kumparan
21 Juni 2018 22:18

Anggika Bolsterli Ingin Melanjutkan Pendidikan di Jurusan Filmmaking

Anggika Bolsterli. (Foto: Munady Widjaja)
Aktris muda Anggika Bolsterli telah menyelesaikan pendidikan sarjananya di STIKOM The London School jurusan Public Relations. Meski sempat memiliki kendala saat menyusun skripsi karena sibuk syuting, dia berhasil lulus kuliah tepat waktu.
ADVERTISEMENT
“Aku sih lumayan bisa multi-tasking, ya. Karena waktu syuting, aku sekalian kerjain skripsi aku. Jadi, sudah ngebayangin kan, gimana,” ujar Anggika saat ditemui di Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis (21/6).
Saat sedang menyusun skripsi, perempuan berumur 23 tahun itu mengaku kesulitan ketika harus bertatap muka langsung dengan dosennya. Akhirnya, dia memilih untuk berkomunikasi secara online dengan sang dosen.
Anggika Bolsterli. (Foto: Munady Widjaja)
“Dulu ketemu dosen 'kan agak ribet, dosen untungnya pengertian, jadi aku bisa lewat email, Skype, WhatsApp, ngehubungin dia. Ya, pinter-pinter cari cara saja,” ucap Anggika.
Dibandingkan dengan teman-temannya yang lain, perempuan kelahiran Jakarta itu terlambat menyusun skripsi karena pada saat itu, dia sedang mengikuti pertukaran pelajar ke Negeri Kincir Angin.
“Aku dari Juli sampai Desember cuma enam bulan (membuat skripsi), gara-gara pas (student) exchange ke Belanda ada beberapa mata kuliah yang enggak bisa aku ambil, kayak Hukum Indonesia. Jadi, aku harus selesaiin kelas-kelas itu dulu baru skripsi,” katanya.
ADVERTISEMENT
Setelah menyelesaikan studi S1, pemeran film ‘Target’ ini sudah memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikannya. Namun, bukan untuk melanjutkan ke S2 dan tidak akan dilakukannya dalam waktu dekat ini.
“Sekarang lagi break dulu, karena aku lagi pusing. Rencananya, dua sampai tiga tahun ke depanlah. Sebenarnya, aku bukan mau S2, tapi ambil jurusan lain, kayak filmmaking,” ujarnya.
Pemain sinetron ‘Putri Duyung’ ini juga belum tahu apakah dia akan melanjutkan kuliah di dalam atau di luar negeri. Untuk saat ini, Anggika lebih memilih untuk fokus terhadap pekerjaannya sebagai aktris.
Anggika Bolsterli. (Foto: Munady Widjaja)
“Aku sempat mikir, 'Apa ngambil (kuliah) online?'. Tapi, kalau online suasananya enggak sama kayak ke kampus (untuk) kuliah. Tapi, perjuangannya besar banget motivasinya. Aku waktu itu sempat enggak tidur, tidur paling dua sampai tiga jam karena syuting, kuliah,” beber Anggika.
ADVERTISEMENT
“Aku sih mau fokus sama kerjaan dulu, karena dari dulu aku mulai berkarier belum sempat benar-benar full fokus dengan kerjaan. Aku selalu ada sekolah, kuliah. Sekarang aku ada kesempatan untuk fokus sama kerjaan,” sambungnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan