Food & Travel
·
3 Agustus 2021 12:31
·
waktu baca 2 menit

Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan (899083)
searchPerbesar
Nadin Amizah (cakecaine) saat berkunjung di kantor kumparan. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Pola makan intuitif adalah salah satu cara memperbaiki hubungan antara tubuh dengan makanan. Kebiasaan makan dengan mengikuti intuisi membuat tubuh lebih rileks serta menerima setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Belakangan ini, pengalaman makan intuitif ternyata sedang diterapkan oleh Nadin Amizah. Melalui instastory pribadinya, penyanyi asal Indonesia itu bercerita bahwa makan sesuai intuisi kita, membuat tubuh lebih menghargai asupan yang diterima. Nadin pun mengatakan kalau makan intuitif tidak selalu berhubungan dengan menurunkan berat badan.
Be mindful of what you eat. Kita harus menghargai makanan. Dan, pola makan intuitif tidak menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Pola makan ini memperbaiki hubungan antara tubuh kita terhadap makanan yang dikonsumsi,” tulis Nadin.
Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan (899084)
searchPerbesar
Instastory Nadin Amizah yang menceritakan Intuitive Eating Foto: Dok. Istimewa
Tak hanya itu, orang yang mengidap penyakit kronis juga dapat melakukan pola makan intuitif. Walau ada beberapa makanan yang menjadi pantangan tapi bukan berarti mereka tak bisa sama sekali menikmati makanan. Mengutip Healthline, pada dasarnya pola makan ini tidak memaksa orang untuk menghindari atau mewajibkan makanan tertentu.
ADVERTISEMENT
Makan sesuai intuisi lebih memberi kelonggaran bagi orang dengan penyakit kronis yang bisa menentukan makanan sesuai keyakinan hatinya.
Menurut, ahli nutrisi, Wendy Lopez, MS, RDN, CDCES, sebenarnya tidak ada diet khusus bagi pengidap penyakit berbahaya. Sebaiknya, pengidap lebih difokuskan pada jenis nutrisi dalam setiap asupannya. Sehingga mereka bisa bebas memilih ragam konsumsi yang sesuai terhadap kemampuan tubuh.
Selain itu, mengadaptasi pola makan sesuai intuisi juga membawa manfaat, lho. Berikut, kumparanFOOD telah merangkum tiga manfaat dari pola makan menarik satu ini, yuk simak bersama.

1. Mendapat asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh

Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan (899085)
searchPerbesar
com-Sun Life, ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat Foto: Shutterstock
Terkadang, bila kita terlalu pantang akan beberapa makanan justru tubuh kesulitan mendapat nutrisi yang seimbang. Oleh karenanya, pola makan intuitif ini membuat tubuh lebih bisa beradaptasi akan nutrisi yang dibutuhkan. Kita pun jadi bisa memilih serta menyesuaikan terhadap nutrisi yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
Usahakan untuk selalu makan sebanyak tiga kali sehari. Sertakan pula aneka karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh supaya fungsi imun tubuh bisa bekerja maksimal. Rutin mendapat semua asupan tersebut bukan hanya menambah nutrisi tapi juga bikin perut kenyang dalam waktu yang lama.

2. Bisa menemukan makanan baru sesuai selera

Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan (899086)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu makan di restoran. Foto: Shutter Stock
Mengutip Food Network, jika kamu telah didiagnosa terkena penyakit kronis bukan berarti kamu jadi tidak dapat makan enak. Kamu tetap bisa berkreasi sesuai dengan seleramu asal memperhatikan bahan dasar makanan dan kadar nutrisinya, ya.
Misal, kalau ingin makan daging merah sebisa mungkin pilih daging rendah lemak. Lalu, dimasak dengan cara dipanggang atau dijadikan sup. Perhatikan pula kadar garam serta gula tambahan. Kreasi ini bisa kamu atur sendiri sesehat dan selezat mungkin.
ADVERTISEMENT

3. Rasa ingin tahu lebih terhadap makanan

Nadin Amizah Jalani Pola Makan Intuitive Eating, Ini 3 Manfaatnya bagi Kesehatan (899087)
searchPerbesar
Ilustrasi memasak makanan Foto: Shutter Stock
Keuntungan lainnya bila kamu menerapkan pola makan intuitif, yakni lebih kreatif dan punya rasa ingin tahu tinggi. Dalam arti lain, kamu dapat bereksperimen mengolah berbagai bahan makanan. Pastinya tetap sehat dan bisa mengatasi penyakit kronis tersebut.
Terkena penyakit diabetes, jantung, maupun kolesterol, bukan menjadi penghalang untuk kamu bisa makan sepuasnya. Walau ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi, tetapi kamu dapat mencari tahu lebih lanjut perihal bahan makanan sehat lain yang bisa memuaskan hasrat bersantapmu.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Apa yang dimaksud intuitive eating?
chevron-down