Food & Travel
·
20 Juli 2021 15:12
·
waktu baca 3 menit

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749700)
searchPerbesar
Ilustrasi sate bumbu kecap ketumbar Foto: Dok. Thinkstock
Berbagai macam olahan daging memang tampak menggiurkan. Terlebih bila mendapat daging segar hasil kurban Idul Adha. Agaknya bikin kita tak sabar untuk segera mengolah dan memasaknya jadi ragam sajian yang lezat.
ADVERTISEMENT
Namun, lantaran rasa daging yang gurih dan nikmat membuat banyak orang mudah kalap saking keenakan menyantapnya. Nah, perlu kamu ketahui, makan banyak daging juga tidak baik bagi kesehatan. Meski daging umumnya tinggi protein, tetapi terlalu banyak dan sering mendapat asupan daging dapat menimbun lemak serta kolesterol jahat.
Oleh karenanya, sebisa mungkin batasi porsi sajian daging tersebut. Sempatkan juga untuk mengonsumsi minuman sehat yang kaya serat, nutrisi, dan vitamin supaya mencegah kandungan lemak atau kolesterol jahat meningkat dalam tubuh.
Supaya kamu bisa mengantisipasi akan risiko satu ini, kumparanFOOD punya beberapa rekomendasi minuman sehat yang dapat kamu konsumsi sehabis makan banyak daging. Beberapa minuman berikut juga bisa menjadi penetralisir bagi tubuh. Apa saja, ya kira-kira?
ADVERTISEMENT

1. Teh hijau

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749701)
searchPerbesar
Ilustrasi teh hijau. Foto: Shutterstock
Secangkir teh hijau yang aromatik membantu menetralisir lemak di tubuh. Apalagi setelah makan daging yang bisa menambah asupan lemak. Maka dari itu, salah satu cara menetralkan kembali lemak tersebut kamu bisa coba konsumsi teh hijau.
Beberapa studi penelitian telah menyatakan teh hijau sebagai minuman kaya antioksidan. Adanya kandungan tersebut, memudahkan tubuh membuang lemak menumpuk, serta meningkatkan metabolisme pencernaan. Setidaknya, bila kamu makan seporsi olahan daging kambing maupun sapi, sempatkan menenggak 200 mililiter teh hijau biar lemak tidak menumpuk.

2. Minuman rempah

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749702)
searchPerbesar
Minuman Jahe, kunyit, dan serai Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ragam jenis minuman rempah ringan dikenal sebagai obat herbal alami. Misalnya, air jahe dan kunyit. Keduanya sangat cocok dikonsumsi setelah banyak makan olahan daging.
Hal ini didukung lantaran rempah tersebut punya zat fitonutrien serta kurkumin yang melimpah. Seperti pada air kunyit, dalam studi Indian Journal of Physiology and Pharmacology, dijelaskan konsumsi 500 gram kurkumin bisa menurunkan kolesterol jahat akibat makan daging. Begitu pun dengan air jahe, kadar lemak berlebih bisa dibasmi dengan mengonsumsi segelas air rebusan jahe.
ADVERTISEMENT

3. Jus jeruk

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749703)
searchPerbesar
Jus jeruk Foto: Thinkstock
Digemari karena kesegarannya, ternyata jus jeruk punya segudang manfaat baik untuk tubuh, lho. Jika kamu penggemar jus jeruk, maka sebaiknya pertahankan kebiasaan minum segelas jus satu ini, ya. Pasalnya, jeruk bisa mengurangi kadar kolesterol dan melarutkan lemak tubuh.
Seorang peneliti asal University of Nebraska Amerika Serikat, Jidong Sun, percaya akan kandungan d-limone jeruk yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kritis. Mulai dari jantung sampai kanker payudara. Adanya d-limone ditambah vitamin C membuat tingkat lemak maupun kolesterol bisa cepat terbuang, terlebih saat kita selesai mengonsumsi daging.

4. Jus jambu biji

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749704)
searchPerbesar
Ilustrasi jus jambu Foto: dok.shutterstock
Meminum jus ini seusai menyantap daging merupakan pilihan yang tepat. Lantaran, serat jambu biji dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
ADVERTISEMENT
Minum segelas jus jambu atau makan buahnya langsung, tubuh sudah mendapat 8,9 gram serat baik. Belum lagi ditambah dengan vitamin serta mineralnya. Semua kandungan itu dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga penyakit jantung pun bisa dicegah.

5. Jus apel

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749705)
searchPerbesar
Ilustrasi Jus Apel Foto: Shutterstock/Markus Mainka
Satu lagi, jus buah yang juga ampuh menetralisir dan membuang lemak jahat dalam tubuh, yakni jus apel. Jus segar nan manis ini dinilai tinggi pektin, sejenis serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Tak hanya itu, jurnal University of Reading yang diterbitkan tahun 2015 mengungkap rutin minum jus apel membantu mencegah risiko penyakit jantung. Polifenol atau antioksidan apel pun mendukung dalam mengurangi peradangan di tubuh. Jadi, bukan cuma enak, efek lainnya yang diperoleh dari jus apel juga bisa membantu tubuh terhindar dari serangan penyakit berbahaya.
ADVERTISEMENT

6. Teh serai

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749706)
searchPerbesar
Serai Foto: flickr/ Yusuke Morita
Selain teh hijau, kombinasi minuman yang cocok membilas lemak jahat usai makan daging adalah teh serai. Ya, teh serai terbukti akan manfaatnya dalam mengurangi kolesterol serta lemak menumpuk pada tubuh.
Jurnal Food and Chemical Toxicology tahun 2011 menemukan kandungan teh serai yang ampuh turunkan kolesterol; yakni anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia. Konsumsi teh serai juga dapat melancarkan aliran darah sehingga bantu meminimalisasi risiko penyakit jantung.

7. Air mentimun

Usai Banyak Makan Daging, Coba 7 Minuman Ini untuk Menetralisir Lemak di Tubuh (749707)
searchPerbesar
Infused water lemon dan mentimun Foto: dok.Unsplash
Minuman sehat lainnya yang berguna membasmi lemak daging dalam tubuh adalah air mentimun. Minumlah dalam bentuk infused water agar lebih sehat. Cara membuatnya cukup mudah, hanya potong mentimun menjadi irisan tipis, lalu tambahkan air dingin atau air hangat.
Minum air mentimun ini diyakini mampu menurunkan tekanan darah akibat kolesterol maupun lemak jahat. Jurnal yang diterbitkan American Heart Association juga menyatakan kalau minuman satu ini kaya akan sodium dan antioksidan. Kandungan itu mampu mencegah lonjakan kolesterol sampai risiko penyakit degeneratif.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020