kumparan
7 Februari 2018 14:33

Serangga Goreng hingga Embrio Bebek, 7 Makanan Ekstrem di Thailand

Makanan ekstrem Thailand
Makanan ekstrem Thailand (Foto: Shutterstock)
Saat melipir ke Thailand, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi beragam kuliner khasnya. Dari sekian banyak kuliner Negeri Gajah Putih yang populer, jajanan ekstremnya menjadi salah satu makanan yang paling banyak diburu para pelancong.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja serangga goreng. Jajajan ekstrem berbahan dasar serangga ini rupanya banyak diminati oleh wisatawan asing. Bukan itu saja, terdapat juga sederet makanan kaki lima ekstrem lainnya yang patut kamu coba. Apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh jajanan ekstrem khas Thailand:
1. Serangga Goreng
Loading Instagram...
Selain Kamboja dan China, Thailand juga menawarkan jajanan ekstrem berbahan dasar serangga. Berlokasi di sepanjang jalan Khao San, Bangkok, kamu akan menemukan beragam menu olahan serangga goreng seperti belalang, belatung, jangkrik, dan kalajengking. Digoreng dengan waktu yang cukup lama, semua makanan tersebut umumnya memiliki tekstur yang renyah.
2. Goong Ten
Loading Instagram...
Goong ten merupakan sajian unik khas Thailand yang artinya 'udang menari'. Sesuai namanya, udang dihidangkan dalam kondisi hidup-hidup yang kemudian dicampur dengan beberapa jenis sayuran seperti selada, daun bawang, dan kemangi, lalu disiram dengan kecap asin dan jeruk nipis.
ADVERTISEMENT
3. Larb Leuat Neua
Loading Instagram...
Menu satu ini berisi daging sapi mentah yang telah dibumbui dengan jeruk nipis dan cuka ikan dengan taburan daun mint. Agar rasanya semakin kuat, orang Thailand biasanya akan menambahkan darah sapi segar di bagian atasnya.
4. Mok Huak
Loading Instagram...
Tak hanya kalajengking, di Negeri Gajah Putih, kecebong juga kerap dijadikan bahan makanan. Untuk menyajikannya, kecebong yang telah dicuci bersih akan digoreng hingga kering. Agar tidak terlalu amis, biasanya kecebong akan digoreng bersama sambal cabai.
5. Som Tam Hoy Dong
Loading Instagram...
Som tam hoy dong merupakan hidangan berbahan dasar fermentasi kerang tiram yang kemudian dicampur dengan cuka, saus ikan, jeruk nipis, dan gula. Hidangan bercita rasa asam sedikit manis ini biasanya disajikan dengan parutan pepaya muda dan kacang panjang.
ADVERTISEMENT
6. Telur semut
Loading Instagram...
Di Indonesia, telur semut biasanya digunakan untuk pakan burung. Namun di Thailand, telur semut justru dijadikan bahan untuk memasak sup. Meski tak biasa, namun telur semut mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin B1 dan juga vitamin B2. Tertarik mencobanya?
7. Kai Khao
Loading Instagram...
Selain di Filipina, Thailand juga memiliki hidangan ekstrem yang berbahan dasar embrio bebek bernama kai khao. Dalam penyajiannya, telur bebek yang sudah berubah menjadi embrio akan direbus selama beberapa menit hingga matang sempurna.
Dari tujuh jajanan ekstrem ini, manakah makanan yang ingin kamu coba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan