Entertainment
·
28 Agustus 2019 14:58

5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348401)
searchPerbesar
Film-film Makoto Shinkai Foto: Grafik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Film terbaru Makoto Shinkai, 'Weathering With You' atau 'Tenki no Ko', tayang di bioskop-bioskop Indonesia sejak 21 Agustus lalu. Film ini bercerita tentang pertemuan cowok bernama Hodaka Morishima dengan Hina Amano, cewek yang bisa menghentikan hujan dan membuat langit kembali cerah hanya dengan berdoa.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang suka menonton film-film Shinkai, filmmaker berumur 46 tahun itu punya ciri khas dalam menggambarkan suasana di setiap filmnya. Pemandangan kota di Jepang hingga langit di kala senja digambarkan dengan sangat cantik dengan pemilihan warna yang membuat mata teduh.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348402)
searchPerbesar
Makoto Shinkai. Foto: AFP/BERTRAND GUAY
Jalan cerita film-filmnya juga tidak biasa dan kebanyakan mengharukan. Hal ini membuat film-film ciptaan Shinkai menjadi favorit banyak orang hingga bersaing dengan anime-anime lain yang juga tak kalah terkenal, seperti 'Spirited Away' dan 'Howl's Moving Castle dari Studio Ghibli serta 'A Silent Voice' dan 'Violet Evergarden the Movie' dari Kyoto Animation.
Selain 'Weathering With You', Makoto Shinkai pernah membuat film-film lain yang membuat hati gundah gulana. Berikut daftarnya.
ADVERTISEMENT
  1. The Place Promised in Our Early Days (Kumo no Mukō, Yakusoku no Basho)
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348403)
searchPerbesar
Adegan film 'The Place Promised in Our Early Days' Foto: IMDb
'The Place Promised in Our Early Days' adalah debut pertama Shinkai di industri anime layar lebar. Tayang tahun 2004, film ini bercerita tentang tiga sahabat bernama Hiroki, Takuya, dan Sayuri di era setelah Perang Dunia II terjadi.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348404)
searchPerbesar
Adegan film 'The Place Promised in Our Early Days' Foto: IMDb
Ketiganya penasaran dengan kehadiran sebuah menara di Hokkaido yang dibangun oleh Union (Uni Soviet). Mereka pun berjanji akan mengunjungi menara tersebut bersama-sama suatu saat nanti. Namun, sebelum janji tersebut terealisasi, Sayuri menghilang secara misterius.
  1. 5 Centimeters Per Second (Byōsoku Go Senchimētoru)
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348405)
searchPerbesar
Adegan film '5 Centimeters Per Second' Foto: IMDb
Film yang tayang tahun 2007 ini mengambil latar tahun '90-an hingga 2008 di Jepang, kala teknologi komunikasi belum secanggih sekarang.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348406)
searchPerbesar
Adegan film '5 Centimeters Per Second' Foto: IMDb
Film ini menghadirkan tiga episode, yakni 'Cherry Blossom', 'Cosmonaut', dan '5 Centimeters per Second' yang berpusat pada kehidupan asmara seorang cowok bernama Takaki Tōno.
ADVERTISEMENT
Takaki diceritakan memiliki hubungan spesial dengan gadis bernama Akari Shinohara. Namun, mereka harus berpisah karena keduanya pindah ke kota yang berbeda.
  1. Children Who Chase Lost Voices (Hoshi wo Ou Kodomo)
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348407)
searchPerbesar
Adegan film 'Children Who Chase Lost Voices' Foto: IMDb
Asuna Watase adalah anak SD yang dipaksa keadaan untuk tumbuh dewasa sejak ayahnya meninggal. Dia menghabiskan hari-harinya mendengarkan musik misterius yang berasal dari radio peninggalan ayahnya bersama kucing peliharaannya, Mimi.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348408)
searchPerbesar
Adegan film 'Children Who Chase Lost Voices' Foto: IMDb
Suatu hari, Asuna diserang oleh seekor mahkluk. Dia diselamatkan oleh cowok bernama Shun yang mengaku datang dari sebuah negara bernama Agartha. Namun, keesokan harinya, ibunda Asuna mengatakan bahwa di sungai dekat kediaman mereka, ditemukan mayat seorang anak laki-laki yang diduga adalah Shun.
  1. The Garden of Words (Kotonoha no Niwa)
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348409)
searchPerbesar
Adegan film 'The Garden of Words' Foto: IMDb
'The Garden of Words' menceritakan tentang hubungan seorang cowok berusia 15 tahun yang bernama Takao Akizuki dengan Yukari Yukino, seorang guru berusia 27 tahun.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348410)
searchPerbesar
Adegan film 'The Garden of Words' Foto: IMDb
Keduanya selalu bertemu di sebuah taman di kawasan Shinjuku, Tokyo, saat musim hujan. Awalnya, Takao sibuk menggambar sketsa desain sepatu yang merupakan kegemarannya, dan Yukari memilih untuk menikmati hujan sambil minum bir dan makan cokelat, keduanya akhirnya berbincang hingga timbul rasa suka.
ADVERTISEMENT
  1. Your Name (Kimi no Na Wa)
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348411)
searchPerbesar
Adegan film 'Your Name' Foto: IMDb
Ini adalah film Shinkai yang paling terkenal. 'Your Name' berkisah tentang cewek bernama Mitsuha Miyamizu yang bertukar jiwa dengan cowok bernama Taki Tachibana. Keadaan menjadi semakin membingungkan karena keduanya tinggal di tempat yang berbeda. Mitsuha tinggal di daerah pegunungan, sedangkan Taki di Tokyo.
Keduanya berusaha untuk bertemu dengan mencari tahu satu sama lain dan mencoba beragam komunikasi. Ternyata, hubungan mereka tidak semudah itu karena keduanya berada di zaman yang berbeda.
5 Film Makoto Shinkai yang Bikin Galau Selain 'Weathering With You' (348412)
searchPerbesar
Adegan film 'Your Name' Foto: IMDb
Meski 'Your Name' adalah film Shinkai yang terlaris, 'Weathering With You' telah mengalahkan pamor film yang satu itu.
Dilansir Anime News Network, 'Weathering With You' telah melampaui pendapatan film 'Your Name' di tiga hari pertama penayangan. 'Weathering With You' dikabarkan meraup 1,6 miliar yen atau sekitar 221 miliar rupiah, sedangkah 'Your Name' mendapatkan 1,2 miliar yen atau Rp 172 miliar.
ADVERTISEMENT