Entertainment
·
12 September 2017 16:18

7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101452)
searchPerbesar
Selebriti yang menggunakan jasa ibu pengganti (Foto: Dok. Instagram para selebriti)
Memiliki seorang anak adalah keinginan setiap pasangan yang telah menikah. Namun, ada kalanya beberapa pasangan mengalami kesulitan dalam memiliki anak. Entah karena sel telur atau sperma yang kurang subur, dan gangguan-gangguan lainnya.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, banyak pasangan yang memanfaatkan jasa ibu pengganti atau gestational carrier. Wanita yang menyediakan jasa tersebut akan mengandung dan melahirkan bayi dari pasangan yang menginginkan seorang anak. Lalu, bagaimana caranya?
Menurut laman www.reproductivefacts.org dari American Society for Reproductive Medicine, yang paling penting, kondisi sang ibu harus sehat. Selain itu ada beberapa perjanjian yang harus disepakati di bawah kontrak hukum yang mengikat. Nantinya, ibu kandung akan mengonsumsi sejumlah obat untuk merangsang sel telurnya agar siap untuk dibuahi, begitu juga dengan sel sperma sang ayah kandung. Setelahnya, sel-sel tersebut akan diambil melalui operas dan dibuahi di laboratorium.
Ketika proses pembuahan tersebut berhasil, embrio dipindahkan ke rahim ibu pengganti hingga sang calon bayi dilahirkan 9 bulan kemudian.
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101453)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan hamil. (Foto: Pixabay)
Sejumlah selebriti dunia diketahui telah menggunakan jasa ibu pengganti demi mendapatkan seorang anak. Berikut 7 selebriti yang diketahui menggunakan jasa ibu pengganti yang telah dirangkum kumparan (kumparan.com).
ADVERTISEMENT
1. Tyra Banks
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101454)
searchPerbesar
Tyra Banks (Foto: Flickr)
Pada September 2015, supermodel Tyra Banks mengungkap pada majalah People bahwa ia punya masalah kesuburan dan telah menjalani program pembuahan in vitro dengan sang pujaan hati, Erik Asla.
Pada Januari 2016, Banks dan Asla mengumumkan bahwa mereka dikaruniai seorang bayi laki-laki yang diberi nama York Banks Asla. Bayi mungil mereka itu dilahirkan atas jasa ibu pengganti.
2. Jimmy Fallon
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101455)
searchPerbesar
Jimmy Fallon (Foto: Instagram/@jimmyfallon)
Setelah berjuang keras selama 5 tahun untuk punya anak, pembawa acara 'The Tonight Show Starring Jimmy Fallon' ini dan istrinya, Nancy Juvonen, akhirnya mendapatkan dua orang anak perempuan yang diberi nama Winnie dan Frances.
Winnie, sang kakak, lahir lebih dulu di tahun 2013. Frances lahir satu tahun setelahnya, yakni tahun 2014. Keduanya lahir dengan jasa ibu pengganti.
ADVERTISEMENT
3. Lucy Liu
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101456)
searchPerbesar
Lucy Liu (Foto: Instagram/@lucyliu)
Bintang film 'Charlie's Angels' yang satu ini memang tertutup soal kehidupan pribadinya. Tapi, rasa bahagia karena dikarunia seorang bayi laki-laki bernama Rockwell Lloyd Liu berhasil membuat Lucy Liu mengungkap kebahagiaannya di media sosial.
"Tiap hari adalah keajaiban dan mimpi (untukku) karena selalu terasa berbeda. Kau bahkan tidak berpikir 'Apakah ini hari Senin atau Selasa?' atau 'jam berapa sekarang?' lagi, yang kau pikirkan hanya bagaimana dia (Rockwell) berubah dari menit ke menit, begitu juga reaksinya. Dan bagaimana dia tumbuh menjadi seorang manusia dan dikelilingi manusia lainnya," tuturnya pada acara Today.
Pada US Weekly, ia mengungkap bahwa putranya yang lahir pada tahun 2015 itu dilahirkan oleh seorang ibu pengganti.
ADVERTISEMENT
4. Sarah Jessica Parker
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101457)
searchPerbesar
Sarah Jessica Parker (Foto: Instagram @sjpbeauty)
Meski sudah dikarunia seorang seorang putra bernama James Wilkie di tahun 2002, Sarah Jessica Parker dan suaminya, aktor Matthew Broderick mengalami kesulitan untuk menambah momongan.
Ketika putranya itu berusia 6 tahun, pemeran Carrie Bradshaw dalam serial televisi 'Sex and the City' ini mengungkap pada Access Hollywood bahwa ia dan Broderick sedang menanti kelahiran anak kembar dari seorang ibu pengganti.
"Kami tidak mengharapkannya (mendapat anak kembar). Setelah beberapa waktu, kau lebih suka untuk menahan keinginanmu agar tidak berakhir dengan perasaan kecewa," ucapnya kala itu. "Kami sangat bahagia dan merasa beruntung (mendapat anak kembar)."
Bayi kembarnya yang berjenis kelamin perempuan pun lahir di tahun 2009. Mereka bernama Marion dan Tabitha.
ADVERTISEMENT
5. Nicole Kidman
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101458)
searchPerbesar
Nicole Kidman (Foto: Facebook @NicoleKidmanOfficial)
Saat masih menyandang status sebagai istri Tom Cruise, pemain film 'Cold Mountain' ini telah mengadopsi dua orang anak. Mereka adalah Isabella Jane yang lahir tahun 1992 dan Connor Anthony yang lahir tahun 1995.
Usai bercerai dengan Cruise di tahun 2001, Kidman menikah dengan penyanyi country Keith Urban di tahun 2006. Putri pertama mereka pun lahir di Nashville pada tahun 2008. Di tahun 2010, Kidman dan Urban kembali dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Faith melalui jasa ibu pengganti.
Seorang perwakilan dari pihak Kidman dan Urban memberikan pernyataan tentang Faith beberapa minggu setelah kelahiran putri mereka tersebut.
"Tidak ada kata-kata yang bisa menyampaikan rasa terima kasih kami untuk semua orang yang sangat mendukung kami selama ini, khususnya bagi ibu pengganti," ujarnya seperti dikutip Parents.com.
ADVERTISEMENT
6. Kim Kardashian
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101459)
searchPerbesar
Kim Kardashian (Foto: Instagram @kimkardashian)
Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan kabar pasangan Kanye West dan Kim Kardashian yang sedang menanti anak ke-3 mereka. Namun, bayi tersebut tidak dikandung oleh Kim, melainkan oleh seorang ibu pengganti.
Ada alasan kenapa Kardashian menggunakan jas ibu pengganti. Menurut laporan TMZ, bintang serial 'Keeping Up With the Kardashians' ini mengalami kehamilan yang sulit karena telah memiliki dua orang anak, yakni North West yang berusia 4 tahun dan Saint West yang usianya 2 tahun.
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101460)
searchPerbesar
Keluarga Kanye West (Foto: Instagram @kimkardashian)
Sang ibu pengganti pun mendapat perlakuan khusus dari West dan Kardashian. Menurut laporan HollywoodLife.com, sang ibu pengganti diberi koki pribadi, sopir pribadi, dibawa ke ahli gizi, rutin melakukan pijat khusus kehamilan, disewakan 4 mobil mewah dan sebuah rumah di pinggir kota Los Angeles, Amerika Serikat, dan mendapat keamanan selama 24 jam lengkap dengan 6 petugas penjaga keamanan.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, bayi ke-3 West dan Kardashian akan lahir pada Januari 2018.
7. Michael Jackson
7 Selebriti yang Gunakan Jasa Ibu Pengganti untuk Punya Anak (101461)
searchPerbesar
Michael Jackson (Foto: Facebook @michaeljackson)
Pada tahun 1996, Michael Jackson menikahi suster dermatologinya, Debbie Rowe, di Sydney, Australia. Dari pernikahannya itu, Jackson dikaruniai dua orang anak, yakni Michael Joseph Jackson Jr. (Prince) dan Paris-Michael Katherine Jackson. Prince lahir tahun 1997, sedangkan Paris lahir satu tahun setelahnya.
Mendiang Raja Pop yang satu ini pun bercerai dengan Rowe pada tahun 1999. Hak asuh atas kedua anaknya pun jatuh ke tangannya. Pada tahun 2002, pelantun 'Billie Jean' yang satu ini dikaruniai anak ke-3, yakni Prince Michael Jackson II yang akrab disapa Blanket.
Dilansir Daily Mirror, Blanket lahir dari seorang ibu pengganti yang namanya tak pernah disebutkan oleh Jackson. Blanket merupakan hasil inseminasi buatan dari seorang ibu pengganti dan sel sperma Jackson.
ADVERTISEMENT