kumparan
23 Oktober 2019 11:14

Rekomendasi Sajian Ikan Enak dari 6 Restoran di Jakarta

Ikan bakar utuh
Ikan bakar utuh Foto: Shutter Stock
Bosan dengan ayam atau daging, ya ikan menjadi pilihan yang paling tepat. Dagingnya yang lembut, dengan gurih khas aroma laut nan segar, siapa yang tak tergoda? Sudah gitu, ikan kaya akan nutrisi seperti omega-3, protein, vitamin, serta asupan lainnya yang menyehatkan tubuh.
ADVERTISEMENT
Olahan ikan tradisional di Nusantara juga punya cita rasa yang menggugah selera. Mulai dari dibakar, digoreng, hingga dibuat sup, rasanya tetap nikmat.
Kalau kamu salah satu penggemar sajian ikan, berikut ada enam rekomendasi tempat makan ikan ala tradisional yang enak di Jakarta. Mana yang pernah kamu coba?
1. Gulai kepala ikan
Gulai Kepala Ikan-RM. Medan Baru (COVER)
Gulai Kepala Ikan-RM. Medan Baru (COVER) Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Mencari tempat makan yang menyajikan gulai kepala ikan? Datang saja ke RM Medan Baru. Rumah makan di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat ini punya menu andalan gulai kepala ikan dengan berbagai ukuran. Ada yang kecil (Rp 150 ribu), sedang (Rp 250 ribu), dan besar (Rp 360 ribu).
Kepala ikan yang digunakan adalah kepala kakap putih bertekstur lembut, dengan rasa gurih bergelimang kuah gulai kental nan kaya rempah. Menggoda iman bukan?
ADVERTISEMENT
Rumah Makan Medan Baru
Alamat: Jl. Krekot Bunder Raya No.65, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 10710.
Jam buka: Setiap hari (09.00-21.00 WIB)
2. Mangut lele
Menu di Warung Fotkop, Cipete
Menu Mangut Lele di Warung Fotkop, Cipete Foto: Safira Maharani/ kumparan
Di Warung Fotkop, ada sajian mangut lele yang dihargai Rp 17 ribu. Dengan kuah kuning pekat, ditambah irisan cabai bikin tak sabar ingin menyantapnya.
Saat kuah diseruput, rasa gurih khas santan langsung menyeruak, diikuti dengan rasa pedas. Pedas tapi tak berlebihan. Daging lelenya pun terasa smokey yang menandakan bahwa ia benar-benar dimasak dengan metode pengasapan. Nikmat...
Warung Fotkop
Jl. Nangka I No.6, RT.2/RW.5, Cipete Utara, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (07.00 - 22.00), Sabtu - Minggu (15.00 - 22.00)
ADVERTISEMENT
3. Ikan cakalang sambal dabu-dabu
Sajian khas Manado di Mantra Indonesia.
Sajian khas Manado di Mantra Indonesia. Foto: Toshiko Potoboda/kumparan
Mantra Indonesia punya beragam sajian yang mewakili daerah Manado dan Minang. Adapun masakan Manado yang jadi rekomendasi di Mantra Indonesia adalah gulai kepala kakap, ayam woku, rica-rica, ikan cakalang sambal dabu-dabu, dan lainnya.
Beberapa sajian ikan ala Manado dan Minang ini, bisa jadi pilihan baru buat kamu yang ingin menyantap sajian ikan ala tradisional dengan kaya rasa.
Mantra Indonesia
Alamat: Street Gallery, Pondok Indah Mall dan Downtown Walk, Summarecon Mal Serpong
Jam buka: Setiap hari, 10.00-22.00
4. Ikan bakar loco rica
Ikan bakar rica loco Segundo
Ikan bakae rica loco Segundo Foto: Dok. Segundo Restaurant
Sekilas ikan ini tampak seperti sajian rica khas Manado pada umumnya. Uniknya, sajian ala Nusantara ini justru menggunakan jenis ikan spanish mackerel yang dipanggang. Potongan tomat hijau dan ulekan cabai tersebar di bagian atasnya.
ADVERTISEMENT
Satu porsinya cukup besar. Bisa disantap ramai-ramai. Rasanya tak sepedas tampilannya, malahan asam dari jeruk dan tomatnya lebih menonjol. Meresap hingga ke dalam daging ikan yang lembut. Hmm, semakin nikmat kalau dimakan bersama nasi putih hangat, mantap!
Segundo Restaurant Hotel Monopoli
Alamat: Jl. Taman Kemang No.12, RT.14/RW.1, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan.
Jam buka: 06.00 - 22.00 WIB.
5. Gulai kepala si manyun
Gulai kepala si manyun.
Gulai kepala si manyun. Foto: Toshiko/kumparan
Rekomendasi sajian ikan unik lainnya adalah gulai kepala si manyun. Menggunakan jenis ikan lencam, ikan ini bertekstur lembut, namun serat dagingnya tetap terasa. Sehingga ketika dilepas dari tulangnya dan disiram kuah gulai, jadi mudah meresap. Rasa segar dari ikan pun begitu kentara; agak manis, tanpa bau amis sama sekali.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma itu, ada juga menu ikan lainnya, yakni ikan bawal hitam bakar jogja, kerapu raja belimbing wuluh, serta ikan steam tauco yang sayang jika dilewatkan.
Pesisir Seafood
Alamat: Daerah Khusus Ibukota, Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.4/RW.1, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota, Jakarta 11630
Jam buka: 11.00 - 22.00 WIB
6. Pecak ikan mas
Pecak ikan mas di Warung Betawi Haji Muhayar
Pecak ikan mas di Warung Betawi Haji Muhayar Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Jakarta juga punya sajian ikan tradisionalnya sendiri, yakni pecak. Umumnya, pecak ikan terdiri dari ikan goreng atau bakar yang kemudian diguyur kuah gurih, asam, pedas, dan kaya rempah. Persis seperti sajian di Warung Betawi Haji Muhayar, yang juga khas dengan pecak ikan masnya.
Seporsi pecak ikan mas goreng ini dihargai Rp 35 ribu. Terdiri dari seekor ikan mas dengan berat kurang lebih 4 ons. Kenikmatannya sampai bisa bikin kamu kangen, deh!
ADVERTISEMENT
Warung Betawi Haji Muhayar
Alamat: Jl. Taman Margasatwa Raya No.8, RT.9/RW.5, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540.
Jam buka: 08.00 - 20.00 WIB
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan