Entertainment
·
22 November 2020 11:00

Adikara Fardy Rilis EP Love & Imagination yang Bernuansa Jazz Era '40-an

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Adikara Fardy Rilis EP Love & Imagination yang Bernuansa Jazz Era '40-an (664870)
Adikara Fardy. Foto: Trinity Optima
Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat banyak musisi Indonesia untuk membuat karya. Musisi muda, Adikara Fardy, adalah salah satunya.
ADVERTISEMENT
Jelang akhir November, tepatnya pada 20 November lalu, Adikara merilis EP perdana bertajuk Love & Imagination. EP tersebut berisikan total 6 lagu, termasuk Fly Away yang telah rilis pada Januari lalu.
Uniknya, Adikara mengerjakan EP Love & Imagination secara live-recording. Ia sendiri menjadi produser, meski tetap mendapat bantuan dari banyak musisi, seperti Tiyo Alibasjah Ari ‘Aru’ Renaldi, dan kakaknya sendiri, Ahnaf Fathi Hidajat.
Adikara Fardy Rilis EP Love & Imagination yang Bernuansa Jazz Era '40-an (664871)
Adikara Fardy. Foto: Trinity Optima
Adikara Fardy menceritakan bahwa semua lagu di EP perdananya memiliki kesinambungan cerita. Semua berkisah tentang seorang laki-laki yang menemukan cinta, namun pada akhirnya menyadari bahwa itu hanya imajinasinya saja.
“Lelaki di Love & Imagination ini punya ekspektasi tinggi terhadap cinta dan isi kepalanya penuh dengan imajinasi. Umurnya juga masih 20 tahun, belum bisa membedakan mana imajinasi dan cinta. Sekarang, aku ada di fase itu," ungkap Adikara Fardy dalam siaran pers yang kumparan terima, baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
"Well, menulis lagu untuk Love & Imagination adalah sebuah kepuasan tersendiri. Aku bersyukur diberikan kesempatan untuk merilis EP ini dan aku benar-benar enggak sabar untuk melihat teman-teman mendengarkannya,” sambungnya.
Adikara Fardy Rilis EP Love & Imagination yang Bernuansa Jazz Era '40-an (664872)
Adikara Fardy. Foto: Trinity Optima
Enam lagu di EP Love & Imagination adalah 6 Intro, One Two Three, Happy Guy, Shout It Out, Meant to Be, dan Fly Away. Adikara pun menceritakan mengapa semua lagu di EP mengusung genre jazz/swing era ‘40-an.
"Perkenalan sama jazz pasti pertama dari Michael Buble. Tapi, setelah itu gue banyak mendengarkan musisi jazz/swing seperti Quincy Jones dan Frank Sinatra," tuturnya.
Secara garis besar, semua lagu di EP perdana Adikara sangat asyik untuk didengarkan. Meski terdengar vintage, semua lagu memiliki tema yang relatable dengan kisah percintaan remaja dan beberapa lagu, seperti One Two Three dan Happy Guy, sangat cocok untuk mengiringi pesta dansa.
ADVERTISEMENT

Happy Guy Jadi Single Andalan di EP Terbaru Adikara Fardy

Selain merilis EP, Adikara Fardy juga merilis video klip Happy Guy yang dipilih menjadi single pertama. Di lagu tersebut, Adikara berkolaborasi dengan Matter Mos.
“Aku dan kakakku senang mendengarkan musiknya Matter Mos dari dulu. Nah, kami ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan, yaitu menggabungkan swing jazz dan hip hop. Prosesnya seru sekali, we connected in a lot of ways. Jadilah lagu “Happy Guy”,” ujar Adikara.
Dalam proses pengerjaannya, Adikara mengaku tidak banyak menemui kesulitan. Justru, ia merasa proses pengerjaan Happy Guy adalah yang paling tak bisa dilupakan.
Adikara Fardy Rilis EP Love & Imagination yang Bernuansa Jazz Era '40-an (664873)
Adikara Fardy. Foto: Alexander Vito/kumparan
"Sempat awalnya mikir, kolaborasi sama Matter Mos nih bakal garing enggak ya. Tapi, setelah mendengar hasilnya, aku puas dan senang. Ini akan menjadi kolaborasi yang bakal gue ingat seumur hidup, sih," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Selain Matter Mos, Adikara Fardy juga dibantu oleh Nesia Ardi, vokalis Nonaria, untuk mengisi backing vocal. Video klip Happy Guy digarap oleh Prialangga dan mengambil lokasi shooting di Bandung, Jawa Barat.
"Karena lagu ini terasa personal banget buat gue, di video klipnya gue menghadirkan anggota keluarga gue. Ada kakek dan nenek, ibu dan adik-adik. Seru lah," kata Adikara.
Video klip Happy Guy bisa ditonton di channel Youtube Trinity Optima. Sedangkan, EP Love & Imagination bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik digital, seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music.