Alasan Via Vallen Bagikan Kisah soal Tak Ingin Manjakan Adik hingga Dimusuhi

18 Desember 2022 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penyanyi dangdut Via Vallen saat tampil di acara Indonesia Dangdut Award 2019 di kawasan Daan Migot, Jakarta, Kamis, (7/11/2019). Foto: Ronny Foto: Ronny
zoom-in-whitePerbesar
Penyanyi dangdut Via Vallen saat tampil di acara Indonesia Dangdut Award 2019 di kawasan Daan Migot, Jakarta, Kamis, (7/11/2019). Foto: Ronny Foto: Ronny
ADVERTISEMENT
Penyanyi dangdut Via Vallen beberapa waktu lalu membagikan kisah mengenai dirinya yang berhenti kasih jatah bulanan kepada adik-adiknya. Bahkan, Via memberikan mobil dan motor hingga membiayai service serta bayar pajak kendaraan.
ADVERTISEMENT
Rupanya, hal itu membuat sejumlah adik Via Vallen menjadi manja. Ada yang tidak bekerja dan hanya mengandalkan uang bulanan dari Via.
Begitu mengetahui hal itu, Via Vallen menyadari cara yang dilakukannya salah. Perempuan 31 tahun ini akhirnya memutuskan untuk berhenti memberikan jatah bulanan kepada adik-adiknya. Dia juga tak lagi membantu membiayai service dan bayar pajak kendaraan.
"Tujuannya biar mereka mikir dan mau kerja. Mau tahu gimana hasilnya? Aku dimusuhi dong. Bahkan, hadiah dari aku (mobil dan lain-lain) diam-diam dijual tanpa basa-basi," tulis Via dalam unggahan di Instagram.
Penyanyi dangdut Via Vallen saat tampil di acara Indonesia Dangdut Award 2019 di kawasan Daan Migot, Jakarta, Kamis, (7/11/2019). Foto: Ronny Foto: Ronny
Dalam unggahan di Instagram pada Sabtu (17/12), Via Vallen menjawab pertanyaan dari netizen terkait dirinya yang sudah tidak memberikan jatah bulanan ke adik-adiknya.
ADVERTISEMENT
Pelantun lagu Sayang ini mengatakan hal itu sudah ia lakukan sejak lama. Sebab, sejumlah netizen mengira Via Vallen berhenti memberikan jatah bulanan ke adik-adiknya setelah menikah dengan Chevra Yolandi.
"Mungkin sebelum COVID, jadi bukan pas aku sudah nikah," tulis Via.
Via menyadari tindakannya memanjakan adik-adiknya salah. Namun, ia awalnya melakukannya karena dahulu berasal dari keluarga susah. Bahkan, Via tak kuliah karena tidak memiliki biaya.
Oleh karena itu, ketika Via memiliki penghasilan dari karier di dunia tarik suara, ia tidak ingin adik-adiknya mengalami hal yang sama seperti dirinya.
"Aku fasilitasi, aku jatah tanpa ada petuah apa pun buat mereka. Tapi ternyata aku malah menjerumuskan mereka. Mereka terlena karena merasa sudah cukup," tulis Via.
Via Vallen resmi menikah dengan Chevra Yolandi. Foto: Instagram/@viavallen
Dari pengalaman itu Via belajar bahwa bentuk sayang dan peduli tidak hanya tentang memberikan materi yang akhirnya membuat manja adik-adiknya.
ADVERTISEMENT
Menurut Via, jika memberikan uang namun adik-adiknya tidak ada keinginan untuk maju, maka hal itu malah merusak masa depan mereka.
"Padahal mereka harus tahu tanggung jawab terhadap diri sendiri, karena nantinya bakal berkeluarga," tulisnya.
Lewat kisahnya, Via Vallen hanya ingin memutus stigma tentang anak pertama harus menanggung beban keluarga atau anak yang paling sukses wajib menafkahi adik-adiknya.
Dengan tidak memberikan jatah bulanan lagi, Via ingin adik-adiknya punya keinginan maju dan bekerja keras untuk memperoleh apa yang mereka inginkan.
"Biar mereka tahu gimana susahnya cari uang dan tahu arti tanggung jawab," tulis Via.

Hubungan Via Vallen dengan Adik

Via menyatakan hubungannya dengan adik-adiknya baik-baik saja. Mereka sudah berubah menjadi sosok yang jauh lebih baik dan bertanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Adik-adiknya, kata Via, juga menghargai posisinya yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga. Hal ini tidak terlepas dari peran orang tua yang menjadi penengah.
"Akhirnya mereka sadar dan kita saling memaafkan. Alhamdulillah," tulis Via Vallen.