kumparan
3 Maret 2017 17:09

7 Artis yang Menyerah pada Media Sosial

Artis yang menyerah pada media sosial
Artis yang menyerah pada media sosial (Foto: Instagram)
Tiga hari lalu, Rabu (1/3), Sarah Sechan menuliskan kata-kata terakhirnya --setidaknya untuk sementara ini-- di media sosial. Lewat sebuah unggahan di Instagram, ia menyatakan berhenti beraktivitas di jagat maya dan akan mulai lebih memerhatikan apa yang ada di sekelilingnya.
ADVERTISEMENT
Sarah berpendapat, kehidupan media sosial terlalu menyita alam nyatanya --selain tentu saja mengganggu istirahat siangnya yang terlalu bernilai.
Namun, Sarah yang kini berusia 42 tahun merasa harus lebih menikmati hidup ketimbang mencoba terlalu keras membuktikan sesuatu kepada orang-orang yang bahkan tak dikenalnya.
Screenshot Sarah Sechan
Screenshot unggahan IG Sarah Sechan terakhir. (Foto: Instagram @sarahsechan)
Sikap selebriti yang menarik diri dari dunia maya bukanlah hal baru di jagat hiburan. Berbagai alasan dikemukakan oleh artis-artis tersebut saat memutuskan menutup kegiatan mereka di media sosial, misalnya: supaya lebih fokus ke kehidupan pribadi, tidak tahan dengan bully-an netizen, atau sekadar bosan dan menganggap media sosial tak lagi menarik.
Caranya pun berbeda-beda. Tidak mesti menutup akun, beberapa artis memilih untuk menutup kolom komentar di instagram, mengunci (protect) akun Twitter dan Instagram-nya, atau meninggalkannya begitu saja tanpa pernah terlihat aktif kembali.
ADVERTISEMENT
Penasaran siapa saja artis dalam dan luar negeri yang pernah "kalah" dari media sosial? Berikut daftar yang dihimpun kumparan.
Justin Bieber
Loading Instagram...
Agustus 2016, Justin Bieber memutuskan untuk menonaktifkan akun Instagram-nya. Hal itu ia lakukan setelah fansnya mem-bully dia lantaran hubungan asmara barunya Bieber dengan Sofia Richie.
Sebelumnya, Bieber sempat mengancam akan membuat mengunci akun Instagram-nya apabila bully terhadap pacar barunya itu masih terus dilakukan.

I'm gonna make my Instagram private if you guys don't stop the hate this is getting out of hand, if you guys are really fans you wouldn't be so mean to people that I like

