kumparan
search-gray
Entertainment26 April 2020 11:10

6 Penyanyi yang Rilis Lagu Religi Jelang Ramadhan

Konten Redaksi kumparan
6 Penyanyi yang Rilis Lagu Religi Jelang Ramadhan (5144)
Personel band Ungu. Foto: Munady Widjaja/kumparan
Bulan Ramadhan segera tiba. Bulan suci yang penuh berkah ini tentu akan terasa berbeda di tahun ini karena wabah corona yang merebak hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun, untuk menambah semarak jelang Ramadhan, tidak sedikit musisi Tanah Air yang merilis lagu ataupun album bernuansa religi. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya,
1. Rafika Duri
Video
Pertama dalam daftar ini ada penyanyi senior, Rafika Duri. Wanita kelahiran 20 Januari 1960 itu merilis ulang single religi berjudul Bismillah, baru-baru ini.
Sebelumnya, lagu yang diproduksi tahun 1995 itu sempat masuk dalam album Pengakuan & Rindu Ramadhan. Kala itu, Bismillah termasuk salah satu lagu religi yang populer.
Diharapkan dengan perilisan ulang Bismillah ini bisa mengobati kerinduan pendengar akan lagu religi klasik.
2. Delia Septianti
Video
Mantan vokalis band Ecoutez, Delia Septianti, merilis single terbaru yang diberi judul Muhasabah Cinta. Single ini sempat dipopulerkan oleh grup musik religi edCoustic tahun 2008 lalu.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, lagu Muhasabah Cinta versi perempuan 34 tahun ini memadukan permainan gitar elektrik dan keyboard. Sehingga, membuat lagu ini terasa berbeda dari versi yang sebelumnya.
3. Ungu
Video
Ungu menjadi salah satu band yang cukup konsisten mengeluarkan album religi. Tahun ini, grup yang beranggotakan Pasha, Enda, Oncy, Maki, dan Rowman itu merilis album kompilasi religi terbaik berjudul Top Hits Religi Ungu.
Dalam album ini terdapat 12 track. Terdiri dari 11 lagu lama seperti Andai Ku Tahu, SurgaMu, dan satu lagu baru berjudul Jalan Panjangku.
Lagu baru ini berangkat dari rasa kegelisahan Enda saat ditinggal pergi sang ayah untuk selama-lamanya. Berbagai perasaan berkecamuk dalam hatinya. Namun, akhirnya ia menyadari bahwa kehidupan adalah perjalanan panjang untuk kembali kepada Yang Maha Kuasa.
ADVERTISEMENT
4. Novi Ayla
Video
Panggilan Tuhan merupakan single religi teranyar Novi Ayla yang dirilis pada 17 April lalu. Penyanyi berusia 34 tahun ini terlibat penuh dalam proses penggarapan lagu.
Sesuai dengan judulnya, lagu yang Novi ciptakan ini memiliki makna yang mendalam. Panggilan Tuhan mengingatkan umat Muslim bahwa Allah SWT menyayangi umat-Nya. Maka dari itu, Allah rindu tengadah tangan umat dalam doa dan memanggil agar selalu memohon pada-Nya.
5. Inka Christie
Video
Rinni Chries Hartono atau Inka Christie yang dikenal sebagai penyanyi rock, juga merilis single religi terbaru dengan judul Ampuni Dosaku jelang Ramadan tahun ini.
Berdasarkan unggahan di akun Instagram pribadinya, Inka Christie berharap lagu ini bisa memberikan kekuatan dan penghiburan bagi pendengarnya. Apalagi, di situasi yang kurang kondusif seperti sekarang ini.
ADVERTISEMENT
"Semoga lagu ini menemani teman-teman menghibur, memotivasi, memberi semangat dalam menghadapi kondisi seperti sekarang, menambah iman Islam semua ujian datangnya dari Allah sebagai bentuk kasih sayang-Nya diingatkan dan semua kembali pada-Nya. #dirumahaja, jaga kesehatan, cuci tangan, pakai masker, rajin berwudhu," tulis Inka Christie.
6. Cynthia Lamusu
Video
Pengalaman hidup bisa menjadi inspirasi untuk membuat sebuah karya. Seperti yang dilakukan oleh penyanyi Cynthia Lamusu. Baru-baru ini, istri aktor Surya Saputra itu merilis single religi bertajuk Tawakal.
Sebenarnya, lagu ini sudah ditulis tahun 2008 setelah ia pulang ibadah umrah bersama sang suami. Kala itu, ibu dua orang anak ini tidak ingin menanggapi pemberitaan yang kurang menyenangkan. Menyikapi hal ini, dia memilih untuk berserah diri kepada Yang Kuasa.
ADVERTISEMENT
Setelah belasan tahun berlalu, Tawakal kembali muncul di pikirannya. Karena di satu sisi, ia belum dapat menerima kepergian sang Ayah untuk selamanya. Sehingga, satu-satunya jalan adalah dengan berserah atas apa yang sudah menjadi kehendak Allah.
Single Tawakal bercerita tentang seseorang yang menyerahkan hidupnya kepada Sang Pencipta dalam melewati kesukaran hidup.