Segarnya Sambal Tempong Diulek Dadakan, Pas Dinikmati dengan Telur ala Pontianak

10 Juni 2024 9:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Suasana warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika biasanya kamu menikmati sambal tempong dengan lauk-pauk ayam goreng, ikan asin, atau bahkan tahu-tempe, maka tempat makan yang satu ini agak sedikit berbeda. Namanya, warung tenda Sambal Pemersatu Bangsa yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Terbawa rasa penasaran, kali ini kumparanFOOD mencoba untuk makan siang di Sambal Pemersatu Bangsa. Warung tenda panjang tampak mencolok dengan warna spanduk serba merah. Tempat makan ini berlokasi di area lapangan, jadi suasana panas dari teriknya matahari di siang hari sangat terasa. Mungkin, kalau kamu mau agak adem, datanglah saat makan malam.
Tanpa berlama-lama, kami memesan beberapa menu andalan mereka. Mulai dari nasi cikur, sambal cumi, paru serundeng, ayam serundeng, usus goreng, kulit goreng, dan telur Pemersatu Bangsa.
Telur ala Pontianak di warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
Ya, salah satu menu yang menarik adalah telur Pemersatu Bangsa. Sekilas menu ini mirip sajian telur ala Pontianak. Dua buah telur goreng mata sapi yang dimasak setengah matang, disiram kuah kehitaman dengan cita rasa gurih, asin, manis, dan sedikit pedas. Telurnya yang lembut menyerap kuah yang gurih.
ADVERTISEMENT
Agar semakin nikmat, telur ini kami cicipi bersama suapan nasi cikur (kencur) yang terasa gurih. Nasinya yang pera menjadi sedikit lebih lembut ketika diberi siraman kuah telur dan sambal tempong.
Aneka menu makanan di warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
Nah, satu lagi yang tak boleh kelewatan adalah sambal tempongnya. Menurut salah satu karyawan, sambal tempong mereka ulek fresh saat ada yang memesan. "Kita baru ngulek kalau ada pesanan, jadi sambalnya fresh dan segar. Kalau ngulek sekaligus banyak nanti sambalnya jadi hitam dan kurang segar," ujarnya.
Cita rasa sambal tempong di warung makan ini terasa pedas, manis, dan segar. Sambalnya dibuat dengan tambahan tomat segar dan perasan jeruk limau yang harum.
Aneka menu makanan di warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
Sementara, untuk menu lainnya seperti paru dan ayam serundeng dimasak dengan cita rasa bumbu yang berani dan kaya rasa. Terasa gurih, asin, dan berbumbu serundeng kelapa yang manis nan renyah.
ADVERTISEMENT
Soal harga, menu makanan di warung makan ini tergolong terjangkau, dengan kisaran Rp 5.000 sampai Rp 24 ribu per porsi. Setiap menu pun sudah termasuk sambal dan lalapan.
Ayam serundeng di warung makan Sambal Pemersatu Bangsa, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Foto: Azalia Amadea/kumparan
Jadi, apa kamu juga minat mencoba?
Sambal Pemersatu Bangsa
Alamat: Jl. Kemang I, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730.
Jam buka: 11.00-23.00 WIB.