Entertainment
·
4 Desember 2017 9:34

5 Musisi yang Dijadikan Nama Jalan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Musisi yang Dijadikan Nama Jalan (1156)
Rihanna, Sam Cooke, Frank Sinatra, dan Dave Grohl (Foto: AFP/Angela Weiss, Patricia De Melo Moreira, Sharon Guynup, Wikimedia Commons)
​Menghargai dan mengapresiasi seorang publik figur, salah satunya adalah musisi, dapat dilakukan dengan berbagai cara. ​Kita bisa menjadi fanatik dengan suatu band atau solois, mengunjungi setiap panggung mereka, membeli hasil rekaman mereka, atau bahkan mengenakan merchandise resmi yang dijual.
ADVERTISEMENT
Tapi, sepertinya hal itu tidak cukup. Maka, banyak musisi yang diberikan suatu penghormatan. Caranya adalah mengubah nama sebuah jalan raya menjadi nama seorang musisi. Ini tentu adalah sebuah penghargaan atas sumbangsih yang telah mereka berikan kepada dunia.
Kumparan (kumparan.com) membuat sebuah daftar atas lima nama musisi yang dijadikan nama jalan. Berikut daftarnya.
1. Dave Grohl Alley, Warren, Ohio, Amerika Serikat
Tentu saja nama Dave Grohl sudah tidak asing lagi bagi para penikmat musik keras. Grohl tidak hanya mewakili satu band, tapi dua band sekaligus. Namanya mewakili Foo Fighters dan tentu saja mantan band legendarisnya, Nirvana.
Dave Grohl Alley disematkan pada bulan Agustus 2009 lalu.​ N​amanya terpajang di suatu jalan untuk mengingat bahwa kota Warren adalah kota kelahiran musisi berusia 48 tahun itu. ​Yang spesial dari jalan ini adalah, Dave Grohl Alley dipenuhi mural yang dibuat oleh artis lokal dan didedikasikan kepada ​pelantun 'Learn to Fly' itu.
ADVERTISEMENT
​2. Korn Row, Bakersfield, California, Amerika Serikat​
​Kali ini nama jalan didedikasikan kepada band beraliran nu metal, Korn. Jalan itu diberi nama Korn Row yang bertempat di sebuah kota bernama Bakersfield, California, Amerika Serikat.
Kembali ke medio 2006, kota Bakersfield meresmikan nama jalan tersebut di hari jadi Korn. Bakersfield dipilih karena merupakan kampung halaman band yang terkenal lewat lagu 'Freak on A Leash' itu.
3. Frank Sinatra Drive, Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat
Frank Sinatra Drive yang berada di kota Hoboken, New Jersey, dibangun sekitar tahun 1970-an akhir. Ini tentu didedikasikan kepada pelantun 'Fly Me to The Moon' atas pengaruhnya sebagai salah satu musisi paling legendaris di abad 20.
Selain nama jalan, Hoboken juga membangun sebuah taman bernama Frank Sinatra Park yang diresmikan pada tahun 1998, tahun yang sama dengan tahun kematian Sinatra. Taman ini juga bertujuan untuk menghormati karya-karya Sinatra yang tak lekang oleh waktu.
ADVERTISEMENT
4. Sam Cooke Way, Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Video
Ada satu lagi musisi beraliran soul yang dibuat nama jalan. Kali ini adalah penyanyi/pencipta lagu Sam Cooke yang nama jalannya berdiri kokoh di Chicago, Illinois.
Walaupun Cooke sudah wafat sejak tahun 1964 silam, Sam Cooke Way baru diresmikan pada bulan Juni 2011 lalu. Pemilihan jalan ini juga karena lokasi tersebut dipercaya sebagai tempat nongkrong Cooke dulu.
5. Rihanna Drive, Barbados
Tepat pada Hari Kemerdekaan Barbados, pemerintah negara tersebut menyematkan suatu tempat di mana Rihanna lahir sebagai Rihanna Drive. Pelantun Umbrella itu memang dikenal sudah menjadi ambassador untuk negaranya ini.
Tahun lalu, dalam acara Hari Kemerdekaan Barbados, Rihanna hadir bersama Pangeran Harry, dalam rangka menyebarkan kesadaran tentang bahaya HIV/AIDS. Kemudian tahun ini, Rihanna kembali hadir di tengah hujan lebat untuk peresmian jalan dengan namanya itu.
ADVERTISEMENT