kumparan
8 Juni 2018 11:07

5 Aktor Era 1990-an yang Masih Bersinar

Aktor yang eksis tahun 1990-an (Foto: DN Mustikasari/kumparan, Munady Widjaja, Instagram @adam_jordanreal)
Tahun 1990-an bisa dikatakan menjadi era di mana dunia sinetron di Indonesia sedang bangkit. Setiap stasiun televisi berlomba-lomba menciptakan sinetron terbaik versi mereka masing-masing.
ADVERTISEMENT
Selain jalan ceritanya yang menarik, kehadiran para aktor dan aktris yang rupawan menjadi daya pikat tersendiri bagi para penggila sinetron di Tanah Air.
Meskipun sudah lebih dari 20 tahun berlalu, namun sederet aktor yang eksis di masa itu, masih tetap bersinar pula di zaman sekarang. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini, ya.
1. Ari Wibowo
Ari Wibowo di sinetron Tersanjung (Foto: YouTube)
Ari Wibowo memulai kariernya di industri hiburan sejak tahun 1987. Kala itu, usianya baru 17 tahun. Ia kerap membintangi sejumlah film layar lebar, dan juga sinetron di TV.
Debut film layar lebar pertamanya berjudul 'Valentine' (1989). Saat itu, Ari langsung mendapat peran utama sebagai Valen dalam film garapan Bobby Sandy tersebut. Ia dipasangkan dengan sederet pemain remaja yang sudah cukup populer kala itu, seperti Sophia Latjuba, Dian Nitami, dan Thomas Djorgi.
Ari Wibowo (Foto: Instagram @ariwibowo_official)
Beberapa film lain yang dibintangi Ari antara lain adalah 'Pengantin' (1990), 'Aku Rindu' (1991), 'Pesta' (1992), dan 'Si Manis Jembatan Ancol' (1993). Ketika industri film sempat mati, kakak kandung Ira Wibowo ini pun beralih menjadi bintang sinetron.
ADVERTISEMENT
Sederet sinetron yang dibintanginya adalah 'Deri Debu', 'Tersanjung', dan 'Harga Diri'. Hingga saat ini, Ari masih tetap aktif di dunia hiburan, baik sebagai pemain film layar lebar ataupun sinetron.
Film terakhir yang dibintanginya adalah 'Multiverse: The 13th Step' (2017), dan beberapa sinetron yang diperankannya adalah 'Detak Cinta', 'Rain', dan 'Anak Menteng'.
2. Jeremy Thomas
Jeremy Thomas di sinetron Takdir. (Foto: Youtube)
Jeremy Thomas mulai menjajaki dunia hiburan sejak tahun 1993. Ia mengawali kariernya sebagai seorang model. Pada masanya, penampilan Jeremy identik dengan rambut pendek klimis, dan bagian kumis serta dagunya ditumbuhi rambut-rambut tipis.
Namanya mulai bersinar ketika membintangi sinetron 'Takdir' dan 'Tersanjung'. Hingga saat ini, terhitung lebih dari 20 sinetron yang pernah dimainkan olehnya.
Pesinetron Jeremy Thomas (Foto: Munady)
Meski begitu, aktor berusia 47 tahun tersebut juga pernah menjajal akting dalam film layar lebar. Beberapa film yang ia bintangi antara lain adalah 'Rintihan Gadis Genit' (2001), 'DIVA' (2007), 'Tiger Boy' (2015), 'Ten - The Secret Mission' (2017).
ADVERTISEMENT
Saat ini, Jeremy juga masih aktif di dunia hiburan dan menggeluti bidang bisnis. Kedua anaknya, Axel Matthew Thomas dan Valerie Thomas, pun mulai mengikuti jejaknya sebagai seorang pemain film.
3. Adam Jordan
Adam Jordan lagi telepon di 'Tersanjung' (Foto: YouTube)
Sebelum menjadi pemain sinetron, pemilik nama lengkap Awab Adam Jordan ini sempat menjadi bintang iklan terlebih dulu. Kemudian, pada tahun 1994, aktor berdarah Arab ini mendapat tawaran untuk bermain dalam sinetron 'Buana Jaka II'.
Setelah itu, pria yang kini berusia 47 tahun tersebut mulai mendapatkan banyak tawaran bermain sinetron. Beberapa di antaranya yaitu 'Tersanjung', 'Angin Tak Dapat Membaca', 'Janjiku', dan 'Boneka Poppy'. Hingga saat ini, ia sudah membintangi lebih dari 25 sinetron.
Saat ini, Adam sedang membintangi sinetron 'Siapa Takut Jatuh Cinta Reborn'. Ia dipasangkan dengan sederet pemain remaja seperti Natasha Wilona, Verrell Bramasta, dan Bryan Domani.
ADVERTISEMENT
4. Anjasmara
Anjasmara sebagai Cecep (Foto: YouTube)
Anjasmara mengawali kariernya sebagai seorang model di awal tahun 1990-an. Namanya kemudian melesat naik setelah membintangi sinetron 'Romi dan Juli' bersama dengan sang istri, Dian Nitami, yang dulu masih menjadi kekasihnya.
Berbagai macam karakter pernah diperankan oleh pemilik nama lengkap Anjasmara Prasetya ini. Namun salah satu karakternya yang paling terkenal adalah ketika menjadi Cecep, laki-laki polos dan memiliki keterbelakangan mental dalam sinetron 'Wah Cantiknya'.
Berkat aktingnya di sinetron tersebut, ia berhasil dinobatkan menjadi 'Aktor Terpopuler' di ajang penghargaan SCTV Awards.
Saat ini, Anjasmara memang sudah mulai mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Ia lebih fokus menjadi seorang instruktur yoga. Walau begitu, ia tetap membintangi sejumlah sinetron seperti 'Anugerah', 'Anak Langit', dan 'Berkah'.
ADVERTISEMENT
5. Gunawan Sudrajat
Artis Indonesia Gunawan Sudrajat. (Foto: @lala_gunawan)
Yang terakhir adalah Gunawan Sudrajat. Mantan suami Paramitha Rusady ini juga mengawali kariernya sebagai seorang model. Namun kemudian, ia memilih untuk lebih fokus berkarier di dunia akting.
Namanya mulai booming setelah membintangi sinetron 'Air Mata Ibu', yang dilanjutkan dengan beberapa penampilannya di beberapa sinetron lain seperti 'Detektif Melayu', 'Suamiku', dan 'Ratapan Anak Tiri'.
Gunawan juga pernah bermain di sejumlah film layar lebar seperti 'Liar', 'Pinky Promise', dan 'Meet Me After Sunset'. Beberapa waktu lalu, Gunawan sempat terlibat kecelakaan yang membuat kakinya nyaris diamputasi.
Kecelakaan yang dialami Gunawan sekitar 2 tahun lalu itu terjadi ketika tengah mengikuti touring motor bersama rekan-rekannya sebanyak 27 motor. Ketika dalam perjalanan di daerah Lasem, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, motor yang dikendarai menimpa kaki dan menyebabkan tulang kaki kirinya patah.
Gunawan Sudrajat ketika kakinya mengalami infeksi. (Foto: @lala_gunawan)
"Ternyata infeksinya sudah sampai paha. Waktu itu sempet ada resiko akan diamputasi, kalau kita nggak cepet ambil tindakan," kata istri Gunawan, Sybilla Ernova Hartoto, saat dihubungi kumparan pada Januari 2017.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, pria berusia 45 tahun ini tetap aktif di dunia hiburan. Sederet sinetron yang dibintangi Gunawan selama beberapa waktu belakangan ini antara lain adalah 'ABG Genit', 'Bastian Steel Bukan Cowok Biasa', dan 'Jodoh Wasiat Bapak'.
Dari sinetron aktor 1990-an di atas, siapa yang menjadi favoritmu? Tulis jawabannya di bawah ini, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan