kumparan
25 Desember 2019 9:00

Manfaat Kesehatan di Balik 6 Makanan Khas Natal

Ilustrasi makan malam saat Natal
Ilustrasi makan malam saat Natal Foto: dok.shutterstock
Makanan khas Natal sangat beragam, mulai dari sajian pembuka hingga penutup lengkap tersaji di atas satu meja. Ini juga yang membuat kita kangen, dengan santapan khas Natal yang akan semakin nikmat kalau dimakannya bareng keluarga atau orang terkasih lainnya.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya enak, makanan khas Natal juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Mulai dari kalkun panggang sampai puding khas Natal mengandung nutrisi yang baik untuk badan. Apa saja manfaat dari makanan khas Natal? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.
1. Kalkun
Ilustrasi paha kalkun panggang
Ilustrasi paha kalkun panggang Foto: dok.shutterstock
Menurut Australasian Turkey Federation, kalkun adalah sumber protein yang kaya akan niacin, vitamin B6, vitamin B12, seng, dan tryptothan asam amino. Kandungan tersebut bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan psikologis, mendukung penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
2. Kubis brussel
Ilustrasi Kecambah Brussel
Ilustrasi Kecambah Brussel Foto: Shutterstock/Dream79
Sayuran yang mirip kol namun mini ini adalah makanan yang baik untuk diet, bisa mencerahkan kulit, menguatkan tulang, dan menetralkan gula darah. Selain itu, melansir jurnal Institute of Cancer Research, Medical University of Vienna, antioksidan di dalamnya juga membantu menyingkirkan karsinogen yang beracun.
ADVERTISEMENT
3. Kentang
Ilustrasi telur dan kentang panggang
Ilustrasi telur dan kentang panggang Foto: Shutterstock
Ketika pesta Natal, biasanya tersaji kentang panggang yang masih berbalut kulit. Mengonsumsi kentang bersama kulitnya ternyata punya banyak manfaat, lho; seperti mengontrol tekanan darah, memaksimalkan metabolisme tubuh, mencegah anemia, meningkatkan energi, dan kaya serat.
4. Salmon asap
Salmon Carpaccio
Salmon Carpaccio Foto: Adisty Putri Utami/kumparan
Mengutip Net Doctor, salmon asap layak mendapatkan tempat di deretan makanan khas Natal. Sebab, salmon asap kaya akan omega 3, protein, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan otak, dan jantung. Biasanya salmon asap menjadi campuran dalam semangkuk salad segar, atau dijadikan topping roti panggang.
5. Puding Natal
Ilustrasi puding Natal
Ilustrasi puding Natal Foto: dok.shutterstock
Kue kecokelatan ini banyak mengandung rempah dan kacang; ada walnut, almond, pala, dan kayu manis. Dilansir dari Huffington Post, mengonsumsi kacang-kacangan bisa memperpanjang umur, meningkatkan kesehatan usus, menurunkan risiko kanker pankreas, kolesterol, serta gangguan fungsi jantung.
ADVERTISEMENT
Sedangkan rempah-rempahnya, bisa melancarkan pencernaan, membuat tubuh rileks, hingga membuat tidur lebih nyenyak.
6. Yule log
Yule Log Cake.
Yule Log Cake. Foto: Pixabay
Kue berbentuk batang pohon ini pada dasarnya mengandung cokelat, yang bisa meningkatkan hormon serotonin (hormon bahagia). Kandungan phenylethylamine juga dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stress. Enggak heran bukan, kalau yule log berselimutkan cokelat disajikan sebagai dessert saat makan malam Natal.
Itulah beberapa makanan khas Natal yang selain enak ternyata kaya manfaat, yang mana favoritmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan