kumparan
16 September 2018 15:01

Warung Liku, Spesialis Nasi Ayam Khas Bali

Nasi Campur Bali
Nasi Campur Bali (Foto: Azalia Amadea/ kumparan)
Bukan hanya sekedar wisata alamnya yang menarik, kuliner khas Pulau Dewata juga patut untuk dikulik. Bali memiliki makanan khas yang dikenal kaya rempah sehingga bisa membuat ketagihan. Salah satunya adalah nasi campur ayam atau yang dikenal nasi ayam.
ADVERTISEMENT
Ya, Bali memang memiliki sajian ayam khas yaitu ayam betutu. Kata betutu berasal dari kata ‘tunu’ berarti bakar dan ‘be’ berarti daging. Sesuai arti dari namanya, maka sajian ayam betutu adalah ayam bakar, hanya saja yang membedakan adalah penggunaan bumbunya.
Masakan Bali dikenal dengan kaya rempah yang terdiri dari 15 jenis atau yang disebut dengan base genep (bumbu genep). Dalam pembuatan ayam betutu pun menggunakan kelima belas bumbu itu sehingga cita rasanya sangat kaya.
Suasana Warung Liku Bali
Suasana Warung Liku Bali (Foto: Azalia Amadea/ kumparan)
Ayam betutu seperti ini bisa kamu temukan di Warung Liku yang berlokasi di Jalan Nakula, Legian, Bali. Dalam seporsi Nasi Campur Bali seharga Rp 15 ribu itu kamu bisa menikmati nasi putih dengan sekitar 5 jenis lauk.
ADVERTISEMENT
Saat sedang mampir ke Warung Liku, kumparanFOOD hanya dapat menikmati seporsi nasi campur dengan 4 jenis lauk saja. Karena memang, kami datang sudah cukup sore sehingga biasanya Warung Liku ramai diserbu pengunjung saat makan siang.
Suasana Warung Liku Bali
Suasana Warung Liku Bali (Foto: Azalia Amadea/ kumparan)
Meski kurang lengkap, namun nasi campur ini masih membuat kami lahap menyantapnya. Bagaimana tidak? Suwiran ayam betutunya begitu kaya rasa mulai dari gurih, asin, hingga rasa rempah yang meresap sempurna ke dalam daging ayam nan lembut. Ditambah dengan sayur kacang panjang yang segar, keripik kentang serta sambal matah pedas semakin terasa lezat.
Tak terasa, suapan demi suapan habis kami nikmati. Di tempat makan tradisional ini kamu juga bisa memesan ayam betutu per ekor yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Bali. Ayam betutu per ekor ini dihargai Rp 75 ribu.
Nasi Campur Bali
Nasi Campur Bali (Foto: Azalia Amadea/ kumparan)
Nah, bagi kamu yang berminat, tempat makan ini buka mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WITA. Namun kami sarankan, agar datang tidak terlalu siang karena bisa saja nasi ayam yang kamu pesan tidak berlauk lengkap. Bahkan saking ramainya, terkadang Warung Liku bisa tutup lebih awal karena semua lauknya sudah habis.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik mencicipi makanan khas Bali satu ini?
Warung Liku Alamat: Jl. Nakula No.19A, Legian, Kuta, Bali Jam buka: 09.00 - 15.00 WITA Telepon: 0361 - 463119
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan