kumparan
Entertainment21 Mei 2018 14:28

Abdee 'Slank' Disebut Sudah Cerai secara Agama sejak 2008

Konten Redaksi kumparan
Abdee Negara 'Slank' dan Istrinya
Abdee Negara 'Slank' dan Istrinya. (Foto: Munady Widjaja)
Permasalahan rumah tangga antara gitaris Slank, Abdee Negara dan istrinya, Anita Desy Farida kini masih bergulir di persidangan. Bahkan, beberapa waktu lalu, terkuak bahwa Abdee dan Anita sudah berpisah sejak lama.
ADVERTISEMENT
"Sebetulnya Abdee sudah lama pisah rumah, secara Islam 'kan dia sudah bercerai. Jadi, sudah talak 'kan waktu 2013. Lalu 2015, dia baru mengajukan itu (permohonan talak cerai), tapi kemudian enggak berjalan. Akhirnya 2017 diajukan lagi," kata Budi saat ditemui di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Soal perceraian Abdee dan Anita juga dibenarkan oleh Taufik Mahmud, kuasa hukum pria berusia 49 tahun itu. Taufik mengatakan bahwa keduanya telah bercerai sejak sepuluh tahun lalu. Sidang cerai yang bergulir di Pengadilan Agama Jakarta Selatan hingga kini, hanya untuk melegalkan perceraian Abdee dan Anita secara hukum.
"Kalau bicara Abdee sama Anita cerai sudah dari tahun 2008, sudah bubar mereka secara hukumnya. Secara undang-undang belum," kata Taufik saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (21/5).
ADVERTISEMENT
Taufik menyatakan ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan Abdee mengajukan permohonan talak cerai pada 5 Oktober 2017. Salah satunya adalah usia anak yang dinilai telah cukup dewasa.
“Ya, mungkin dengan segala pertimbangan, anak dilihat sudah cukup dewasa, sudah cukup umur, bisa memahami. Mungkin dulu sudah ditahan sekian waktu karena pertimbangan anak dan lain-lain,” tutur Taufik.
Pertimbangan lainnya, menurut Taufik, karena adanya konflik di rumah tangga Abdee dan Anita. Namun, ia tidak menjelaskan secara mendetail mengenai konflik itu. "Saya hanya tahu dasar-dasarnya saja," ucapnya.
Abdee Negara 'Slank' dan Anita Desy Farida
Abdee Negara 'Slank' dan Anita Desy Farida. (Foto: Instagram @abdeenegara dan Giovanni/kumparan)
Taufik mengatakan bahwa Abdee dan Anita sudah tidak tinggal serumah setelah memutuskan untuk berpisah. Bahkan, komunikasi mereka tidak terjalin dengan baik. Setelah resmi bercerai secara hukum, maka Abdee dan Anita bisa menjalani kehidupan masing-masing.
ADVERTISEMENT
"Ibu Anita bisa menjalankan kehidupan lagi. Si Abdee bisa menjalankan kehidupan lagi," ucap Taufik.
Meski berpisah, Taufik memastikan bahwa Abdee tidak akan melupakan kewajibannya, yakni memberikan nafkah. Hal itu disampaikan langsung oleh Abdee kepada Taufik.
"Kata yang bersangkutan (Abdee), 'Saya enggak akan hilangkan kewajiban saya meski (sudah) bukan jadi istri saya,'" tutur Taufik menirukan perkataan Abdee.
Keluarga Abdee 'Slank'
Keluarga Abdee 'Slank'. (Foto: Instagram @abdeenegara & Giovanni/kumparan)
Namun, Taufik tidak menyebut nominal nafkah yang diberikan Abdee kepada keluarga. Sebab, menurut dia, hal itu hanya diketahui oleh Abdee dan Anita.
“Angkanya yang tahu mungkin mereka. Sampai saat ini, kita enggak tahu juga angka yang berlangsung sekarang seperti apa, hanya mereka yang tahu,” kata Taufik.
Sidang cerai antara Abdee dan Anita dengan agenda pembuktian dan saksi, yang seharusnya kembali berlangsung hari ini, mesti ditunda. Hal ini lantaran buku nikah yang harus diperlihatkan di dalam persidangan belum ditemukan. Buku nikah itu dipegang oleh Anita.
ADVERTISEMENT
"Bu Anita sampaikan (buku nikah) hilang, enggak ketemu. Jadi harus diurus duplikatnya, baru bisa nanti lanjut ke acara sidang duplik dan saksi," tutur Taufik.
Abdee Negara
Abdee Negara Slank. (Foto: Instagram/@abdeenegara)
Sidang cerai Abdee dan Anita dilanjutkan pada 4 Juni mendatang. Jika sampai tanggal itu buku nikah belum juga ketemu, maka Taufik menyerahkan pada kebijakan hakim.
"Mungkin kebijakan hakim seperti apa, ya, karena ini sudah ditunda berulang kali," ungkap Taufik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan