kumparan
25 September 2019 9:03

Sering Ngantuk Setelah Makan Siang, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi mengantuk setelah makan siang
Ilustrasi mengantuk setelah makan siang Foto: Shutterstock
Saat kelaparan susah berkonsentrasi, tapi setelah makan, rasa kantuk datang tak tertahankan. Mungkin inilah permasalahan yang kerap kita alami sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Terutama setelah makan siang, bukannya lebih bertenaga, mata justru terasa berat dan badan melemas. Akhirnya, rasanya hanya ingin merebahkan diri dan bermalas-malasan saja.
Padahal, rasa kantuk dan malas akan menghambat pekerjaan. Lantas, sebenarnya apa saja penyebab datangnya kantuk sesaat setelah makan siang?
Menurut jurnal IBS Treatment Center tahun 2006, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ngantuk setelah makan siang. Salah satunya, efek samping akibat proses pencernaan yang terjadi setelah makanan masuk ke tubuh.
Saat makanan yang masuk ke tubuh, sistem pencernaan berperan menghancurkan serta memecah kembali makanan menjadi gula. Makronutrien atau zat gizi juga akan dipecah, menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.
Tak hanya 'mengolah' makanan yang masuk ke tubuh, proses pencernaan juga akan mempengaruhi fungsi tubuh lainnya. Termasuk mengundang rasa kantuk.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pemilihan serta porsi makan siang juga bisa mempengaruhi datangnya rasa kantuk. Biasanya rasa kantuk disebabkan oleh asupan makanan tinggi karbohidrat dan gula; seperti nasi, roti, mi, atau pasta.
 ​Nasi goreng seafood
​Nasi goreng seafood Foto: Pixabay
Saat glukosa masuk ke tubuh, pankreas akan memproduksi insulin yang berfungsi menyeimbangkan gula darah. Nah, tingginya insulin akibat kadar glukosa berlebih, akan mendesak asam amino tryptophan untuk memproduksi lebih banyak serotonin.
Dikenal pula dengan sebutan hormon 'senang', serotonin akan merangsang otak agar tubuh semakin rileks hingga akhirnya mengantuk. Jadi, semakin banyak makanan yang kita santap, otomatis dorongan untuk bermalas-malasan semakin tinggi.
Tapi, kenapa rasa kantuk justru jarang datang setelah sarapan maupun makan malam? Pemilihan waktu makan juga bisa meningkatkan rasa ngantuk. Semakin telat waktu makan siang, biasanya rasa kantuk lebih mudah datang.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan jurnal National Sleep Foundation, setiap orang rata-rata memang akan merasa ngantuk saat jam 2 malam dan 2 siang. Tak mengherankan bukan, setelah makan badan jadi berat. Apalagi bila waktu makanmu mendekati pukul 2 siang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan