kumparan
6 Juli 2019 13:23

Ada Produk Kopi Bertema Punk di Bandung

Buux, gitaris band punk Turtle Jr.
Buux, gitaris band punk Turtle Jr. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Minuman kopi menjadi salah satu minuman favorit yang bisa nikmati berbagai kalangan. Hal ini membuat kedai kopi kian menjamur di banyak wilayah. Tak terkecuali di Bandung, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Gitaris band punk Turtle Jr, Buux Frederiksen alias Buux, melihat bahwa kopi-kopi yang marak dijual saat ini kurang memiliki ciri khas, baik dari nama maupun kemasan. Berawal dari ajakan seorang teman, Buux akhirnya membuka bisnis kopi bernama Buux Coffee Punx.
"Ada teman aku di daerah Bandung Selatan, dia bilang 'joinan yuk, bikin kopi gini gini gini' karena dia punya teman dari petani langsung kopinya. Kopinya dari daerah Ciwidey, Gunung Halu," kata Buux ditemui di kawasan Antapani, Bandung, Jumat (5/7).
Untuk membedakan bisnis kopinya dengan yang lain, Buux membuat kopi dengan ciri khas yang unik. Salah satunya dengan memberikan nama kopi yang tak terlepas dari nuansa punk.
Kopi milik Buux, gitaris band Turtle Jr.
Kopi milik Buux, gitaris band Turtle Jr. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
"Terus dengan logo tengkorak, itu kan jarang ya. Kopi dengan kemasan logo tengkorak. Terus rasa kopinya juga aneh-aneh. Kayak dikasih judul natural, yang standar natural doang," jawab pria bertato ini.
ADVERTISEMENT
"Ini pakai judul lagu dari album 'Rancid', (nama kopinya) Natural Ruby Soho. Karena gue emang suka Rancid banget. Emang si lagu itu teh enak banget, cocok lah pas buat ngopi," lanjutnya.
Variasi rasa lainnya pun masih menggunakan nama dari judul lagu band favoritnya. Dua di antaranya adalah Honey Olympia W.A dan Fullwash Trouble Maker.
Satu bungkus kopi seukuran 100 gram dihargai sekitar Rp 40 ribu. Meski kendala soal modal tidak dapat dihindari, namun kopi ini sudah bisa go international, lho.
"Bulan Maret kebetulan Turtle Jr. tur ke Bangkok. Yaudah, bawa aja sekalian promo ke sana. Di sana ketemu temen anak Paris, mereka beli. Kemaren baru kirim ke Bangkok sama Paris, kopi baru tapi sudah go international. Karena pertemanan," tutup Buux.
ADVERTISEMENT
Buux Coffee Punx juga menjadi salah satu pengisi area marketplace dalam gelaran MAGNUMOTION SLANK - Mantap Melangkah Tour 2019. Acara ini akan digelar Lapangan Yon Zipur Ujung Berung, Bandung, Sabtu 6 Juli 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan