Food & Travel
·
31 Juli 2021 15:14
·
waktu baca 3 menit

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165753)
searchPerbesar
Seseorang yang sedang terkena flu. Foto: Shutter Stock
Sejumlah makanan dan minuman mengandung senyawa yang bisa menjadi obat alami. Begitu juga ketika kamu sedang mengalami flu dengan gejala hidung tersumbat. Beberapa bahan alami tersebut bisa membantu pernapasan menjadi lebih lega.
ADVERTISEMENT
Hidung tersumbat umumnya terjadi karena lendir menumpuk seringkali diklaim jadi faktor utama yang menghalangi pernapasan. Bukan saja bikin sulit bernapas, tapi kepala pun ikut sakit. Kalau sudah begini, kita sulit untuk konsentrasi sebab fungsi pernapasan yang tak berjalan normal.
Nah, bila kamu sedang mengalami hal seperti ini jangan khawatir, ya. Kamu bisa meredakan dengan makanan dan minuman alami. Kira-kira apa saja pilihan asupan yang bisa membantu melegakan hidung mampet? Yuk, simak bersama!

1. Sup ayam

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165754)
searchPerbesar
Ilustrasi sup ayam jamur Foto: Shutterstock
Semangkuk sup ayam, dikenal ampuh meredakan berbagai penyakit. Pasti banyak dari kita ketika sedang pilek atau demam, sering dianjurkan untuk konsumsi makanan berkuah hangat satu ini. Ya, karena sup ayam kaya akan nutrisi serta manfaat untuk mereka yang sedang flu.
ADVERTISEMENT
Kuah hangatnya mampu mengurangi lendir menumpuk di hidung. Terlebih, potongan ayam yang direbus banyak mengandung asam amino sistein. Adanya kandungan tersebut membantu melancarkan pernapasan di hidung dan meredakan hidung tersumbat.

2. Bawang putih

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165755)
searchPerbesar
Ilustrasi orang makan bawang putih. Foto: Shutterstock
Tidak sekadar diolah menjadi bumbu masakan saja. Nyatanya, mengonsumsi beberapa siung bawang putih, efektif untuk mengobati hidung tersumbat. Bumbu dapur tersebut mempunyai sifat antibakterial serta antijamur. Adapula bahan aktif allyl thiosulfonate, yang mendorong fungsi bawang putih sebagai obat pereda gangguan hidung mampet.
Sayangnya, masih banyak orang enggan konsumsi bahan dapur satu ini. Sebaiknya, bila kurang suka bawang putih utuh, boleh dicampur saja dengan saus salad atau sayuran. Jika ingin lebih praktis lagi, maka cukup campurkan bawang dengan air hangat lalu hirup aroma serta uapnya.
ADVERTISEMENT

3. Makanan pedas

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165756)
searchPerbesar
Makanan pedas Foto: Oppa Kuliner
Sering kita sadari, makanan pedas bikin keringat mengalir dan hidung jadi lebih berair. Rupanya, inilah efek atau manfaat dari konsumsi makanan kaya akan capsaicin. Kandungan tersebut membantu hidung lebih rileks dan kurangi penumpukan lendir.
Selain itu, dalam jurnal Annals of Energy, Asthma, and Immunology 2011 menyatakan bahwa capsaicin dalam makanan pedas ampuh kurangi rasa nyeri di hidung akibat penyakit sinusitis.

4. Teh mint

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165757)
searchPerbesar
Teh mint Foto: Shutterstock
Seduhan daun mint atau teh mint direkomendasikan oleh Pelayanan Kesehatan Universitas Michigan untuk menyembuhkan masalah hidung tersumbat. Ini karena kandungan mentholnya mampu merangsang saraf serta membuka saluran napas kita. Jadi, membuat hidung merasa telah menghirup banyak udara.
Menurut jurnal Springer Berlin Heidelberg Jerman tahun 2016, menthol mint memberi efek relaksasi pada otot yang tegang. Ini membuat rasa nyeri pun dapat terobati. Cara konsumsinya juga mudah, hanya seduh beberapa lembar daun mint dengan air panas kemudian minum selagi masih panas.
ADVERTISEMENT

5. Teh serai

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165758)
searchPerbesar
Ilustrasi serai Foto: Shutter Stock
Teh serai kini juga sudah banyak dijadikan sebagai obat herbal. Rempah satu ini memiliki chlorogenic, isoorientin, dan swertiajaponin. Semua kandungan tersebut bersifat antiradang, sehingga mampu mengobati sejumlah penyakit. Aroma teh serai pun begitu khas, tapi aroma dan uapnya bikin hidung lebih ringan saat bernapas.

6. Perpaduan jahe dan jeruk

Hidung Tersumbat? Coba Redakan dengan 6 Makanan dan Minuman Alami Ini (165759)
searchPerbesar
Ilustrasi jahe dan lemon Foto: Dok.Shutterstock
Kombinasi rempah serta buah citrus seperti jeruk memang baik sebagai obat herbal. Pasalnya jahe efektif mengobati flu dan pilek. Dalam jurnal Biological Properties of 6-gingerol tahun 2014, menyebutkan kalau jahe mempunyai senyawa bioaktif dan bersifat antiradang.
Sementara, buah jeruk kaya akan vitamin C. Konsumsi ekstrak buah jeruk bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam satu hari. Perpaduan keduanya mendukung fungsi imun tubuh, dan juga meredakan hidung tersumbat akibat lendir yang menumpuk.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020