Food & Travel
·
22 Oktober 2020 12:32

Paduan Herbal Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Paduan Herbal Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh  (7147)
Ilustrasi minuman herbal dari meniran Foto: dok.shutterstock
Ekstrak herbal alami seperti meniran, daun kelor, dan kunyit rupanya mampu membantu menjaga sistem imun tubuh. Wajar saja kalau masyarakat Indonesia begitu percaya akan khasiat ketiga jenis herbal tersebut.
ADVERTISEMENT
Terlebih di tengah pandemi COVID-19, menjaga sistem imun tubuh menjadi pekerjaan rumah utama setiap manusia. “Imunitas adalah sistem pertahanan tubuh yang didesain untuk mendeteksi, melawan dan membunuh benda asing seperti virus dan bakteri. Memiliki imunitas yang baik tidak hanya berarti melindungi diri sendiri, namun juga melindungi orang-orang terdekat,” terang Emilia Achmadi MS., RDN., Nutritionist and Disease Prevention saat mengisi konferensi pers virtual Herbana Rabu (21/10).
Dalam konferensi pers tersebut, Emilia turut membahas tentang pentingnya ketahanan tubuh dan manfaat ketiga bahan alami tersebut. Menurutnya, sistem imun tubuh dapat ditingkatkan dengan menjalankan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi dan seimbang, olahraga rutin, istirahat cukup, serta dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen harian.
Paduan Herbal Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh  (7148)
Teh kunyit Foto: Shutter Stock
Di zaman serba modern ini memang mengonsumsi herbal tak harus dalam bentuk jamu. Beberapa sudah berupa suplemen siap minum sehingga lebih praktis. Begitu pula, beredar banyak di pasaran dalam bentuk suplemen. Termasuk kamu bisa menemukan suplemen dengan kandungan meniran, daun kelor, dan kunyit yang baik untuk daya tahan tubuh.
ADVERTISEMENT
“Meniran mengandung zat aktif flavonoid yang dapat mengoptimalkan fungsi imunitas tubuh. Daun kelor kaya akan multivitamin, zinc, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk pembentukan sistem imun, serta melawan infeksi virus dan bakteri. Kunyit memiliki zat aktif kurkuminoid yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan anti virus,” ungkap Emilia.
Sebelumnya, konsumsi bahan-bahan herbal juga telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Menurut Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A (K)., M.Kes., MH.Kes. selaku Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI, meniran atau temulawak dapat menjadi obat alami guna menguatkan sistem imun.
Ekstrak tanaman meniran menunjukkan adanya aktivitas antioksidan yang kuat, dalam studi in vitro 2014. Selain itu, penelitian dalam jurnal Phytotherapy Research 2012 juga menemukan, bahwa meniran memiliki sifat antimikroba, terutama dapat melawan mikroba seperti H. pylori yang menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Secara empiris, daun kelor dan kunyit juga merupakan bahan alami yang sudah populer akan manfaat kesehatannya.
ADVERTISEMENT
Emilia menambahkan, jika ketiga ekstrak herbal tersebut dikombinasikan secara baik dan benar secara teratur, maka kandungannya dapat bekerja secara efektif untuk mengoptimalkan mekanisme pertahanan tubuh.
Paduan Herbal Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh  (7149)
Ilustrasi daun kelor Foto: dok.shutterstock
Salah satu suplemen yang mengandung ketiga herbal tersebut adalah Immusupport. Menurut Jesslyn Rahardjo, Founder of Herbana suplemen ini bahkan aman dikonsumsi oleh anak usia 12 tahun ke atas dan dewasa.
Untuk orang-orang yang sedang masa penyembuhan penyakit, atau sedang rutin mengonsumsi obat dokter, ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen alami ini. Jesslyn juga mengungkapkan suplemen ini telah bersertifikasi BPOM dan Halal MUI.
Reporter: Natashia Loi
***