kumparan
search-gray
Entertainment18 Maret 2020 19:56

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807787)
Contagion. Foto: IMDB
Saar virus corona merebak, banyak pecinta film langsung teringat pada Contagion yang rilis pada 2011. Dalam film itu, dunia terjangkit virus MEV-1 yang sangat mirip seperti corona.
ADVERTISEMENT
Tapi, sebesar apa kemiripan film Contagion dan pandemi corona di dunia nyata? Berikut adalah lima hal dari film Contagion yang saat ini juga terjadi di dunia nyata.

1. Menyebar dari kelelawar dan pasar hewan

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807788)
Contagion. Foto: IMDB
Satu hal yang unik, virus corona di film Contagion dan dunia nyata berasal dari hewan yang sama, yakni kelelawar. Dalam film, tim medis, dr. Arrington (Steff Tovar), dr. Cheever (Laurence), dr. Sussman (Elliott Gould) dan dr. Leonora (Marion Cottilard), melakukan riset terhadap virus bernama MEV-1 itu.
Dinyatakan bahwa virus terbentuk setelah gen kelelawar dan gen babi dalam virus berbaur. Dalam film itu terlihat pula virus terbentuk di pasar hewan liar.
Di dunia nyata, corona kabarnya bermula dari kelelawar dan berlanjut menjangkiti trenggiling. Dari pasar hewan liar, virus itu akhirnya menjangkiti manusia.
ADVERTISEMENT

2. Menyebar dari udara dan kontak fisik

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807789)
Contagion. Foto: IMDB
Di film Contagion, MEV-1 diceritakan menyebar lewat udara. Virus juga bisa menyebar jika secara tidak sengaja menyentuh orang yang terinfeksi.
Layaknya MEV-1, virus Corona juga menyebar dengan cara yang serupa, yakni sentuhan dengan orang yang terinfeksi. Karena itu, masyarakat di seluruh dunia disarankan untuk menghindari kontak dengan orang lain dan mengisolasi diri di rumah.
Namun, belum diketahui pasti apakah corona bisa menular melalui udara. Namun, sebagai tindak pencegahan, orang-orang diimbau untuk menggunakan masker, agar virus tidak menyebar ke udara saat batuk atau bersin.

3. Berdampak besar pada Amerika Serikat dan Prancis

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807790)
Contagion. Foto: IMDB
Sama seperti yang terjadi dengan corona, virus di film Contagion juga merebak begitu cepat dari negara ke negara. Dalam film virus pertama kali menjangkiti Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) di Hong Kong. Sedangkan, di dunia nyata, corona muncul di Wuhan, China.
ADVERTISEMENT
Di film, Emhoff membawa virus itu Amerika Serikat dan virus pun langsung menyebar dengan cepat. Di dunia nyata, corona juga berdampak besar pada Amerika Serikat dan telah menjangkiti lebih dari enam ribu orang.
Di film, selain Amerika Serikat, Prancis juga terkena dampak parah. Saat ini, di dunia nyata, Prancis juga sudah melakukan lockdown guna menekan penyebaran virus corona.

4. Orang menimbun bahan pangan dan masker

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807791)
Contagion. Foto: IMDB
Saat virus corona mulai mewabah, banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mulai menimbun bahan pangan dari supermarket. Hal itu juga terjadi di film Contagion.
Dalam film, orang-orang juga rela mengantre demi bisa membawa pulang banyak bahan pangan. Jika kamu ikutan melakukan itu, coba ingat dan belajar dari film Contagion. Sebab, dalam film menimbun bahan pangan justru menimbulkan bencana baru.
5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807792)
Cuplikan adegan film Contagion. Foto: IMDb.
Selain itu, di film Contagion, orang-orang juga langsung membeli dan mengenakan masker ke mana-mana. Semenjak corona semakin merebak, hal itu juga terjadi di dunia nyata.
ADVERTISEMENT

5. Gejala flu, batuk, dan demam tinggi

5 Persamaan Film Contagion dengan Virus Corona  (807793)
Cuplikan adegan film Contagion. Foto: IMDb.
Ini adalah kemiripan yang paling mengejutkan dari film Contagion dan virus corona. Saat terinfeksi, dalam hitungan hari, seseorang akan mulai mengidap flu dan batuk kering.
Saat sudah semakin parah, orang akan mengalami demam. Pada akhirnya, itu yang menyebabkan seseorang tewas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white