kumparan
29 Desember 2018 19:01

5 Penyanyi yang Bawakan Ulang Lagu Dian Pramana Poetra

Sederet penyanyi yang mendaur ulang lagu Dian Pramana Poetra (Foto: Infografik Sabryna Putri Muviola/kumparan)
Musikus senior Dian Pramana Poetra meninggal dunia pada Kamis (27/12) lalu. Pria berusia 57 tahun itu mengembuskan napas terakhirnya akibat penyakit komplikasi yang dideritanya sejak beberapa waktu terakhir.
ADVERTISEMENT
Nama Dian di industri musik Tanah Air dikenal banyak orang melalui karya-karyanya. Lagu-lagu yang ia bawakan dalam grup 2D bersama Deddy Dhukun dan K3S bersama Deddy Dhukun dan Bagoes A. Ariyanto, sangat populer pada masanya hingga kini.
Bahkan, lagu-lagu tersebut diaransemen ulang sejumlah penyanyi kenamaan seperti Vina Panduwinata, Sammy Simorangkir, 3 DIVA, 3 Composers, dan grup musik TIGA. Lantas, apa saja lagu yang mereka bawakan? Berikut kumparan mengulasnya.
1. Vina Panduwinata - Biru
Vina Panduwinata. (Foto: Munady Wijaja)
Tiada pernah aku bahagia
Sebahagia kini oh kasih
Sepertinya ku bermimpi
Dan hampir tak percaya
Hadapi kenyataan ini
Penggalan lirik di atas merupakan pembuka dari lagu 'Biru' yang terdapat dalam album solo Dian Pramana Poetra dengan judul yang sama di tahun 1988.
ADVERTISEMENT
Lagu yang ia ciptakan bersama rekannya, Deddy Dhukun, itu dibawakan kembali oleh Vina Panduwinata, dengan aransemen yang tak jauh berbeda. Karakter suara Vina yang khas membuat lagu tersebut mendulang kesuksesan di industri musik.
Lagu 'Biru'terdapat dalam album Vina bertajuk 'Cium Pipiku' pada 1987. Bukan hanya Mama Ina --panggilan Vina Panduwinata--, penyanyi muda Afgansyah Reza juga mengaransemen ulang 'Biru' yang dimasukkan album pertamanya, 'Confession No. 1' pada 2008.
Lagu 'Biru' sendiri mengisahkan tentang kebahagiaan seseorang yang akhirnya menemukan pasangan setelah sekian lama tak merasakan cinta.
Video
2. 3 Diva - Semua Jadi Satu
3 Diva (Krisdayanti, Ruth Sahanaya, dan Titi DJ) (Foto: Instagram @3divaofficial)
Cinta adalah kenangan
Rasanya tak mudah dilupakan
Cinta adalah kenangan
Indahnya tak mudah dibayangkan
Pada era 90-an, lagu yang terdapat dalam album 'Dua Sisi' itu memang sudah hit dibawakan oleh 2D. Kemudian, di tahun 2006, 3 Diva yang terdiri dari Krisdayanti, Ruth Sahanaya, dan Titi DJ, berhasil menyanyikan ulang lagu ciptaan Dian dan Deddy tersebut.
ADVERTISEMENT
Bahkan, di tahun yang sama, berkat lagu itu 3 Diva mendapatkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia dalam kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik.
'Semua Jadi Satu' yang dikemas dengan nuansa energik ini bercerita tentang senang dan duka seseorang dalam menjalin hubungan. Kisah cinta antar dua insan itu pun akan selalu dikenang oleh keduanya.
Video
3. Sammy Simorangkir - Kau Seputih Melati
Sammy Simorangkir. (Foto: Munady Widjaja)
Mantan vokalis Kerispatih, Sammy Simorangkir, juga menyanyikan ulang lagu yang diciptakan Dian Pramana dan Yockie Suryoprayogo berjudul 'Kau Seputih Melati'. Sammy berhasil mengemas lagu tersebut dengan nuansa yang lebih modern pada 2014.
Sebelumnya, di tahun 1986, lagu tersebut pernah dibawakan Dian dan menjadi judul album ketiganya. 'Kau Seputih Melati' sendiri berkisah tentang seorang kekasih yang memiliki hati baik, kendati kebaikan tak pernah menghampiri dirinya. Berikut penggalan liriknya.
ADVERTISEMENT
Kau melati putih dan bersih
Kau tumbuh di antara belukar berduri
Seakan tak peduli lagi
Meski dalam hidupmu kau hanya memberi
Kau tebar harum sebagai tanda
Cinta yang telah kau hayati di sepanjang waktu
Video
4. 3 Composers - Masih Ada
3 Composers. (Foto: Munady Widjaja)
Haruskah kuteteskan air mata di pipi
Haruskan kucurahkan segala isi di hati
Oh haruskah kau kupeluk dan tak kulepas lagi
Agar tiada pernah ada kata berpisah
Kamu tak asing membaca penggalan lirik di atas? Ya, lirik tersebut terdapat dalam lagu 'Masih Ada' yang dibawakan dan diciptakan oleh Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun di grup 2D pada 1989.
Tak hanya menjadi hit dalam albumnya saja, lagu ini juga sukses di pasaran pada masanya.
ADVERTISEMENT
Kemudian, di tahun 2014, grup musik pendatang baru 3 Composers, mengaransemen ulang lagu tersebut meski tak mengubah banyak aransemen 'Masih Ada'. Lagu ini mengisahkan tentang kerinduan seseorang yang ingin bertemu dengan sang mantan yang sangat dicintainya.
Tak hanya 3 Composers yang digawangi Tengku Shafick, Bemby Noor, dan Mario Kacang, sejumlah musikus seperti Warna, Glenn Fredly, dan Ahmad Dhani juga pernah membawakan 'Masih Ada' dengan versinya masing-masing.
Video
5. Grup musik TIGA - Bohong
Grup musik Tiga datang ke kumparan. (Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan)
Bohong, kamu tukang bohong
Bohong, ku tak percaya
Katanya hanya diriku
Pacarmu satu-satunya
Penggalan lirik di atas terdapat dalam lagu berjudul 'Bohong' yang pernah dibawakan Dian Pramana bersama grupnya, K3S (Deddy Dhukun dan Bagoes A. Ariyanto). Di akhir tahun 1980-an, K3S berhasil membuat lagu tersebut laris di industri musik.
ADVERTISEMENT
Kemudian, tahun ini, pendatang baru bernama TIGA, yang terdiri dari tiga personel yakni, Ayu Rika Putri (vokalis, pianis), Intan Ayu Purnama (vokalis), dan Ninda Felina (disjoki) membawakan ulang lagu itu dengan sentuhan yang lebih fresh.
Lagu yang sudah memiliki karakter cukup kuat itu membuat TIGA tak begitu kesulitan ketika masuk dapur rekaman. Dalam sebuah wawancara bersama kumparan, mereka mengatakan hanya mengaransemen dengan karakter musik kekinian, electronic dance music alias edm.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan