Entertainment11 Agustus 2020 10:27

Anji Heran Dirinya Dibicarakan Banyak Orang: Kenapa yang Viral Saya?

Konten Redaksi kumparan
Anji Heran Dirinya Dibicarakan Banyak Orang: Kenapa yang Viral Saya? (781205)
Musisi Anji saat ditemui wartawan seusai diperiksa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, (10/8/2020). Foto: Dok. Ronny
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Senin (10/8). Ia diperiksa sebagai sebagai pemilik akun YouTube dunia MANJI, terlapor dalam kasus dugaan penyebaran hoaks terkait obat herbal corona Hadi Pranoto.
ADVERTISEMENT
Ya, sebelumnya Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang mengklaim bahwa dirinya menemukan obat herbal antibodi yang mampu menyembuhkan COVID-19 dalam hitungan hari. Video perbincangan mereka diunggah ke kanal YouTube dunia MANJI dan menjadi viral.
Namun, klaim Hadi Pranoto dianggap meresahkan oleh berbagai pihak karena obat corona hingga kini belum ditemukan. Alhasil, Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan keduanya ke polisi pada Senin (3/8).
Anji Heran Dirinya Dibicarakan Banyak Orang: Kenapa yang Viral Saya? (781206)
Musisi Anji saat mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/8). Foto: Ronny
Usai diperiksa polisi, Anji menjelaskan apa yang mendorongnya mewawancarai dan memublikasikan hasil wawancaranya dengan Hadi Pranoto. Dalam pandangannya, informasi dari yang bersangkutan cukup bermanfaat untuk dibagikan.
"Saya melihat, kita semua sudah jenuh. Kita semua sudah lelah terhadap pandemi ini. Lalu, tiba-tiba ada harapan. Buat saya, ini adalah kebaikan untuk dibagikan, tapi saya tidak menyangka impact-nya seperti ini," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Lagi pula, menurut Anji, beberapa media telah lebih dulu mewawancarai Hadi Pranoto dan menayangkannya. Dari situ, ia menganggap Hadi Pranoto kompeten untuk dijadikan narasumber.
"Sebelum saya melakukan interview di sana, itu memang sudah ada beberapa media yang sudah melakukan interview. Bahkan, di tanggal 29 Juli, materi interview itu sudah ditayangkan oleh medianya dan saya melihat. Saya mencari juga di Google akhirnya," ujar Anji.
Anji Heran Dirinya Dibicarakan Banyak Orang: Kenapa yang Viral Saya? (781207)
Musisi Anji saat ditemui wartawan seusai diperiksa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, (10/8/2020). Foto: Dok. Ronny
Alhasil, Anji heran ketika ia dan konten YouTube yang diunggahnya kemudian dibicarakan banyak orang.
"Berita tentang Hadi Pranoto dan temuannya ini sudah ada di media online sejak tanggal 30 April 2020. Saya membaca banyak berita itu media lokal. Ketika saya wawancara di sana pun, ada dua media di sana, nasional dan lokal, melakukan wawancara dengan Bapak Hadi Pranoto, dengan materi wawancara yang relatif sama dengan apa yang saya buat. Tapi, entah kenapa yang viral saya. Ya, buat saya, ini pelajaran banyak sekali," pungkas Anji.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white