kumparan
search-gray
Food & Travel25 Desember 2019 14:03

Tips Mengurangi Food Waste Usai Jamuan Makan Natal

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi makan malam saat Natal
Ilustrasi makan malam saat Natal Foto: dok.shutterstock
Natal menjadi sebuah momen penuh kebersamaan dengan keluarga dan orang terkasih. Suasana pun makin terasa hangat dengan adanya jamuan makan bersama.
ADVERTISEMENT
Meski banyak restoran dan tempat makan yang masih buka, tak sedikit pula yang memilih makan bersama di rumah. Namun sayangnya, hidangan yang disajikan saat jamuan makan Natal kerap tak habis dan menimbulkan food waste.
Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Unilever menyebutkan, setiap tahunnya di Inggris, setidaknya ada 4 juta porsi hidangan Natal yang terbuang. Jumlah itu bahkan hanya berasal dari sisa makan malam Natal saja, belum termasuk jamuan makan di siang atau sore hari setelahnya.
Untuk mencegah banyaknya makanan sisa saat Natal, yuk coba terapkan beberapa tips berikut ini!
1. Jangan menghidangkan semua makanan sekaligus
com-Ilustrasi makan bareng
com-Ilustrasi makan bareng Foto: Shutterstock
Saat mengadakan jamuan makan, kita cenderung menghidangkan semua makanan sekaligus. Tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan food waste. Sebab, saat kita menyimpan makanan di suhu ruangan selama lebih dari dua jam, akan rentan terkontaminasi bakteri.
ADVERTISEMENT
Apalagi, beberapa hidangan ada yang mudah basi bila berada di luar kulkas. Jadi, kalau tidak habis, ya mau tak mau harus dibuang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya sajikan hidangan dalam beberapa tahap. Tunggu sampai makanan hampir habis, baru tambahkan lagi porsi sajiannya.
2. Masukkan sisa makanan ke dalam kulkas sesegera mungkin
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas Foto: Shutterstock
Begitu jamuan makan selesai, segera bereskan hidangan yang masih tersisa. Simpan makanan sisa di dalam wadah kedap udara, dan langsung masukkan ke dalam kulkas atau freezer. Kamu juga bisa menyimpannya ke dalam beberapa wadah, dan bagikan kepada para tamu sebagai buah tangan. Selain bisa mengatasi food waste, kamu juga bisa sekalian berbagi kebahagiaan, bukan?
3. Sajikan hidangan dengan porsi yang sesuai
Makan siang saat Natal
Makan siang saat Natal Foto: Shutterstock
Meski jamuan makan saat Natal menjadi sebuah momen perayaan yang meriah, namun bukan berarti kita harus menyuguhkan makanan dengan porsi berlebihan. Lakukan perhitungan sesuai dengan jumlah tamu yang akan datang dan menyantap makanan kita.
ADVERTISEMENT
Banyak orang yang cenderung menyisakan makanan di piringnya. Untuk itu, pikirkan porsi sajian yang tepat untuk tiap orang. Dengan begitu, mereka bisa tetap menikmati makanan, tanpa harus terpaksa mengunyah makanan meski perut sudah penuh dan kenyang.
4. Pisahkan saus dari hidangan
salad mayonnaise
salad mayonnaise Foto: Shutterstock
Apakah beberapa hidangan yang kamu sajikan membutuhkan saus sebagai pelengkap (salad, gado-gado, atau sate)? Sebaiknya, hidangkan keduanya secara terpisah, dan biarkan para tamu menambahkan sausnya sendiri. Dengan begitu, hidangan jadi tak mudah basi, dan kita bisa menyimpan kembali sayuran atau dagingnya untuk diolah ke esokan harinya.
5. Masak kembali makanan sisa
Ilustrasi makanan sisa
Ilustrasi makanan sisa. Foto: Shutter Stock
Sudah meminimalisasi jumlah hidangan sebisa mungkin, bahkan sudah membaginya ke tetangga atau tamu yang datang, tapi masih saja ada sisanya? Tenang, kamu bisa berkreasi dengan sisa makanan Natal tersebut.
ADVERTISEMENT
Daging yang tak habis, misalnya, bisa dijadikan campuran nasi goreng, isian sandwich, atau sebagai topping pizza. Jangan lupa, simpan makanan sisa tersebut dalam wadah kedap udara, dan kalau perlu letakkan di dalam freezer supaya tetap aman untuk dikonsumsi, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white