- Bieber

Loading Instagram...
Masalahnya, tiba-tiba Selena Gomez yang notabene merupakan mantan Bieber justru turut memihak orang-orang yang mem-bully Bieber. Gomez mengatakan, apabila Bieber tak ingin terus di-bully, ia bisa saja berhenti mengunggah foto-foto pacar barunya yang tidak disukai oleh fans-fansnya.
ADVERTISEMENT
Well, Gomez termasuk mantan yang rusuh juga, ya?
Walhasil, Bieber men-deactive akun Instagram-nya. Tapi tak lama kemudian, 4 Februari 2017, Bieber kembali mengunggah video baru di akun Instagram-nya.
Nah artinya, ia takluk kepada media sosial. Meski semula mengatakan tak mau lagi menggunakan medsos, toh terbukti pada akhirnya ia tak bisa, atau belum bisa, hidup tanpa media sosial.
Ed Sheeran
Loading Instagram...
Tak seperti Bieber yang meninggalkan media sosial karena tak tahan di-bully, Ed Sheeran tampil lebih filosofis dalam perpisahannya dengan dunia maya.
Hampir seperti Sarah Sechan (atau sebaliknya), Ed Sheeran meninggalkan sosial media “untuk sementara” pada Desember 2015 agar ia bisa berhenti “melihat dunia dari balik layar saja” dan punya kesempatan untuk “bepergian ke seluruh dunia dan melihat segala yang tak ia temui selama ini”.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Tapi, lagi-lagi, 13 Desember 2016 atau setahun setelah ia mengunggah pesan pamitnya itu, Sheeran kembali ke Instagram dan mengunggah berbagai foto serta video.
Dewi Perssik
Loading Instagram...
Beralih ke Indonesia, pedangdut Dewi Perssik juga sempat menghentikan aktivitasnya di akun Instagram @dewiperssik16. Hal tersebut ia lakukan karena akun itu diretas oleh oknum tak dikenal yang kemudian mengunggah foto editan seronok menggunakan wajahnya.
Oleh sebab itu Dewi mengganti akun Instagram-nya. Ia menghapus akun lamanya dan membuat akun Instagram baru.
Sebelum menghapus akun lawasnya, ia berpamitan lewat sebuah video. Dalam video tersebut, ia mengatakan, “Salam silaturahmi. Nanti kalau waktunya saya bikin IG baru, saya kasih tahu ya. Untuk sementara ini, saya lagi enggak bikin IG. Salam kangen buat semuanya, tapi secepatnya saya akan bikin IG. Salam dari saya, Dewi Persik.”
ADVERTISEMENT
Dari tulisan tersebut, terlihat jelas betapa Dewi Perssik galau antara hendak secepatnya memiliki akun baru atau tidak.
Dan kini, dia telah kembali meramaikan Instagram lewat akun anyar @dewiperssikreal. Unggahan pertamanya pasca-"mati suri" dilakukan pada 5 November 2016.
Loading Instagram...
Demi Lovato
Loading Instagram...
Pada Juni 2016, Lovato berhenti dari Instagram dan Twitter tanpa alasan jelas. Namun begitu, dari beberapa kicauan di Twitter-nya, Lovato tampak kesal akan kicauan-kicauan dari para haters-nya.
Meski begitu, ia tidak meninggalkan Snapchat. Snapchat lebih disukai Lovato karena ia tak harus melihat apa respons dari follower-nya.
Meski begitu, aksi ngambek Lovato ternyata tak lama. Kurang dari 24 jam, ia kembali ke dunia Instagram dan Twitter sembari menjelaskan bahwa ia terlalu sayang pada Lovatics (julukan para penggemarnya) ketimbang harus keluar dari dunia maya karena ulah para haters.
ADVERTISEMENT
Emma Stone
Pemeran film La La Land tersebut menyerah dengan dunia media sosial sejak 2013. Saat itu ia tengah berada di dalam produksi film Amazing Spider-Man dengan pacarnya, Andrew Garfield. Saat itu, tiba-tiba akun Twitter-nya berkicau “Nawder nad islasehne tsintgi ni a erte.”
Loading Instagram...
Beberapa fansnya menyadari bahwa twit tersebut adalah anagram dari “Andrew and Shailene sitting in a tree,” mengisyaratkan adanya hubungan tertentu antara Andrew Garfield dan Shailene Woodley yang saat itu baru saja terpilih sebagai pemeran Mary Jane Watson, pacar Peter Parker yang masih diperankan oleh Andrew Garfield di film selanjutnya. Fans mengira bahwa Emma tahu hubungan antara Woodley dan Garfield.
Meski begitu, ternyata bukan Emma Stone yang mengirimkan pesan rahasia tersebut. Akunnya, saat pesan anagram itu diunggah, ternyata sedang diretas. “Saya mendengar beberapa hari lalu bahwa ada sebuah twit berupa anagram tentang Shailene Woodley --salah seorang yang paling saya sukai di muka bumi ini-- dan hal itu jelas-jelas bukan saya,” jelas Emma Stone dalam On Air With Ryan Seacrest.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Sejak saat itu, ia menghapus akun Twitter-nya sampai saat ini. Wow!
Mulan Jameela
Loading Instagram...
Mulan Jameela dikenal sebagai salah satu artis yang paling banyak memiliki haters. Akhirnya, tak tahan dengan ribuan haters yang berkicau pedas, istri Ahmad Dhani itu akhirnya meninggalkan akun Instagram-nya begitu saja.
Sejak 23 Desember 2016, Mulan tak pernah lagi mengunggah apapun di Instagram. Bye!
Loading Instagram...
Miley Cyrus
Loading Instagram...
Meski terhitung sangat aktif di Twitter, pada Oktober 2009, Cyrus tiba-tiba mengumumkan akan berhenti dari dunia Twitter.

“FYI Liam doesn't have a twttr & he wants ME 2 delete mine w/ gd reason."

- Miley Cyrus

Meski begitu di akun YouTube-nya (RIP the Miley and Mandy Show), ia mengatakan keputusannya berhenti memainkan Twitter bukan karena Liam Hemsworth --pacar Miley, namun karena ingin hidupnya lebih berwarna dengan memerhatikan orang-orang sekelilingnya.
ADVERTISEMENT
Tak mau biasa saja, ia mengumumkan hal tersebut dengan melakukan rap sambil berjoget. Sungguh gaya khas Miley.
Tapi, seperti kebanyakan artis yang sempat mengumumkan mundur dari jagat maya, dari tahun 2011, Miley kembali ke dunia Twitter, dan sangat aktif sampai hari ini.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan