Food & Travel
·
13 September 2019 16:28

Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206416)
searchPerbesar
Raline Shah, Co-founder Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Meroketnya tren kopi susu kekinian kini memang jadi ide usaha yang cukup menjanjikan. Berbagai kedai kopi susu pun semakin tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Tak terkecuali kedai kopi susu milik para public figure di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Ternakopi milik Kaesang Pangarep, Stuja Coffee milik pasangan Audia Bing Slamet dan Ditto, hingga Kopi M Merry Riana. Seakan tak ingin ketinggalan, Raline Shah baru-baru ini membuka sebuah kedai kopi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Bernama Kisaku, kedai kopi ini diprakarsai oleh Raline bersama adik dan tiga sahabatnya. "Jadi kita berlima ini hobi minum kopi. Jadi, kami berdiskusi tentang kita semua hobi ngopi yang kualitasnya oke. Tapi belum ada kopi yang kualitasnya third wave specialty coffee yang harganya terjangkau. How we solve the problem? Jadi kami memutuskan untuk bikin (bisnis) kopi sendiri," ujar pemain film 5 Cm ini kepada kumparan (12/9).
Menurut penjelasan Raline, Kisaku berasal dari bahasa Jepang yang artinya hangat dan tulus. Senada dengan namanya, Kisaku menonjolkan konsep zen yang biasa dijumpai pada rumah-rumah tradisional Jepang.
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206417)
searchPerbesar
Suasana di Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Mulai dari kursi, meja, hingga aneka ornamen pendukung kedai didominasi warna-warna earth tone yang kalem. Membuat suasana kedai terasa tenang meski berada di dekat pusat kota.
ADVERTISEMENT
Uniknya, kursi dan meja di Kisaku sengaja dibuat berdekatan satu sama lain. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung bisa lebih leluasa mengobrol dengan orang lain di sini.
"Kisaku means friendly, positive, tulus, genuine, ramah, kehangatan. Secara visual kita coba buat tempat ini senyaman mungkin. Konsepnya juga zen tapi tidak terlalu dingin. Teman-teman bisa bersosialisasi. Jadi, this all like free open concept," tambah Raline.
Tak hanya mengusung konsep yang berbeda, kopi susu andalan Kisaku juga menggunakan bahan yang tak biasa. Yaitu susu oat sebagai salah satu alternatif pengganti susu sapi yang ramah vegetarian.
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206418)
searchPerbesar
Hot latte dari Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Khusus menu dengan susu oat, Kisaku hanya menyediakan menu kopi hangat yang dibuat saat ada pemesanan. Sedangkan biji kopinya menggunakan dua jenis, yaitu jenis aceh gayo dan kopi flores.
ADVERTISEMENT
Rasa kopi dengan tambahan susu oat ini terasa unik di lidah. Meski awalnya terasa aneh, susu oat ternyata cocok dikombinasikan dengan espresso.
Perpaduan espresso dan susu oat menghasilkan rasa kopi yang light sehingga tidak membuat perut terasa eneg atau begah. Susu oat juga punya smokey yang unik. Membuat aroma kopi semakin nikmat.
Bila kopi panas dibuat secara segar saat ada pesanan datang, menu kopi dingin di Kisaku sudah dikemas dalam botol-botol siap minum. Jadi cocok untuk pelanggan yang tidak punya banyak waktu saat menunggu pesanannya dibuat.
Kampoeng latte dan pandan latte jadi dua menu kopi grab and go andalan Kisaku. Sesuai namanya, kampoeng latte terbuat dari perpaduan susu, kopi, dan gula merah yang kental akan rasa tradisional. Sedangkan pandan latte adalah perpaduan kopi dan susu yang ditambah essense pandan nan wangi.
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206419)
searchPerbesar
Ice Pandan Latte Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Dua kopi ini sama-sama punya rasa light. Bedanya, pandan latte punya aroma wangi khas yang membuat cita rasa kopi semakin nikmat. Rasa manis dari kopinya pun tidak terlalu mendominasi.
ADVERTISEMENT
Seperti kedai kopi kekinian lainnya, Kisaku juga menyediakan aneka makanan dan kue sebagai pendamping minum kopi. Menariknya, makanan khas Indonesia jadi andalannya. Ada dua menu yang bisa dicoba yaitu; nasi jeruk dengan ikan cakalang, dan nasi dengan ayam bumbu manado.
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206420)
searchPerbesar
Sejumlah menu di Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Nasi jeruknya punya aroma wangi yang kuat dengan tambahan bawang merah dan putih goreng melimpah. Dibatasi daun pisang, di atas nasi terdapat suwiran ikan cakalang yang ditumis sambal hijau. Rasa tumisan ikan cakalang yang asin dan sedikit pedas sangat pas disantap bersama nasi jeruk yang gurih hangat.
Bila ikan cakalang disajikan dengan nasi jeruk, menu ayam bumbu manado disajikan bersama nasi putih biasa. Namun rasanya tetap nikmat karena cita rasa ayamnya yang cukup berempah.
ADVERTISEMENT
Disajikan dalam mangkuk siap bawa berukuran tidak terlalu besar, dua menu ini cocok untuk mengganjal perut di tengah padatnya aktivitas. Porsinya pun tidak berlebihan, tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.
Santai Sejenak di Kedai Kopi Berkonsep Zen ala Raline Shah   (206421)
searchPerbesar
Cold pressed juice Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selain itu, masih banyak lagi menu yang bisa kamu coba sembari bersantai di Kisaku yang tenang. Mulai dari black coffee, mocha, hingga aneka cold pressed juice segar.
Harganya menu kopi dan minuman di Kisaku pun dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Kopi dan minuman dibanderol mulai Rp 20-30 ribu, sedangkan makanan bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 15-38 ribu per porsi.
Tertarik mencoba?
Kisaku
Alamat: Jalan Laksana I No. 24, Senopati, Jakarta Selatan
ADVERTISEMENT
Jam buka: 08.00-18.00 WIB
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020