kumparan
search-gray
Entertainment17 Agustus 2018 18:44

Anggun hingga Rossa Pakai Karya Rinaldy Yunardi di Opening Asian Games

Konten Redaksi kumparan
Anggun, Rinaldy Yunardi dan Rossa
Anggun, Rinaldy Yunardi dan Rossa (Foto: Foto: Munady/kumparan, Foto: Garin Gustavian/kumparan)
Gelaran akbar Asian Games 2018 akan dibuka pada Sabtu (18/8) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Panggung opening ceremony acara ini, berdasarkan keterangan resmi INASGOC, diklaim sebagai salah satu yang terbesar dan tertinggi dibanding helatan sejenis.
ADVERTISEMENT
Sederet musisi dan penyanyi papan atas Tanah Air akan memeriahkan acara pembukaan itu. Sebut saja Anggun, Raisa, Tulus, Rossa, Cakra Khan, Fatin, GAC, hingga Via Vallen.
Sebuah pertunjukan kolosal yang dikemas secara megah nan mewah--dengan teknologi proyektor serta pencahayaan serba canggih--akan disuguhkan dalam opening ceremony.
Ribuan penari juga akan hadir menampilkan koreografi hasil cipta Denny Malik dan Eko Supriyanto, diiringi musik arahan Addie MS dan Ronald Steven.
Para penari yang terbagi ke dalam tiga segmen dalam pertunjukan kolosal tersebut mengenakan busana dan aksesori rancangan desainer kondang Indonesia, Rinaldy Yunardi.
"Saya mendesain tiga segmen secara total look, dari aksesori sampai kostumnya. Total kostum keseluruhan dari tiga segmen itu 55 desain. Saya hanya mendesain, tapi tidak produksi karena enggak sanggup, ya, segitu banyaknya. Cuma, saya supervisi, mengecek, mengontrol semuanya," tutur Rinaldy kepada kumparan kala dihubungi melalui sambungan telepon baru-baru ini.
Fashion show EQUILIBRIUM Rinaldy Yunardi
Fashion show EQUILIBRIUM Rinaldy Yunardi (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)
Bagi para penari yang unjuk aksi dalam segmen pertama bertema 'Earth' dan merepresentasikan Nusantara, Rinaldy mendesain sejumlah baju daerah.
ADVERTISEMENT
"Bahannya saya tidak bikin atau beli yang modern, tapi ke daerah untuk mencarikan. Aksesori juga saya mengambil yang adat daerah masing-masing. Saya tidak mengubah terlalu banyak, cuma menggunakan bahan yang lebih baik. Itulah budaya Indonesia yang saya pertahankan untuk dipertunjukkan di acara pembukaan Asian Games. Warnanya adalah tone tanah, seperti orange, merah, hitam, cokelat, kuning, hijau," paparnya.
Untuk para penari yang tergabung dalam segmen kedua bertema 'Fire' dan segmen ketiga bertema 'Energy', Rinaldy menyiapkan desain kostum yang berbeda.
"Fire ini melambangkan semangat berkobar, 'Ayo kita berjuang untuk Indonesia.' Jadi, itu semuanya menggunakan bahan yang berwarna merah, tapi bercampur dengan emas, dan lebih mengambil konsep sedikit ke Bali, seperti tari Kecak," ujar Rinaldy.
ADVERTISEMENT
"Yang ketiga adalah segmen energi di mana kita semua, bangsa Indonesia, dari awal yang tadi Nusantara itu bersatu, berjuang, mengobarkan api semangat segala macam, hingga mencapai satu energi. Energi itu suatu semangat, suatu pencapaian, suatu keberhasilan yang lebih baik lagi dengan mengeluarkan energi positif. Itu kostumnya lebih sporty, berwarna putih," sambungnya.
Sejumlah musisi dan penyanyi yang turut beraksi dalam opening ceremony juga turut mengenakan aksesori rancangan Rinaldy.
"Selain itu, ada artis yang mendukung di 'Earth', sepertu Rossa, Fatin, GAC, dan lainnya. Mereka suruh aku desain juga, tapi aku menggandeng Mas Didi Budiardjo untuk mendesain dan membuatkan baju untuk artis-artis kita ini. Nah, aksesori yang aku pergunakan juga mencari yang otentik, dari daerah, tapi dimodifikasi lebih modern," tutur Rinaldy.
ADVERTISEMENT
"Untuk Anggun, dia mau masuk ke segmen 'Energy'. Jadi, dia menggunakan gaunnya dari Maison Met dan aksesorinya memang aku bikin sendiri," lanjutnya.
Hanya saja, Rinaldy masih merahasiakan aksesori seperti apa yang ia rancang untuk para musisi dan penyanyi tersebut. Ia ingin hal itu menjadi kejutan bagi semua orang yang menyaksikan acara pembukaan Asian Games 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white