Food & Travel
·
13 Maret 2020 18:59

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325146)
Ilustrasi wanita minum soda. Foto: Shutter Stock
Salah satu faktor kuat lemahnya daya tahan tubuh adalah dari aktivitas dan makanan kita sehari-hari. Gini, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh; pun sebaliknya.
ADVERTISEMENT
Beberapa makanan di bawah ini misalnya. Mungkin beberapa makanan berikut adalah favorit kamu, namun di tengah kondisi merebaknya virus corona, ada baiknya kamu kurangi porsinya.
Berikut adalah 5 makanan yang menurunkan daya tahan tubuh:

1. Gorengan

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325147)
Gorengan Apakah Kamu? Foto: kumparan/Sabryna Putri Muviola
Selain kaya akan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jahat, gorengan meningkatkan inflamasi dalam tubuh. Imbasnya, kalau dikonsumsi berlebihan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.
Dilansir Boldsky, menghindari makanan yang digoreng akan membantu tubuh untuk membangun kekebalannya, tidak peduli berapa pun umurnya. Selain itu, kamu sebaiknya kurangi makanan yang bisa memicu kanker ini.

2. Kopi

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325148)
ilustrasi membuat kopi Foto: Shutterstock
Ya, kafein dalam kopi punya banyak manfaat. Namun, bagi penderita diabetes, kopi justru memicu lonjakan gula darah. Kopi juga bisa memicu kolesterol dan menekan sistem kekebalan tubuh.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Livestrong, mengonsumsi lebih dari 500 miligram kopi per hari bisa menyebabkan insomnia, gangguan pencernaan, hingga otot gemetar. Kurang tidur menyebabkan daya tahan kita juga terganggu. Jadi, batasi ya!

3. Makanan olahan

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325149)
sosis Foto: Shutterstock
Dikutip dari TIME, banyaknya kalori dari makanan olahan bisa memengaruhi kesehatan. Makanan olahan bisa memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh. Selain itu, makanan olahan dan junk food juga bisa menurunkan kendali terhadap infeksi. Kalau kamu mengonsumsinya secara teratur, risiko kanker pun makin tinggi.

4. Soda

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325150)
Ilustrasi wanita minum soda. Foto: Shutter Stock
Salah satu minuman yang bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah soda. Selain tinggi gula, soda mengandung asam fosfor yang mengeruk kalsium dan magnesium dalam tubuh. Padahal, dua nutrisi ini membantu jalannya sistem kekebalan tubuh manusia.
ADVERTISEMENT

5. Alkohol

Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Menurunkan Daya Tahan Tubuh (325151)
Ilustrasi laki-laki minum alkohol Foto: dok.shutterstock
Duh, siapa bilang alkohol bisa mematikan virus? Saint Luke's Hospital di Kansas City pernah menanggapi hoax soal pernyataan mereka terkait vodka bisa lawan virus corona.
"Vodka tidak memberikan dampak apa pun terhadap virus corona," terang Lindsey Stitch, jubir Rumah Sakit Saint Luke seperti dilansir AFP.
Justru alkohol sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dalam waktu 20 menit sejak menelan alkohol, sistem kekebalan tubuh kita langsung menurun. Namun, seberapa besar turunnya tergantung dari kondisi tubuh kita.
Perlu diperhatikan, kebanyakan makanan yang menurunkan daya tahan tubuh adalah yang diproses terlalu lama. Sudah saatnya kita recharge tubuh dengan makanan sehat selama beberapa waktu ini. Tetap sehat ya!