kumparan
11 Desember 2018 15:33

5 Selebriti Wanita yang Pernah Jadi Korban Penipuan Online Shop

Sederet selebriti wanita yang pernah jadi korban penipuan online shop
Sederet selebriti wanita yang pernah jadi korban penipuan online shop. (Foto: Infografik Putri Sarah Arifira/kumparan)
Keberadaan online shop sangat memudahkan masyarakat di masa kini. Tak perlu pergi ke toko atau mal, namun kamu cukup mengakses situs online shop tersebut untuk berbelanja barang yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Berbagai macam promo seperti potongan harga juga sangat menarik masyarakat. Kendati demikian, teliti dalam belanja online juga diperlukan. Jangan sampai promosi atau harga murah yang ditawarkan itu malah mengecewakan.
Seperti selebriti wanita di bawah ini yang pernah mengalami korban penipuan online shop. Barang tak sampai, uang pun melayang. Hal tersebut membuat mereka dirugikan hingga ratusan juta rupiah.
1. Adiezty Fersa
Adiezty Fersa
Adiezty Fersa (Foto: Munady Widjaja)
Penyanyi Adiezty Fersa pernah ditipu oleh salah satu online shop. Ia pun sudah mentransfer uang ke nomor rekening dari pemilik toko tersebut. Istri dari Gilang Dirga itu pun mencoba menghubungi penjual setelah melakukan pembayaran.
Namun sayang, tak ada balasan dari penjual tersebut dan nomor Adiezty Fersa malah diblokir. Pengalaman tak menyenangkan itu terjadi pada Juni 2018.
ADVERTISEMENT
"Iya (kena tipu) Rp 134 ribu mau beli baju di online shop," kata Gilang Dirga menceritakan kejadian tersebut dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.
Hal ini bukanlah kali pertama Adiezty Fersa menjadi korban penipuan online shop. Menurut Gilang, ini adalah kejadian yang ketiga kalinya menimpa sang istri. Kendati demikian, mereka tak berniat untuk melapor ke polisi. Sebab, kerugian yang dialaminya tidak begitu besar.
"Ahamdulillah (kerugian enggak besar). Cuma kalau misal yang ketipu sepuluh orang kan lumayan," imbuh Gilang Dirga.
2. Ussy Sulistiawaty
Ussy Sulistiawaty
Ussy Sulistiawaty. (Foto: Munady)
Aktris Ussy Sulistiawaty juga pernah merasakan hal serupa seperti Adiezty Fersa. Namun, bukan pakaian yang ia beli dari online shop tersebut, melainkan tas merek ternama Hermes.
Ia pernah ditipu oleh seseorang yang mengaku sebagai teman dekatnya pada 2017 lalu. Pelaku menawarkan tas dengan harga Rp 117 juta dan berjanji akan mengirim barang tersebut jika telah mentransfer uang sebesar Rp 40 juta.
ADVERTISEMENT
Berniat untuk membantu, istri dari Andhika Pratama itu pun mentransfer uang muka sebesar Rp 40 juta. Namun, tas tersebut tak kunjung datang.
Atas kejadian tersebut, Ussy sudah melaporkannya ke pihak berwajib. Pada Agustus 2017, Sat Reskim Polres Metro Jakarta Selatan telah menangkap Indah Ariani, seseorang yang diduga telah menipu Ussy. Ia diciduk di daerah Probolinggo, Jawa Timur.
Insiden tersebut juga dijadikan pelantun 'Klik' itu sebagai pelajaran, agar di kemudian hari tidak gampang untuk ditipu lagi oleh orang yang tidak dikenal.
3. Zaskia Gotik
Zaskia Gotik
Zaskia Gotik. (Foto: Munady Widjaja)
Pedangdut Zaskia Gotik juga menjadi korban penipuan ketika belanja tas dan dompet bermerek Hermes di salah satu online shop. Mantan kekasih Vicky Prasetyo itu pun mengalami kerugian hingga Rp 300 juta.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut bermula ketika ia tergiur dengan harga miring yang ditawarkan online shop tersebut. Namun sayang, barang yang dikirimkan si penjual kepada pelantun '1 Jam' itu pun hanyalah tiruan belaka.
Meski sempat ingin menyelesaikan hal tersebut secara kekeluargaan, namun pemilik online shop tersebut malah menghilang. Akhirnya, kejadian yang menimpanya pada 2017 lalu itu juga sudah dilaporkan ke pihak berwajib.
4. Bunga Zainal
Bunga Zainal
Bunga Zainal. (Foto: Munady Widjaja)
Bunga Zainal juga pernah mengalami kejadian tak mengenakan pada 2015 lalu. Sama halnya seperti Ussy dan Zaskia, Bunga juga pernah ditipu oleh salah satu online shop ketika membeli tas bermerek Fendi.
Setelah melakukan transaksi, tas yang ia terima pun bukan yang asli. Perempuan berusia 31 tahun itu mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut juga ia ceritakan melalui akun Instagram pribadinya agar menjadi pembelajaran bagi dirinya dan juga tak menimpa orang lain.
"Hati-hati dengan orang yang saya upload fotonya. Ini dia penipu BESAR namanya ADE RINGGA jual barang palsu dan bilang itu asli denga harga puluha juta bahkan ratusan juta. Saya salah satu korbannya beli tas Fendi tahun 2015 tapi ternyata barang itu FAKE (palsu)," tulis Bunga Zainal dalam keterangan foto yang diunggah di akun Instagramnya.
5. Mulan Jameela
Mulan Jameela
Mulan Jameela (Foto: Munady)
Istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela ditipu salah satu online shop saat membeli handphone. Ia pun sudah mentransfer uangnya ke rekening si penjual tersebut, namun barang yang diinginkannya itu tak kunjung datang.
Mulan mengalami kerugian hingga Rp 15 juta. Meski hal ini bukanlah kali pertama dirinya menjadi korban penipuan, namun perempuan berusia 39 tahun itu mengaku tak kapok untuk berbelanja online.
ADVERTISEMENT
Kejadian yang menimpa pada 2014 lalu itu, dijadikan Mulan sebagai pembelajaran agar tak terulang dan ia lebih teliti saat belanja lewat online shop.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan