kumparan
20 Okt 2018 13:31 WIB

Rahasia di Balik Kelezatan Sate Ayam Madura

Konten spesial kecap (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Warung sate ayam madura bisa dengan mudah ditemui di sudut jalan atau rumah-rumah makan. Aroma sedap daging ayam yang dibakar ditambah baluran kecap di atasnya sungguh menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Madura, Jawa Timur. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate madura ternyata punya resep rahasia yang membuat rasa satenya khas.
Video
Konon resep rahasia itu terletak pada kecapnya. kumparanFOOD pun mencoba mendatangi sejumlah pedagang sate Madura di sekitar Kalibata, Jakarta Selatan. Dari empat pedagang yang ditemui, semua serempak mengatakan menggunakan kecap Korma.
"Rasanya itu lebih enak, kalau pakai kecap lain agak ketar agak ada pahit-pahitnya gitu" ujar pedagang sate madura, Mila, Selasa, (16/10) di Jalan Pegadegan, Jakarta Selatan.
Mila yang sudah 15 tahun berjualan sate madura di kawasan Jalan Pegadegan ini mengatakan resep penggunaan kecap Korma itu merupakan warisan turun-temurun dari ayahnya. Dia nggak ingin mengubah cita rasa usaha sate ayam yang dirintis ayahnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya Mila, pedagang sate Madura lainnya juga mengatakan hal yang sama. Taufik misalnya, warung sate miliknya yang berada di Jalan Rawajati Timur ini merupakan yang paling ramai dikunjungi warga sekitar. Selain menjajakan sate Madura, ia juga menjual sop kambing dan lembu.
Proses pengemasan kecap. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Untuk variasi sausnya, dia menyiapkan saus bumbu kacang dan saus bumbu kecap yang terdiri dari irisan bawang dan cabai. Meski berbeda, tentu saja ramuan pelengkapnya adalah kecap, yakni kecap Korma. Taufik mengatakan hanya kecap itu yang cocok dengan sambal dan rasa yang diinginkannya.
"Kita memang pakai kecap Korma, kalau kecap lain nggak bisa, Mas. Ke bumbu itu dia lain cair gitu, kalau Korma enggak. Intinya nggak masuk," ujar Taufik.
ADVERTISEMENT
Selain tidak cocok dengan bumbu, aroma yang dihasilkan kecap Korma juga berbeda, dan lebih harum daripada kecap lainnya. Taufik bilang kecap Korma memang tidak terlalu mudah didapatkan ketimbang kecap merek terkenal. Untuk menyiasatinya, ketika mendapat kecap Korma, Taufik membeli dalam jumlah banyak untuk stok.
"Aromanya juga beda dari kecap lainnya, kemudian rasanya juga beda dan ke bumbu itu cocok. Itu intinya yang lain encer," pungkas Taufik sambil terus mengipasi sate yang tengah dibakarnya.
Simak selengkapnya konten spesial kumparan dalam topik Sejuta Rasa Kecap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan