Food & Travel
·
4 September 2020 12:57

Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air (165462)
Aneka menu makanan di Soto Tanah Air Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Menikmati gurih dan hangatnya seporsi soto dengan isian yang lengkap memang sedap, ya? Terlebih kalau kamu tambahkan sambal, perasan jeruk, dan sedikit kecap, duh bikin ngiler!
ADVERTISEMENT
Jenis soto khas Tanah Air pun sangat beragam, hampir setiap daerah di Indonesia punya sajian sotonya masing-masing. Kekayaan warisan kuliner berupa soto ini yang coba diangkat oleh sebuah restoran baru berlokasi di Jl. Denpasar No.7, Kuningan, Jakarta Selatan.
Namanya Soto Tanah Air. Tempat makan ini baru saja buka sekitar dua bulan lalu. Menurut salah satu pemiliknya, Haryo Adityo yang kumparan hubungi via telepon, Kamis (3/9) mengatakan bahwa jenis soto di Indonesia ada sekitar 50 varian, dan 20 jenis di antaranya ada di tempat makan ini.
"Sekitar akhir tahun 2019 aku dan teman-teman lain berencana mau bikin bisnis kuliner. Karena mengingat kita pernah mengikuti seminar kuliner soal soto, akhirnya kita membuat Soto Tanah Air. Awalnya baru delivery saja, tenant-nya sendiri baru buka dua bulan," tutur laki-laki yang akrab disapa Adit itu.
Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air (165463)
Aneka menu makanan di Soto Tanah Air Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Kebanyakan menunya merupakan soto khas asal Pulau Jawa dan Sumatera. Saat mengkurasi menu itu, mereka memilih jenis-jenis soto yang memang sudah familiar di lidah masyarakat Tanah Air. Sebagai pembanding, mereka juga mencoba mengkreasikan satu menu lain yakni soto rempah. Dengan kisaran harga menu makanan Rp 20-28 ribu.
ADVERTISEMENT
Namun yang menjadi menu andalan adalah soto padang, medan, dan lamongan. Kami juga dikirimkan untuk bisa mencicipi langsung. Mulai dari isian, bumbu seasoning untuk kuah, kecap, sambal, dan kuah soto semuanya dibungkus terpisah. Sehingga tekstur bahan makannya masih terjaga.
Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air (165464)
Soto padang di Soto Tanah Air Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Pertama kami mencicipi soto padang (Rp 24 ribu). Menurut Adit, menu ini termasuk yang unik karena dagingnya digoreng terlebih dahulu, serta menggunakan sambal dari cabai keriting. Kemudian, soto ini juga dilengkapi paru garing nan gurih yang juga bisa kamu nikmati sebagai camilan.
Untuk rasa kuah soto padangnya begitu clear di tenggorokan. Namun tetap tercium aroma khas soto padang yang kaya rempah dan merah karena campuran sambalnya. Irisan dagingnya juga empuk dan gurih. Terdapat pula perkedel kentang, soun, dan kerupuk merah yang juga khas soto padang banget. Segar!
Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air (165465)
Soto medan di Soto Tanah Air Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selanjutnya, kami mencoba soto medan (Rp 24 ribu) yang agak jarang bisa ditemukan di Jakarta. Soto ini kuahnya kuning, yang terbuat dari campuran santan serta susu. Sehingga ketika kami mencicipi, kuahnya terasa agak sedikit creamy khas susu, namun tetap gurih santan.
ADVERTISEMENT
Sebagai isian, soto medan ini tak menggunakan soun laiknya menu soto lain. Hanya terdapat irisan kubis, daun bawang, tomat, ayam suwir, taoge, dan perkedel. Sebagai pelengkap, menikmatinya jangan lupa bersama sambal bawang, perasan jeruk, serta emping. Creamy nan gurih!
Tak ketinggalan adalah soto lamongan (Rp 23 ribu). Untuk menu satu ini rasa dan isiannya mirip dengan soto lamongan pada umumnya. Hanya saja kuah makanan ini tampak lebih bening, namun tetap gurih. Rasa bawang putih pada kuahnya pun cukup kuat sehingga menambah aroma khas.
Restoran Baru di Kuningan Ini Hadirkan 20 Jenis Soto Segar Khas Tanah Air (165466)
Soto lamongan di Soto Tanah Air Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Uniknya dari ketiga menu soto tersebut punya ciri khas rasa, yakni kuah yang bersih alias clear begitu melewati tenggorokan. Tak seperti soto yang kaya rempah pada umumnya, terkadang menyisakan rasa bumbu yang menempel di mulut dan tenggorokan. Kuah sotonya pun minim lemak minyak sehingga jernih.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya kalau di lihat itu dari Sabang sampai Merauke, isian soto itu hampir mirip. Enggak jauh-jauh dari taoge, perkedel, dan soun. Misalnya, soto yang di daerah Jawa itu cuma beda-beda dikit secara topping. Kalau ditarik garis besarnya pun, dari banyaknya menu soto ini cuma ada empat jenis kuah. Jadi ada kuah bening, kuning, santan-susu, dan coto makassar," jelas laki-laki berusia 29 tahun itu.
Meski tempat makan ini buka di tengah pandemi, Adit mengaku tak begitu kesulitan lantaran ada jasa pesan-antar makanan melalui ojek online. Bahkan hampir 60 persen penjualannya berasal dari pesanan online tersebut.
Melalui tempat makan ini Adit, dan ketiga temannya pengin lebih memperkenalkan lagi budaya kuliner Indonesia yang begitu kaya. Bahkan mereka berencana membuka bisnis kuliner lain yang masih memanfaatkan kekayaan ragam hidangan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Nah, buat kamu yang lagi mengidam pengin makan soto khas kampung halaman, cobalah. Siapa tahu, dalam deretan 20 jenis menu sotonya, ada makanan favorit kamu.
Soto Tanah Air
Alamat: Rahayu Kuliner, Jl. Denpasar No.7, RT.6/RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940.
Jam buka: 10.00-21.00 WIB.