kumparan
10 Juni 2018 12:07

5 Pemain Sinetron yang Gemar Berdakwah

Teuku Wisnu, Oki Setiana Dewi, Dude Herlino (Foto: Munady)
Jalan hidup seseorang bisa berubah sewaktu-waktu. Ada beberapa selebriti Tanah Air yang dulunya fokus mengejar karier dan kehidupan duniawi saja. Namun, kini mereka lebih memilih untuk berbagi ilmu agama dengan berdakwah.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, mereka aktif tampil di layar kaca hanya untuk berakting. Tapi sekarang, ada yang tampil sebagai pendakwah baik di televisi mau pun di sebuah acara keagamaan. Ya, artis-artis tersebut telah berhijrah.
kumparan telah merangkum lima pemain sinetron yang menjadi pendakwah. Berikut daftarnya:
1. Dude Harlino
Dude Herlino (Foto: Munady)
Dude Harlino terjun ke dunia entertainment sebagai pesinetron sejak 1999. Bahkan, dia sempat mendapat julukan ‘Raja Sinetron’ pada saat itu. Setelah 19 tahun berkecimpung di industri hiburan Tanah Air, sudah lebih dari 40 judul sinetron yang pernah dia perankan.
Setelah menikah dengan Alyssa Soebandono pada 22 Maret 2014, pria berumur 37 tahun ini mulai mendalami ilmu agama bersama sang istri. Sehingga, dia tak hanya aktif sebagai seorang aktor. Namun, dia juga sering berdakwah di beberapa acara kajian Islam.
ADVERTISEMENT
“Buat saya, dakwah ini jangan disebutkan kemudian harus jadi ustaz. Media ini juga jadi dakwah, kalau memang hasil pemberitaannya baik, bisa bertanggung-jawab, insyaallah jadi dakwah, dan Allah catat sebagai pahala," ucap Dude saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
2. Teuku Wisnu
Teuku Wisnu (Foto: Munady)
Sama dengan Dude, Teuku Wisnu kerap mendapat julukan ‘Raja Sinetron’ meski jumlah sinetron yang diperankannya tak sebanyak Dude. Sampai saat ini, sudah lebih dari 10 sinetron yang dibintanginya. Tak hanya akting, Wisnu juga merambah dunia tarik suara.
Pria berdarah Aceh ini menikahi lawan mainnya di sinetron ‘Cinta Fitri’, Shireen Sungkar, pada 17 November 2013. Setelah menikah, keduanya mulai mendalami ilmu agama. Mereka pun mengurangi pekerjaan di dunia entertainment.
ADVERTISEMENT
Kini, Wisnu memilih fokus berbisnis. Tak hanya itu, dia juga mulai berdakwah. Selain berdakwah secara langsung, pria berumur 33 tahun ini juga berdakwah melalui sebuah aplikasi yang diberi nama kenalilahislam.com.
"Niat awal saya hanya ingin memberikan informasi tentang Islam secara luas. Teknologi yang semakin berkembang dan banyak yang menggunakan gadget, maka dapat memudahkan umat Muslim untuk mengenal Islam lebih dekat hanya via ponsel yang dipegangnya,” ujar Wisnu dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.
3. Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi. (Foto: Munady)
Nama Oki Setiana Dewi mulai melambung setelah membintangi film ‘Ketika Cinta Bertasbih’. Mulai dari situ, dia mendapat berbagai tawaran untuk berperan dalam beberapa sinetron dan film. Tak hanya menjadi seorang aktris saja, dia juga menjadi seorang pendakwah.
ADVERTISEMENT
Perempuan kelahiran Batam itu kerap berdakwah di beberapa acara televisi mau pun acara kajian Islam. Selain aktif di dunia entertainment, dia juga aktif berbisnis.
"Bisnis dan dakwah bisa dilakukan bersamaan. Setiap kali datang ke suatu daerah untuk urusan bisnis, maka saya pun menyempatkan juga untuk bertausiah di daerah tersebut," ucap perempuan berumur 29 tahun itu dalam sebuah wawancara.
4. Peggy Melati Sukma
Peggy Melati Sukma di Masjid Adz-Dzikra (Foto: Adinda Githa Murti Sari Dewi/kumparan)
Peggy Melati Sukma merupakan aktris ‘90-an yang aktif membintangi beberapa sinetron, seperti ‘Si Kabayan’, ‘Gerhana’, ‘Siapa Takut Jatuh Cinta’, dan masih banyak lagi. Selain itu, perempuan berumur 41 tahun ini juga merambah dunia tarik suara dan menjadi presenter di beberapa program televisi.
Saat memasuki akhir tahun 2013, pemeran sinetron ‘Saraswati’ ini mulai berhijrah. Dia pun kerap mengisi kajian dakwah untuk perempuan Muslim sebagai kegiatan utamanya. Bahkan, dia memiliki kesempatan untuk berdakwah di luar negeri, seperti Palestina, Suriah, dan beberapa negara di Afrika, Eropa, hingga Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Kegiatannya dalam berdakwah sering diunggah ke akun Instagram pribadinya, @peggymelatisukmakhadija. Namun kini, dia tidak lagi aktif lagi di media sosial karena sudah memakai cadar. Meski demikian, dia akan tetap berdakwah. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah keterangan foto di akun Instagram-nya yang kini telah dihapus.
“Saya akan terus belajar dan akan tetap berdakwah- #dakwah, terus memperbaiki diri saya, dan mendukung orang lain yang menderita - #humanitarianprojects,. Saya juga akan terus menulis, semoga semua buku saya menjadi #silaturahim yang bisa membantu saya mencapai jannah, " tulis Peggy.
5. Boy Hamzah
Boy Hamzah (Foto: Instagram @boy_hamzah)
Boy Hamzah terjun ke dunia entertainment pada 2009. Sinetron pertama yang diperankannya berjudul ‘Nikita’. Namanya pun melambung ketika dirinya memerankan sosok Humbalang di sinetron ‘7 Manusia Harimau’. Selain itu, dia juga membintangi beberapa film, di antaranya adalah ‘Arisan Brondong’, ‘Kata Hati’, dan ‘Marmut Merah Jambu’.
ADVERTISEMENT
Pria berumur 29 tahun ini mulai berhijrah saat memasuki pertengahan 2016. Dulunya, dia suka melalaikan perintah Allah untuk menunaikan ibadah salat. Setelah mengalami pergolakan batin, dia merasa apa yang telah diperbuatnya itu salah. Kini, dirinya menjadi lebih religius dan suka berdakwah.
“Saya sekarang sedang berdakwah, berdakwah itu bukan dilakukan oleh ustaz saja, yang bukan ustaz seperti saya boleh berdakwah karena mengajak orang berubah ke jalan yang benar,” beber Boy dalam sebuah wawancara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan