kumparan
22 Januari 2018 16:05

Apa Lagu Rap Terbaik di Grammy Awards 2018?

Kendrick Lamar, Jay Z, dan Cardi B (Foto: AFP/ TOMMASO BODDI/Krzysztof Mystkowski/ ANGELA WEISS)
Grammy Awards 2018 kembali digelar di Madison Square Garden, New York, Amerika, pada 28 Januari mendatang. Dipandu oleh presenter kondang, James Corden, ada banyak kategori yang diperlombakan di pagelaran akbar musik dunia ke-60 tersebut.
ADVERTISEMENT
Hal menarik akan terjadi saat para rapper nantinya akan bersaing memperebutkan ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018. Kira-kira, siapa yang memiliki lagu terbaik? Inilah ulasan dari 5 lagu yang masuk nominasi ‘Best Rap Song’ versi kumparan (kumparan.com).
1. The Story of O.J - Jay Z
'The story of O.J' adalah satu single dari album ‘4:44’ milik Jay Z yang juga sukses masuk sebagai nominasi di kategori ‘Record of the Year’, ‘Album of the Year’, dan ‘Best Rap Album’ di Grammy Awards 2018.
Melalui lirik yang ia ciptakan di lagu ini Jay Z, seolah ingin memberikan sebuah kritik sosial yang sangat keras terhadap perlakuan orang-orang kulit putih terhadap afro-American yang hingga saat ini masih terjadi.
ADVERTISEMENT
Jay Z bahkan terus mengulangi lirik ‘berbahaya’ yang sangat menyinggung orang-orang kulit hitam untuk di tempatkan di bagian verse. Belum lagi gambaran animasi di video musik lagu ini yang sangat menyinggung dengan menampilkan orang kulit hitam yang bunuh diri, dan juga kelompok pembantai orang kulit hitam, KKK.
O.J sendiri adalah singkatan dari nama pemain football Amerika, Orental James, yang pada era 90-an terkenal setelah dijatuhi hukuman 13 tahun penjara karena kasus pencurian, perampokan, dan penyerangan mematikan terhadap banyak pihak. Kasus tersebut hingga saat ini masih terus dikenang sebagai kasus yang kembali menumbuhkan bibit-bibit rasisme di Amerika.
Loading Instagram...
Karena kekuatan di lirik dan juga video musiknya, lagu berirama funk ini punya kesempatan yang sangat besar untuk memenangkan ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018.
ADVERTISEMENT
Namun, tetap saja lagu ‘Humble’ milik Kendrick Lamar dan ‘Bodak Yellow’ milik Cardi B yang menyita perhatian publik di tahun 2017, patut diperhitungkan dan takkan kalah dengan mudah melawan ‘Story of O.J’.
2. Humble - Kendrick Lamar
Ingin terlihat kekinian, Kendrick Lamar yang sejak dulu selalu membawakan musik rap berirama R&B, akhirnya berani untuk mencoba irama trap di lagu ‘Humble’ yang terdapat di album ‘Damn’.
Kendrick ingin menyampaikan banyak hal lewat lagu ‘Humble’ ini. Mulai dari wejangan untuk selalu rendah hati bagi para penggemar dan dirinya sendiri, sampai kritik sosial terhadap digitalisasi dunia di era milenial saat ini. Meski penuh wejangan dan kritik, lagu ‘Humble’ tetap tak terkesan kasar dan justru sangat menyenangkan untuk di dengar.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, rapper 'Mike Will Make It' patut diberikan apresiasi karena sudah berhasil menciptakan aransemen musik yang ceria dan seru.
Loading Instagram...
Lirik yang apik, video musik yang baik, dan aransemen musik yang menarik, jelas membuat lagu ‘Humble’ layak untuk memenangkan ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018.
Sayang ia harus bersaing dengan raja rap Amerika saat ini, Jay Z dan lagu ‘The Story of O.J’ miliknya.
3. Bodak Yellow - Cardi B
‘Bodak Yellow’ milik Cardi B mencuri perhatian publik karena di tahun 2017, ia yang baru memulai kariernya sebagai rapper, berhasil membalap ‘Look What You Make Me Do’ milik Taylor Swift di Hot 100 Billboard Amerika.
ADVERTISEMENT
Ia digadang-gadang sebagai rapper wanita pertama yang berhasil menggebrak industri musik rap dunia setelah Cypress Hill di era 90-an.
'Bodak Yellow' bercerita tentang perjuangan hidup Cardi yang datang dari keluarga kulit hitam yang miskin. Ia menceritakan pengalamanya sebagai seorang penari erotis di masa muda untuk membiayai hidupnya dan keluarga.
Loading Instagram...
Dengan irama trap yang sedang tenar di era milenial ini, ‘Bodak Yellow’ berhasil meracuni remaja dengan kisah perjalanan hidup yang mengispirasi.
Sebagai nominasi ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018 ini Cardi harus bersaing melawan rapper wanita lainnya, Rapsody, yang juga masuk nominasi dengan lagu ‘Sassy’.
Selain itu, ia harus bisa mengalahkan ‘The Story of O.J’ dan ‘Humble’ milik Jay Z. dan Kendrick Lamar yang notabene telah lama berkecimpung di industri musik rap dunia. Meski kesempatannya untuk menang sangat kecil, namun lagu ‘Bodak Yellow’ memang berhasil menjadi sensasi baru yang patut Cardi banggakan.
ADVERTISEMENT
4. Sassy - Rapsody
Rapsody patut berbangga hati melihat keberhasilan album ‘Laila’s Wisdom’ dan single ‘Sassy’ masuk dalam nominasi Grammy Awards 2018. Ini menjadi momentum baru bagi rapper wanita asal Carolina Utara, Amerika Serikat itu dikancah musik rap dunia.
Tak jauh berbeda dari ‘Bodak Yellow’ milik Cardi B, ‘Sassy’ juga merupakan lagu yang sangat mengemansipasi wanita. Memanfaatkan irama r&b dan old-school rapping, Rapsody berharap bisa memberi muatan positif bagi penggemarnya di seluruh dunia.
Meski harus melawan rapper senior, Jay Z, juga Kendrick Lamar dan Cardi B yang sedang naik daun, keberhasilan Rapsody masuk dalam nominasi ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018, harusnya menjadi pemicu baginya untuk kembali menciptakan karya-karya yang hebat di tahun-tahun berikutnya.
ADVERTISEMENT
5. Chase Me - Danger Mouse ft. Run The Jewels & Big Boi
Berhasil memeriahkan film ‘Baby Driver’ (2017), lagu ‘Chase Me’ karya Danger Mouse sukses menjadi nominasi ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018.
Berkolaborasi dengan 2 rapper sekaligus, Run The Jewels dan Big Boi, memang berhasil menjadikan lagu rap berirama EDM ini enak untuk dinikmati. Sayang, lirik di lagu ini hanya sepenuhnya menggambarkan kisah film ‘Baby Driver’ (2017), dan tak memiliki makna khusus yang penting bagi banyak orang.
Loading Instagram...
Alhasil, sepertinya ‘Chase Me’ tak punya kesempatan besar memenangkan ‘Best Rap Song’ di Grammy Awards 2018 menghadapi 4 lagu lain dari Jay Z, Kendrick Lamar, Cardi B, dan Rapsody. Namun, masuk sebagai nominasi saja sudah cukup membanggakan bagi rapper baru seperti Danger Mouse.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan