kumparan
5 Februari 2018 11:45

Resep Hari Ini: Segarnya Som Tum, Salad Pepaya Khas Thailand

Som Tum
Som Tum (Foto: Thinkstock)
Masakan khas Thailand dikenal sebagai salah satu sajian yang memiliki banyak penggemar. Identik dengan rasanya yang pedas dan segar, aneka sajian khas Negeri Gajah Putih ini sangat cocok di lidah Asia. Termasuk orang Indonesia yang gemar menyantap makanan bercitarasa pedas.
ADVERTISEMENT
Beberapa bahkan sangat terkenal dan mudah ditemukan di berbagai restoran. Sebut saja Tom Yum, Pad Thai atau mie goreng Thailand, dan nasi goreng nanas.
Tak hanya itu saja, ternyata Thailand juga memiliki menu salad yang sangat segar bernama Som Tum. Terbuat dari buah pepaya mentah dengan berbagai bumbu, Som Tum sangat segar dinikmati di siang hari yang terik.
Selain segar, sajian yang mirip asinan Indonesia ini juga sangat sehat. Sayur-sayuran segar yang ada dalam salad dapat menjadi alternatif santapan diet yang nikmat. Penasaran seperti apa cara membuatnya?
Yuk, intip resep Som Tum segar dari akun Youtube Seonkyoung Longest. Segarnya Som Tum dijamin akan membuat hari-hari kamu menjadi lebih bersemangat.
ADVERTISEMENT
Video
Bahan-bahan:
1 buah pepaya mentah ukuran sedang
10 buah tomat ceri, belah menjadi dua bagian
10 batang kacang panjang
2 sdm kacang panggang
Saus:
2 siung bawang putih
3 cabai merah
2 sdm gula palem
2 sdm kecap ikan
2 sdm ebi kering
1/2 sdt pasta udang Thailand
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
Cara Membuat:
1. Tumbuk bawang putih dan cabai merah hingga halus. Tambahkan semua bahan saus lalu haluskan kembali hingga tercampur merata. Pasta udang Thailand dapat diganti dengan terasi yang telah dibakar terlebih dahulu.
2. Campur bumbu dengan cacahan pepaya, kacang panjang, dan kacang tanah yang dipanggang kemudian aduk hingga pepaya sedikit layu dan bumbu meresap. Tambahkan tomat ceri dan aduk kembali hingga merata.
ADVERTISEMENT
3. Sajikan bersama taburan kacang tanah panggang. Untuk hasil Som Tum yang lebih segar, masukkan Tom Sum ke dalam lemari pendingin sebelum disajikan.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan