kumparan
11 November 2019 15:50

5 Hal soal Claudia Emmanuela Santoso, Juara 'The Voice of Germany'

Claudia Emmanuela Santoso, POTRAIT
Claudia Emmanuela Santoso, Pemenang The Voice Germany. Foto: Instagram/@audi_emmanuela
Nama Claudia Emmanuela Santoso jadi topik yang banyak dibicarakan pada hari ini, Senin (11/11). Bagaimana tidak, Claudia menjadi orang Indonesia bahkan Asia pertama yang berhasil menjuarai The Voice of Germany, sebuah ajang pencarian bakat internasional .
ADVERTISEMENT
"Selamat! Claudia Emmanuela Santoso memenangkan musim ke-9 The Voice of Germany dan dengan itu #SEATarona baru! #SEATsounds," tulis akun resmi Instagram The Voice Germany, seperti dilihat kumparan, Senin (11/11).
Perhatian masyarakat sejatinya sudah mengarah ke gadis kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 27 Oktober 2000 ini sejak tahapan audisi.
Tepatnya saat tampil di babak blind audition, ia membawakan lagu 'Never Enough' yang menjadi soundtrack film 'The Greatest Showman'. Hasilnya, empat orang juri dan penonton terpukau hingga memberikan standing applause.
Seperti apa perjalanan dan bagaimana sebenarnya sosok Claudia Emmanuela Santoso?
  1. Ikut kompetisi menyanyi sejak kecil
Loading Instagram...
Dunia musik memang sudah menjadi ketertarikan Claudia Emmanuela Santoso sejak kecil. Maka tak ayal, kompetisi bernyanyi sudah banyak diikuti anak dari pasangan Indra Gunawan Santoso dan Christin Gunawan ini.
ADVERTISEMENT
Ia suka ikut bernyanyi di berbagai ajang kompetisi di Kota Cirebon. Bahkan ia juga sering mewakili sekolahnya SMA BPK Penabur Cirebon di berbagai ajang.
Tidak cuma kompetisi menyanyi lokal, Claudia juga ikut dalam kompetisi nasional yang ditayangkan di televisi. Seperti tahun 2011 kala ia berhasil lolos audisi 'Idola Cilik'. Namun sayang ia hanya bisa berhasil menembus babak 20 besar.
Sementara di tahun 2014, Claudia Emmanuela Santoso mengikuti ajang Mamamia. Di ajang itu, Claudia menunjukkan kemampuannya bernyanyi yang kemudian mendapat penilaian dari juri.
Salah satu juri yang bertindak waktu itu adalah pedangdut Saipul Jamil. Dalam penilaiannya waktu itu, Bang Ipul--sapaan akrab Saipul Jamil-- mengatakan suara yang dimiliki Claudia memang bagus.
ADVERTISEMENT
Namun tidak ditunjang dengan gaya yang luwes. Menurut Saipul Jamil, pembawaan Claudia terlalu kaku.
  1. Suka cover lagu di sosial media
Claudia Emmanuela Santoso
Claudia Emmanuela Santoso, Pemenang The Voice Germany. Foto: Instagram/@audi_emmanuela
Layaknya generasi milenial, sosial media tak luput menjadi ruang bagi Claudia Emmanuela Santoso untuk menunjukkan eksistensinya. Karenanya kita akan dengan mudah melihat deretan video yang diunggah Claudia saat ia meng-cover lagu orang.
Meski tidak menggunakan alat seperti yang digunakan para youtuber berkelas, namun suaranya yang 'jernih' sudah menjadi modal yang kuat bagi Claudia untuk 'Pede' mengunggahnya di media sosial.
Seperti saat ia meng-cover lagu 'Officially Missing You' milik Tamia. Meski karakter suaranya tak "seberat" Tamia, namun tak mengubah kenyamanan kita saat menempelkan earphone ke telinga.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Tidak cuma lagu-lagu luar, Claudia juga kerap meng-cover lagu-lagu Indonesia. Bahkan lebih spesifik lagi, Claudia suka meng-cover lagu pop daerah.
"Karena kalau sa su bilang, sa tra kan berpindah karena sa su sayang"
Itu adalah penggalan lirik dari lagu berjudul "Karna Su Sayang" yang memang terkenal. Coba deh lihat gimana cara Claudia bernyanyi, dijamin bakal bikin "dalam" lagi merasakan arti liriknya.
Loading Instagram...
  1. Gadis yang mandiri
Loading Instagram...
Lulus dari SMA Kristen BPK Penabur Cirebon, Claudia Emmanuela Santoso memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman. Ini pula yang kemudian membuka jalan Claudia mengikuti ajang The Voice of Germany 2019.
Saat ini Claudia yang juga penggemar drama korea belajar di Ludwig Maximillian University of Munich, Jerman.
ADVERTISEMENT
Sebagai anak rantau, Claudia adalah seseorang yang mandiri. Seperti yang dilihat dalam salah satu vlog yang diunggah di kanal YouTube miliknya.
Video
Ia membagikan kesehariannya sebagai seorang pelajar, mulai dari bangun pagi, bersiap diri pergi ke kampus, belajar dan kembali lagi ke apartemennya.
Ia juga memasak sendiri makanan, meski masakan sederhana seperti sayur sup.
Claudia juga suka membersihkan apartemennya sendiri, dan dilanjutkan belajar di malam hari.
  1. Curi perhatian dan didukung selebritis tanah air
Loading Instagram...
Perjalanan Claudia Emmanuela Santoso ke The of Voice Germany 2019 sebenarnya bermula dari sebuah kegagalan. Ya, kala itu, Claudia gagal dalam tes masuk perguruan tinggi di Jerman pada musim panas semester lalu. Ia baru boleh melakukan ujian ulang di semester musim dingin.
ADVERTISEMENT
Di sinilah perjalanan Claudia Emmanuela Santoso dimulai. Sambil menunggu jeda waktu ujian, ia mengikuti ajang The Voice of Germany.
Claudia yang ikut audisi di kota Muenchen harus bersaing dengan 1.500 orang lainnya. Meski akhirnya lolos, tidak mudah bagi Claudia untuk bersaing. Banyak hal yang mempengaruhinya.
Namun ia mendapat banyak dukungan. Terlebih saat videonya di blind audition viral, dukungan semakin banyak ia dapatkan. Termasuk dari kalangan selebriti tanah air.
Baim Wong salah satunya yang mengunggah video Claudia di akun instagramnya. "Membanggakan, bagus banget. Pas saya nonton langsung akhirnya tahu IG dia dan Alhamdulillah, jadi viral," ungkap Baim dalam sebuah wawancara.
Tidak cuma Baim, dukungan juga pernah disampaikan oleh Rossa serta Hotman Paris Hutapea.
ADVERTISEMENT
  1. Jadi juara The Voice of Germany 2019 dengan selisih suara yang jauh
Loading Instagram...
Claudia Emmanuela Santoso berhasil menjadi juara. Ini tentu jadi pencapaian yang begitu besar. Claudia menjadi orang Indonesia pertama, bahkan Asia, yang menjuarai ajang The Voice of Germany.
Yang lebih membanggakan lagi, Claudia Emmanuela Santoso yang membawakan lagu 'I Have Nothing' dari Whitney Houston menang dengan dukungan suara yang besar. Perbedaan suara dengan empat finalis lainnya begitu jauh.
Video
Claudia Emmanuela Santoso menjadi juara The Voice of Germany season ke-9 dengan voting sebesar 46,39 persen. Jauh di atas peringkat kedua, Erwin Kintop dengan 17,36 persen.
Dukungan dan ucapan selamat dari masyarakat tanah air pun bermunculan.
ADVERTISEMENT
Selamat Claudia Emmanuela Santoso!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan