Loi