Food & Travel
·
6 Oktober 2020 16:33

Pandemi Bukan Halangan, Jakarta Dessert Week 2020 Digelar Online

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pandemi Bukan Halangan, Jakarta Dessert Week 2020 Digelar Online (214633)
Jakarta Dessert Week 2019 Foto: Safira Maharani/ kumparan
Pandemi bagi kebanyakan orang menjadi sebuah penghalang besar, tetapi tidak untuk gelaran Jakarta Dessert Week (JDW), yang kali ini berlangsung secara online. JDW 2020 bermitra dengan Tokopedia untuk menghadirkan pengalaman nge-dessert di rumah saja selama 5-25 Oktober 2020.
ADVERTISEMENT
"Sektor F&B adalah salah satu sektor yang terdampak paling berat saat pandemi. Untuk itu kami terpanggil untuk membantu teman-teman di sektor ini dengan tetap melaksanakan JDW namun dengan konsep yang berbeda, yaitu online festival berkolaborasi dengan Tokopedia,” kata Gupta Sitorus, salah satu pendiri JDW, saat launch party yang diselenggarakan via Zoom, Senin (5/10).
Tahun kedua ini JDW 2020 menggandeng 63 pelaku bisnis kuliner dan memberikan mereka tantangan untuk membuat dessert bertemakan magical. Seperti tahun sebelumnya, JDW memang memberikan tantangan bagi para partisipan untuk menciptakan dessert tematik.
Beberapa merchant yang kali ini berpartisipasi di antaranya ada Ann’s Bakery & Creamery, Dough Lab, Exquise Patisserie, Gelato Secrets, Fuwa-Fuwa World, Titik Temu Coffee, Manatea Soft Serve, Momoiro Bakes, North Pole Gelato, Pipiltin Cocoa, Sucre by Sheila, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, ada dessert hasil kolaborasi dengan beberapa pastry shop dan brand bahan makanan. Misalnya saja, Namelaka, Don Bakeshop, DORÉ by LeTAO, bersama Elle & Vire yang menyajikan kue sus bertemakan Harry Potter World.
Adapula Bittersweet by Najla, Mookie, Dapur Cokelat, Cupcakes Company, bersama Walls – Unicornetto Mini (Cornetto) yang membuat dessert box gemas bertemakan unicorn dengan warna pelangi.
Untuk semakin memeriahkan acara, terdapat live streaming dari para celebrity chef ternama. Sebut saja Yuda Bustara, Renatta Moeloek, Talita Setyadi, Karen Carlotta, Devina Hermawan, Putri Miranti, dan masih banyak lagi. Dalam live streaming yang ditayangkan melalui Tokopedia Play ini akan ada cooking class yang bisa menjadi inspirasi penonton untuk membuat dessert serta makanan enak di rumah.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa mencicipi makanan hasil kolaborasi JDW dengan beberapa pastry shop langsung di platform e-commerce tersebut. Caranya hanya dengan mencari 'Jakarta Dessert Week' di laman Tokopedia semua program akan tertera sehingga kamu tinggal memilih semudah berbelanja online.

Mencicipi kue sarang semut dengan isian cokelat yang lumer

Pandemi Bukan Halangan, Jakarta Dessert Week 2020 Digelar Online (214634)
Jakarta Dessert Week X Delico Cafe Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Kumparan juga mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu hasil kolaborasi JDW dengan Delico Cafe Jakarta; yakni kue sarang semut.
Uniknya, jajanan pasar ini dibuat menyerupai lava cake dengan isian chocolate ganache yang lumer. Empuk dan lembutnya kue ini bertemu dengan cokelat yang pahit, serta raspberry cream asam-manis sehingga membuat rasanya jadi komplit. Manis, legit, sedikit pahit, dan asam.
Pandemi Bukan Halangan, Jakarta Dessert Week 2020 Digelar Online (214635)
Jakarta Dessert Week X Delico Cafe Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Supaya sesuai dengan tema 'magical' kue ini juga diberi taburan permen silver dan lembaran edible gold leaf. Benar-benar camilan yang memadukan cita rasa lokal dengan topping kekinian. Unik!
ADVERTISEMENT
Bila penasaran pengin mencicipinya juga, kue dengan nama menu fruity chocolate fantastic ini dihargai Rp 35 ribu.
Nah, buat kamu pencinta dessert enak dan unik jangan sampai ketinggalan festival kuliner satu ini ya!