Food & Travel
·
19 September 2020 15:10

Tips Praktis Memotong Apel Tanpa Kehilangan Banyak Daging Buahnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Praktis Memotong Apel Tanpa Kehilangan Banyak Daging Buahnya (29607)
Ilustrasi memotong apel Foto: Dok.Shutterstock
Buah-buahan seperti apel merupakan pilihan makanan sehat yang cocok disajikan kapan saja; saat sarapan, ngemil, ataupun menjadi bahan dalam hidangan penutup. Terlebih, bulan September merupakan waktu yang tepat untuk memanen maupun mendapatkan stok apel terbaik di supermarket. Apel yang manis dapat membuat pengalaman makan buah menjadi lebih nikmat.
ADVERTISEMENT
Tetapi, tak seperti cara menyajikan buah kebanyakan, kamu agak memerlukan usaha lebih untuk menikmati apel. Apalagi jika tak menyukai tekstur kulitnya yang agak kasar, maka kamu harus mengupasnya terlebih dahulu.
Belum lagi bagi sebagian orang inti apel juga cenderung terlalu keras untuk dipotong. Dilansir The Daily Meal, tips berikut menjadi metode yang selama ini dicari-cari, untuk menyiapkan apel secara tepat.
Tips Praktis Memotong Apel Tanpa Kehilangan Banyak Daging Buahnya (29608)
memotong apel Foto: Shutterstock
Setelah mendapatkan apel, jangan lupa untuk langsung mencuci buah dan mulai mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Untuk mulai mengupas apel, kamu perlu menyiapkan pisau atau alat pengupas.
Jika lebih nyaman dalam menggunakan pisau, mulailah dari bagian atas apel dan iris apel searah jarum jam, bisa ke arah bawah atau mengelilingi apel. Sedangkan, bila menggunakan alat pengupas, mulai juga dari bagian atas apel, dengan catatan arah kupas ke bawah.
ADVERTISEMENT
Setelah mengelupas bagian kulitnya, potonglah batang kecil pada bagian atas dan bawah dengan menggunakan pisau. Kemudian secara vertikal, potong apel menjadi dua bagian, lalu potong lagi menjadi empat bagian apel.
Tips Praktis Memotong Apel Tanpa Kehilangan Banyak Daging Buahnya (29609)
Ilustrasi memotong apel Foto: Dok.Shutterstock
Terakhir tinggal memotong bagian inti apel yang cukup sulit ini. Gunakan pisau untuk memotong inti apel, dan mulailah mengiris inti apel dari arah atas. Dari atas apel, iris ke arah bawah dan potong inti apel membentuk bulan sabit.
Teknik sederhana memotong apel ini akan membuat waktu memasakmu lebih efektif, tanpa harus kehilangan banyak daging buah.
Dengan menghilangkan inti apel, akan lebih enak untuk makan buah ini atau mengkreasikannya menjadi hidangan lain. Metode ini juga dapat kamu terapkan untuk memotong buah yang berinti keras lainnya, seperti pir.
ADVERTISEMENT
Reporter: Natashia Loi