Food & Travel
·
23 Maret 2021 16:04

Selain Zangrandi Ice Cream, Ini 6 Gerai Es Krim Legendaris di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Zangrandi Ice Cream, Ini 6 Gerai Es Krim Legendaris di Indonesia (392337)
Ilustrasi es krim Foto: Shutter Stock
Berita penutupan sementara gerai Zangrandi Ice Cream memang membawa sesal bagi banyak penggemarnya. Sebab, gerai es krim yang sudah beroperasi sejak 90 tahun yang lalu itu terkenal akan cita rasa klasiknya. Rasa khas nan jadul tersebut yang membuat Zangrandi mampu bertahan hingga sekarang.
ADVERTISEMENT
Rupanya, es krim klasik dengan rasa khas yang jadul juga menjadi kunci bagi beberapa gerai legendaris lainnya. Mengutip berbagai sumber, ada beberapa gerai es krim lain di Indonesia yang masih beroperasi meski usianya sudah melebihi 50 tahun, lho.
Banyak wisatawan datang untuk mencicipi es krim dengan rasa unik dan suasana gerai atau toko yang klasik. Di mana saja gerai es krim legendaris tersebut? Yuk, intip apa saja gerai es krim legendaris itu!

1. Es krim Ragusa

Selain Zangrandi Ice Cream, Ini 6 Gerai Es Krim Legendaris di Indonesia (392338)
Es Krim di Ragusa Foto: Ela Nurlaela/kumparan
Siapa yang tak kenal dengan pelopor es krim legendaris di Jakarta ini. Ragusa telah berdiri sejak tahun 1932, berlokasi di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Gerai Es Italia Ragusa tampak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Meski tampak sederhana tapi gerai satu ini punya menu es krim unik dan menjadi favorit para pelanggan, yakni spaghetti ice cream.
ADVERTISEMENT

2. Baltic

Masih di daerah Jakarta Pusat, toko es krim Baltic juga sudah berdiri sejak lama, tepatnya tahun 1939. Awalnya mereka hanya menjual tiga varian rasa saja, yaitu vanila, stroberi, dan cokelat. Tapi, seiring dengan perkembangan selera masyarakat yang sering berubah, maka mereka pun menciptakan rasa kekinian yang lebih kekinian seperti green tea.

3. Toko Oen

Selain Zangrandi Ice Cream, Ini 6 Gerai Es Krim Legendaris di Indonesia (392339)
Es Krim Toko Oen di Semarang Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Pasti banyak yang enggak asing dengan Toko Oen. Tahukah kamu? Toko jadul ini justru merupakan yang paling tertua. Pada mulanya, Toko Oen dibangun tahun 1910 di Yogyakarta. Setelah 27 tahun bertahan di Kota Pelajar mereka kemudian memindahkan gerainya ke Semarang.
Tapi, rupanya Toko Oen juga membuka cabang di Malang. Hingga kini, rasa es krimnya masih selalu sama, tak pernah berubah dan jadi tempat kuliner terbaik bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT

4. Tentrem

Jika kota Malang dan Semarang punya Toko Oen sebagai es krim legendarisnya, maka di Solo ada kedai Tetrem. Gerai bernuansa jadul ini berdiri sejak 1952. Untuk menjaga kualitas rasa, pemiliknya tidak pernah mengubah sedikitpun resep es krim asli keluarga mereka.
Meski warna dari es krim cenderung sangat mencolok tapi bahan-bahan yang digunakan mereka jamin berasal dari produk alami dan rasanya juga tidak pernah berubah.

5. Sumber Hidangan

Selain Zangrandi Ice Cream, Ini 6 Gerai Es Krim Legendaris di Indonesia (392340)
Sumber Hidangan Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Bergeser ke kota kembang yakni Bandung, Jawa Barat. Kalau kamu sering main ke daerah Braga, kamu wajib banget nih datang ke toko es krim Sumber Hidangan. Didirikan pada tahun 1929, ornamen bangunan Belandanya masih sangat utuh. Tak hanya menyajikan es krim, kamu juga bisa menyantap beberapa kue jadul di sana.
ADVERTISEMENT

6. Tip Top

Kalau sebelumnya banyak dari gerai es krim yang berlokasi di Pulau Jawa, kali ini justru berada di Medan, Sumatera Utara. Sebelum berubah nama menjadi Tip Top, gerai es krim yang satu ini pertama kali terkenal dengan nama Jangkie.
Konon, mereka menyajikan es krim dengan rasa sangat klasik tapi tidak kalah lezat dengan es krim kekinian.
Nah, dari tujuh tempat makan es krim di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya