kumparan
16 Juli 2019 13:56

5 Superhero Asia dari Marvel yang Bisa Difilmkan Selain Shang-Chi

Superhero Asia dari Marvel Comics Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan
Marvel telah mengumumkan proyek superhero terbaru. Mereka akan menggarap 'Shang-Chi' yang disutradarai oleh Destin Daniel Cretton.
ADVERTISEMENT
Dalam komiknya, Shang-Chi digambarkan sebagai lelaki yang menguasai beragam ilmu bela diri dan ahli senjata. Ia anak dari tokoh global dari China.
Selain Shang-Chi, ada beberapa superhero Asia lain dari Marvel yang juga layak untuk dibuatkan film solo atau serial televisi di Disney+. Satu di antaranya bahkan berasal dari Indonesia. Simak ulasannya berikut ini.
1. Komodo/Melati Kusuma
Komodo Foto: Marvel Comics
Marvel Comics telah membuat satu tokoh superhero asal Indonesia sejak 2007. Tidak tanggung-tanggung, ia adalah anggota Avengers muda yang dilatih oleh War Machine, Black Widow, dan Beast.
Nama tokoh ini adalah Melati Kusuma alias Komodo. Melati mulanya adalah mahasiswa cerdas yang memiliki kecacatan fisik. Kedua kakinya diamputasi setelah mengalami kecelakaan parah.
Melati lantas menyuntikkan dirinya dengan serum regenerasi ciptaan Dr. Connors. Berbeda dari Connors yang bertransformasi menjadi Lizard, salah satu musuh Spiderman, Melati bisa memanfaatkan transformasinya untuk membela kebenaran.
ADVERTISEMENT
Karena dalam komik, Komodo masih aktif menjadi anggota Avengers muda, di masa depan sangat mungkin ia hadir di MCU. Jika itu terjadi, kira-kira siapa, ya, aktris Indonesia yang akan memerankan tokoh ini?
2. Ms. Marvel
Ms. Marvel Foto: Marvel Comics
Kamala Khan alias Ms. Marvel adalah superhero muslim pertama Marvel Comics. Kekuatan Ms. Marvel mirip seperti Ant-Man, yakni bisa mengontrol masa tubuh sesuka hati.
Nama Ms. Marvel sendiri digunakan karena Khan sangat menggemari Carol Danvers alias Captain Marvel. Meski senang membela kebenaran, Khan adalah seorang remaja yang memiliki sifat lucu seperti Peter Parker/Spiderman.
Joe Quesada, Marvel Chief Creative Officer, mengatakan bahwa bisa saja dalam waktu dekat kisah Ms. Marvel diangkat ke layar lebar. Ya, jika hal itu tak bisa terjadi, setidaknya berilah sebuah serial televisi untuk tokoh ini di Disney+.
ADVERTISEMENT
3. Jubilee
Jubilee Foto: YouTube
Fox sebenarnya sudah empat kali menghadirkan tokoh Jubilation Lee alias Jubilee ke film-film 'X-Men'. Namun, tokoh ini selalu menjadi kameo dan tidak memiliki peran yang penting.
Padahal, Jubilee bisa dikatakan sebagai anggota X-Men terpopuler di era 90-an. Dengan kekuatannya yang mampu membuat ledakan kecil warna-warni, tokoh ini selalu membawa kemeriahan saat X-Men sedang bertarung melawan penjahat.
Setelah Fox diakusisi Disney, banyak fans yang meminta agar tokoh Jubilee bisa diadaptasi dengan lebih layak, atau setidaknya memiliki serial televisi tersendiri di Disney+. Jika mengacu pada Marvel Comics, Jubilee juga punya banyak kisah solo yang menegangkan dan keren.
4. Silk
Silk Foto: Marvel Comics
Cindy Moon adalah salah satu teman sekolah Peter Parker yang pernah dihadirkan di 'Spider-Man: Homecoming' sebagai cameo. Dalam komik, Moon adalah gadis yang menjelma menjadi superhero bernama Silk.
ADVERTISEMENT
Moon menjadi Silk setelah digigit oleh laba-laba radioaktif yang menggigit Peter Parker. Kekuatan Silk sama persis seperti Spider-Man, namun ia memang benar-benar bisa mengeluarkan jaring laba-laba dari pangkal telapak tangannya.
Untuk masalah tarung jarak dekat, Silk bisa dikatakan lebih hebat ketimbang Spider-Man. Sebab, ia pernah disekap oleh ahli beladiri bernama Ezekiel Sims. Namun, penyekapan itu membuat kondisi kejiwaannya sering kali terganggu.
Saat ini, Sony Pictures sudah tidak memegang lisensi tokoh Spider-Man, namun masih memiliki lisensi tokoh-tokoh penjahat, seperti Venom, Carnage, dan Morbius. Mungkin Silk bisa diadaptasi untuk menggantikan Spider-Man di film-film adaptasi Marvel Comics di Sony Pictures?
5. Sunfire
Sunfire Foto: Marvel Comics
Yoshida merupakan seorang mutan berdarah Jepang yang mampu menyemburkan api dari tubuhnya dan terbang layaknya pesawat jet. Mutasi Yoshida terjadi setelah sang ibu terkena racun radiasi dari bom atom yang dijatuhkan tentara Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang pada Perang Dunia II.
ADVERTISEMENT
Dalam serial komik 'Age of Apocalypse', Sunfire diceritakan sebagai salah anti-hero yang membawa malapetaka di Bumi. Demi mendatangkan kiamat, Sunfire membakar habis bahan pangan di seluruh dunia agar orang-orang mati kelaparan.
Selain itu, ia juga pernah di-rebrand sebagai anggota dari Big Hero Six. Ya, Big Hero Six ini adalah tim superhero yang diperkuat oleh Baymax, si robot gemuk berwarna putih.
Disney saat ini telah mengakuisisi Fox dan mendapat lisensi atas semua tokoh X-Men, termasuk Sunfire. Mungkinkah MCU bisa menghadirkan Sunfire di-reboot film 'X-Men: Apocalypse'? Atau ia akan muncul bersama Baymax di live action 'Big Hero Six'?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan