kumparan
search-gray
Entertainment30 April 2018 13:31

5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman

Konten Redaksi kumparan
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92317)
Selebriti Indonesia yang Lahir di Jerman. (Foto: kumparan)
Jerman memiliki kesan tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sebab, negara dengan kemajuan teknologi tercepat ini menjadi saksi munculnya salah satu teknokrat terbaik Tanah Air, BJ Habibi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dari bidang teknologi, Jerman juga telah menjadi saksi lahirnya beberapa selebritis Indonesia. Beberapa di antara mereka bahkan sempat mendapat apresiasi lewat karya dan berbagai bidang lainnya di Tanah Air.
Lewat story berikut, kumparan (kumparan.com) telah merangkum beberapa selebriti kelahiran Jerman yang mendapat penghargaan di Indonesia.
1. Sophia Latjuba
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92318)
Sophia Latjuba (Foto: Munady Widjaja/kumparan)
Sophia Latjuba lahir pada 8 Agustus 1970 di Berlin Barat. Ia merupakan putri dari pasangan Azzizurrahman Latjuba dan Anna Müller.
Darah Jerman Sophia mengalir lewat sang ibunda, Anna, yang merupakan keturunan Jerman, Austria, Hongaria, dan Ceko. Sementara itu sang ayah yang bermarga Latjuba merupakan keturunan Bugis Bone, Arab, dan Banyuwangi.
Meski lahir di Jerman, Sophia tetap bangga menjadi orang Indonesia. Ia sempat menguak identitas sang kakek, Mahmud Lamako Latjuba, yang merupakan salah satu tokoh pendidikan dan tokoh islam di Indonesia.
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92319)
Pemain film, Sophia Latjuba (Foto: Munady)
Di industri hiburan Tanah Air, Sophia mampu memberikan warna tersendiri. Dalam karier bermusiknya ia mendapat penghargaan 'Best Album Arrangement', dalam BASF Awards pada tahun 1994 lewat albumnya yang berjudul ‘Hanya Untukmu’.
ADVERTISEMENT
Tak hanya musik, kariernya di dunia seni peran juga sempat menjadi nominasi Piala Maya 2015 lewat aktingnya di film 'Comic 8: Casino Kings'. Beberapa waktu lalu, lewat film 'Danur', ia terlibat film horor pertamanya sejak bekecimpung di industri perfilman Tanah Air pada tahun 1987.
“Iya memang pertama kali main (film bergenre) horor, tapi menurut saya enggak ada bedanya dengan yang lain walaupun horor. Akting kan di mana-mana sama ya, (genre) drama, horor, action, akting ya akting,” ujar Sophia saat ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
2. Cinta Laura Kiehl
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92320)
Cinta Laura (Foto: Munady Widjaja)
Artis yang tak bisa lepas dari ‘logat bulenya’ ini, lahir pada 17 Agustus 1993 di Quakenbrück, Jerman. Untuk sampai ke kota tersebut, sekiranya membutuhkan waktu satu jam dari kota Bremen. Cinta adalah anak dari pasangan Herdiana dan Michael Kiehl, yang merupakan warga negara Jerman.
ADVERTISEMENT
Karier jebolan Top Model 2006 di industri hiburan Tanah Air ini memang terbilang cukup baik. Melalui aktingnya dalam sinetron 'Cinderella', ia langsung meraih penghargaan 'Aktris Ngetop' pada ajang SCTV Awards 2007.
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92321)
Cinta Laura (Foto: Andre Josua Deneam Simanjuntak/kumparan)
Sejak awal berkarier, Cinta memang langsung menelurkan banyak karya. Mulai dari bermusik, sinetron, hingga film. Tak tanggung-tanggung, karyanya itu langsung membawanya meraih penghargaan 'Aktris Terbaik' dari beberapa majalah. 'Hai', 'Gadis', dan 'Teen' menjadi beberapa majalah yang memberikannya apresiasi di tahun 2008.
Perempuan berusia 24 tahun tersebut saat ini tengah mencoba peruntungannya untuk berkarier di dunia hiburan Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam tersebut, Cinta mencoba untuk terjun di segala bidang. Seperti model, penyanyi, hingga pemain film. Beberapa film Hollywood yang pernah diperankannya adalah 'After the Dark', 'The Ninth Passenger', 'TAR', dan 'Crazy for the Boys'.
ADVERTISEMENT
3. Laura Basuki
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92322)
Laura Basuki. (Foto: Munady Widjaja)
Artis berwajah Indo-Oriental ini lahir di Berlin Barat, Jerman Barat, pada 9 Januari 1988. Meski lahir di Jerman, namun ia tak memiliki garis keturunan Jerman.
Buah hati pasangan Wibowo Basuki dan Thi Kieu Tien ini justu mewarisi darah Vietnam dari sang ibu. Sementara sang ayah, merupakan keturunan Jawa dan Tiongkok.
Perempuan pemalu ini mulai mengasah kariernya di dunia hiburan lewat modeling. Namun, kualitas akting dalam debut filmnya yang berjudul ‘Gara-gara Bola’, mampu membuatnya meraih beberapa penghargaan.
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92323)
Laura Basuki. (Foto: Munady Widjaja)
Dalam ajang Indonesian Movie Actor Award pada tahun 2009, ia masuk ke dalam dua nominasi, 'Pendatang Baru Wanita Terfavorit’ dan ‘Pendatang Baru Wanita Terbaik’.
Setahun berselang, di ajang Festival Film Indonesia ia memenangkan nominasi 'Pemeran Utama Wanita Terbaik'. Penghargaan tersebut ia dapatkan lewat aktingnya di film ‘3 Hati, Dua Dunia, Satu Cinta’.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Laura Basuki sedang menikmati perannya sebagai ibu dari putra semata wayangnya, Owen Sanjaya, yang masih berusia 1 tahun 9 bulan. Di saat yang sama, Laura juga mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai bintang utama film 'Terbang Menembus Langit' yang disutradarai oleh Fajar Nugros.
4. Nadine Chandrawinata
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92324)
Nadine Chandrawinata (Foto: Munady Widjaja)
Kakak Marcell Chandrawinata dan Mischa Chandrawinta ini lahir pada 8 Mei 1984. Sama seperti kedua adik kembarnya, Nadine juga lahir di Hannover, Jerman.
Nadine merupakan puteri sulung dari pasangan Andy Chandrawinata dan Elfriede Fortmann. Darah Jerman ia warisi dari sang ibunda, sementara sang ayah mewariskannya darah Tionghoa.
Meski lahir dan memiliki darah Jerman, Nadine justru mampu menjadi Puteri Indonesia pada tahun 2005 mewakili DKI Jakarta. Hal ini membuatnya berhak mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006.
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92325)
Nadine Chandrawinata (Foto: Helinsa Putri/kumparan)
Dalam ajang yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat itu, Nadine meraih juara kedua untuk 'Budaya Nasional Terbaik' dan 'Putri Persahabatan'.
ADVERTISEMENT
Sebagai penggila traveling, Nadine juga menaruh perhatian khusus untuk kelestarian lingkungan hidup. Ia gigih berjuang menyebarkan pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama laut, kepada banyak orang.
Nadine giat menjalankan berbagai kegiatan nyata untuk menjaga lingkungan sekaligus mengedukasi orang lain terkait itu. Ia bahkan kerap didapuk sebagai duta, baik dalam hal lingkungan hidup maupun wisata. Salah satunya adalah sebagai Duta Wisata Bahari dalam World Tourism Park (WTP) Forum 2017.
5. Carissa Putri
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92326)
Carissa Putri (Foto: Munady)
Carissa Putri lahir di Frankfurt, Jerman, pada 12 September 1984. Bungsu dari pasangan Ris Isa Soelaiman dan Lily S.P. ini punya wajah Indo yang mampu membuat banyak pria terpana.
Namanya mulai dikenal saat dirinya berperan dalam film ‘Ayat-ayat Cinta’. Dalam film tersebut, ia beradu akting dangan Fedi Nuril dan Rianti Cartwright.
ADVERTISEMENT
Pada 31 Maret 2012, Carissa resmi dipersunting oleh Navies Abdullah Naif. Saat ini, ia sedang sibuk menjalani perannya sebagai 'Mamah muda' dalam merawat Quenzino Acana Naif, buah cintanya dengan Navies.
5 Selebriti Berbakat Tanah Air yang Lahir di Jerman (92327)
Quenzino dan Carissa Putri (Foto: Munady/kumparan)
Hubungan Carissa dengan sang buah hati memang terbilang amat kompak. Hal ini bahkan sempat membuatnya mendapat penghargaan dari salah satu stasiun televisi swasta sebagai 'Selebriti Ibu dan Anak Terfavorit'.
Kekompakan Carissa dan Que--panggilan akrab Quenzino-- bahkan juga sering didapat saat ia melakukan gerakan acroyoga. Carissa mengaku bahwa putranya tersebut selalu ingin mengikuti gerakannya dalam acroyoga. Bahkan, ia mengaku putranya ketagihan saat mencoba gerakan tersebut.
"Iya, senang banget dia ketagihan kalau diajak acroyoga. Tiap kita lagi acroyoga, selalu minta untuk naik (tubuhnya diangkat)," katanya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white