LSF Ungkap Film Kiblat Belum Lulus Sensor

25 Maret 2024 14:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
7
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Poster film Kiblat. Foto: Instagram/leopicturesofficial_.
zoom-in-whitePerbesar
Poster film Kiblat. Foto: Instagram/leopicturesofficial_.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia memastikan bahwa film Kiblat yang diproduksi Leo Pictures belum lulus sensor. Wakil Ketua LSF, Ervan Ismail, menyebut beberapa materi dalam film tersebut dinyatakan belum lulus dalam tahap peninjauan, sehingga harus dikembalikan kepada rumah produksi.
ADVERTISEMENT
"Film Kiblat secara utuh, sampai hari ini, belum ada surat tanda lulus sensor. Pernah masuk, produser Kiblat minta LSF meninjau. Dan setelah kami tinjau, film itu kami kembalikan, dengan catatan tertentu. Tapi belum dikembalikan ke kami lagi," kata Ervan dihubungi kumparan, Senin (25/3).
Ervan memastikan, LSF hanya menyatakan lulus sensor terhadap materi promosi film Kiblat berupa trailer dan poster.
"Ada dua yang lagi dibincangkan. Pertama, poster film Kiblat itu sendiri. Itu yang gambarnya ada seorang wanita seperti rukuk. Kedua adalah trailer, itu iklan film yang berisi potongan adegan dalam Kiblat itu sendiri," tutur Ervan.
"Poin satu dan dua sudah ada tanda lulus sensor. Kalau satu dan dua itu kan terkait promosi. Itu diluncurkan PH sebelum film itu ditayangkan. Sementara, filmnya sendiri sampai hari ini belum masuk ke LSF lagi," lanjutnya.
Poster film Kiblat. Foto: Instagram/leopicturesofficial_.

Poster dan Trailer Film Kiblat Undang perdebatan

Poster dan trailer film Kiblat sempat ramai diprotes di berbagai platform media sosial. Film tersebut panen kritik karena disebut-sebut menggunakan agama sebagai lambang yang menakutkan.
ADVERTISEMENT
Oleh karenanya, Leo Pictures menarik materi trailer dan poster kiblat di berbagai platform.
Jika diperhatikan sepintas, poster film Kiblat memang menyeramkan. Seorang wanita mengenakan atribut salat digambarkan sedang Rukuk atau membungkuk.
Namun, wajah wanita itu menghadap ke atap. Jadi dia terlihat rukuk dalam keadaan kayang.

Twist yang Mengundang Perdebatan

Selain materi promosi berupa trailer dan poster, sinopsis cerita Kiblat juga sangat mengerikan.
Aspek agama sangat ditonjolkan, terlebih kesesatan yang ditimbulkan dari ayah tokoh utama.
"Perjalanan seorang anak perempuan untuk kembali ke jalan yang benar, jalan yang diridai Allah SWT. Dia menyadari bahwa bapak yang tak pernah mengasuhnya adalah seseorang yang mengajarkan kesesatan yang akan menjauhkan dia dari kiblat yang sebenarnya," tulis keterangan di poster Kiblat.
ADVERTISEMENT
Bekerja sama dengan Legacy Pictures dan 786 Production, film Kiblat dikabarkan akan tayang pada tahun ini, namun belum ada tanggal pasti penayangannya.