Entertainment
·
21 Mei 2020 16:26

Amends, Album Anumerta Chester Bennington Bersama Grey Daze, Rilis Akhir Juni

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Amends, Album Anumerta Chester Bennington Bersama Grey Daze, Rilis Akhir Juni (34085)
Grey Daze. Foto: Dok: Instagram @greydaze
Vokalis Linkin Park, Chester Bennington, meninggal pada Juli 2017. Satu tahun sebelum berpulang, ia sempat menginisiasi reuni band pertamanya, Grey Daze.
ADVERTISEMENT
Belum sempat merilis lagu atau album bersama Grey Daze, Bennington justru meninggal dunia. Tak ingin patah semangat, Grey Daze melanjutkan impian Bennington dan berencana merilis album pada 26 Juni mendatang.
Album itu bertajuk Amends. Drummer Grey Daze, Sean Dowdell menjelaskan ada 11 lagu di album itu.
Amends, Album Anumerta Chester Bennington Bersama Grey Daze, Rilis Akhir Juni (34086)
Grey Daze. Foto: Dok: Instagram @greydaze
"Lagu di album itu adalah karya dari dua hasil rekaman kami (Grey Daze) pada era '90-an. Tapi, semua musiknya direkam ulang. Kutekankan, ini bukan remastered, kami merekam ulang semuanya, kecuali suara Chester," ujar Sean Dowdell saat berbincang dengan tim kumparan beberapa waktu lalu.
Meski bukan karya baru, Dowdell dan kawan-kawan mengaransemen ulang semua lagu. Ditambahkan pula beberapa imstrumen agar terasa modern.
Amends, Album Anumerta Chester Bennington Bersama Grey Daze, Rilis Akhir Juni (34087)
Grey Daze. Foto: Dok: Instagram @greydaze
"Kami benar-benar menghilangkan semua instrumen, kecuali vokal Chester. Kami membuat sebaik mungkin dan terdengar modern dengan beberapa instrumen tambahan, seperti piano dan synth," kata Dowdell.
ADVERTISEMENT
"Meski ini lagu dari era '90-an, kalian akan merasa seperti dengar lagu baru dan rasanya seperti Chester melakukan sesi rekaman beberapa saat sebelum meninggal dunia," sambungnya.
Beberapa hari lalu, Grey Daze merilis video klip Soul Song yang nantinya juga menjadi salah satu lagu di album Amends. Uniknya, video klip tersebut digarap oleh anak Chester Bennington, Jaime Bennington.
Video
"Saat mau merilis lagu itu sebagai single, Jaime langsung menghubungiku dan meminta untuk menggarap video klipnya. Memang, Jaime berprofesi sebagai sutradara. Ini jadi proyek yang penting bagi Jaime. Karena, melalui video klip ini, ia memberikan hadiah spesial bagi sang ayah," ujar Dowdell.
Bukan cuma mengerjakan video klip, Dowdell membocorkan bahwa di lagu Soul Song, Jaime juga sumbang suara. Artinya, lagu itu adalah satu-satunya proyek kolaborasi antara Chester Bennington dan sang anak.
ADVERTISEMENT
"Jaime adalah pengisi backing track di bagian chorus. Jadi, di lagu ini, ia akhirnya bisa bernyanyi, berkolaborasi dengan ayahnya," tuturnya.
Sean Dowdell juga mengungkapkan bahwa Jaime Bennington bukan satu-satunya kolaborator di album Amends. Ada banyak artis lain, mulai dari Head dan Munky dari Korn, Jasen Rauch dari P.O.D, serta Chris Traynor, gitaris Helmet, dan Bush.
"Tidak susah untuk mengajak mereka berkolaborasi. Semua kenal dekat dengan Chester. Beberapa menyukai karya Chester dan ada juga artis yang pastinya sangat ingin Chester ajak berkolaborasi," tutup Sean Dowdell.