kumparan
12 Agustus 2019 11:47

Aquaman Protes Pembangunan Teleskop Raksasa di Tempat Suci di Hawaii

Jason Momoa sebagai Aquaman
Jason Momoa sebagai Aquaman Foto: IMDb
Jason Momoa memberikan kabar kurang menyenangkan. Momoa bilang, dirinya tak bisa syuting 'Aquaman 2' karena 'tertabrak bulldozer'.
ADVERTISEMENT
Momoa tak tertabrak sungguhan. Kalimat tersebut merupakan bentuk protesnya terhadap pembangunan teleskop raksasa bernama Thirty Meter Telescope (TMT), di gunung Mauna Kea di Hawaii, tanah kelahirannya.
Pemeran Khal Drogo di serial 'Game of Thrones' tersebut menyampaikannya melalui sebuah foto yang dia unggah ke akun Instagram-nya, @prideofgypsies. Foto yang ia repost tersebut pertama kali diunggah oleh akun @kanielaing.
Dari caption, Momoa menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan gambar pembangunan teleskop Subaru di tahun 1992. Dia menuliskan bahwa TMT empat kali jauh lebih besar dari teleskop Subaru.
"Maaf Warner Bros, kami tidak bisa syuting 'Aquaman 2'. Jason tertabrak bulldozer karena berusaha menghentikan penodaan tanah asalnya," tulisnya.
Momoa pun menyampaikan amarahnya lewat keterangan foto yang diunggahnya.
ADVERTISEMENT
"Ini tidak akan terjadi. Kami tidak akan membiarkanmu melakukan ini. Cukup, pergi saja ke tempat lain," kata Momoa yang menujukan tulisannya pada mereka yang terlibat dalam pembangunan TMT.
Jason Momoa cukup aktif dalam memprotes pembangunan TMT di Mauna Kea. Kamu bisa melihatnya dari akun Instagram Momoa. Dia juga memberikan dukungan penuh terhadap gerakan 'Protect Mauna Kea' di media sosial.
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Tak hanya Jason Momoa, selebriti Hollywood lainnya seperti Leonardo DiCaprio dan Dwayne Johnson juga turut menyuarakan protes mereka terhadap pembangunan teleskop di Mauna Kea.
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Dilansir The Los Angeles Times, puncak gunung Mauna Kea dipilih sebagai lokasi pembangunan TMT pada 2009. Proyek ilmiah tersebut dikabarkan menghabiskan dana sebesar USD 1,4 miliar atau Rp 19,9 triliun yang ditanggung oleh universitas-universitas di California dan Canada, serta beberapa mitra di China, India, dan Jepang.
ADVERTISEMENT
Mauna Kea adalah gunung berapi aktif yang dikenal suci di Hawaii. Nama Mauna Kea diambil dari dari dewa Wakea yang berarti 'ayah langit'. Dalam tradisi kuno, hanya Ali'i atau pemimpin tinggi yang diizinkan untuk naik ke puncaknya, tempat leluhur mereka yang paling suci dikuburkan. Di sinilah para astronom berencana untuk membangun TMT.
Hingga kini, para pemrotes sudah melakukan banyak hal yang untuk menyetop kehadiran TMT, mulai dari mengganggu acara pemberkatan pembangunan hingga memblokir akses ke lokasi konstruksi.
Saat ini, 'Aquaman 2' sedang dalam tahap pengembangan. Warner Bros. juga telah merilis tanggal tayang film tersebut, yakni 16 Desember 2022.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan